Tips Pemasangan CCTV Wireless di Fasilitas Gym

Kamera pengawas atau CCTV menjadi salah satu alat yang sangat efektif membantu menjaga keamanan di sebuah lingkungan. Terutama di lingkungan umum seperti fasilitas gym.

Penggunaan CCTV wireless di area gym sangat direkomendasikan mengingat tempat ini memiliki banyak peralatan yang nilainya cukup mahal. Ditambah lagi tempat ini juga dikunjungi banyak orang sehingga butuh pengawasan. 

Fasilitas Gym (sumber foto: pexels.com)

Tips Pemakaian CCTV di Area Gym

Perangkat CCTV di fasilitas gym memberikan banyak manfaat. Selain menjaga keamanan lingkungan, kamera ini juga akan membantu mengawasi para pengunjung demi alasan keselamatan selama memakai fasilitas gym.

Supaya berfungsi optimal, berikut ada beberapa tips pemakaian CCTV di area gym yang bisa diterapkan:

1. Pilih Produk Terbaik

Sebelum melakukan pemasangan CCTV, pastikan dulu produk yang dipasang benar-benar bagus. Pilihlah kamera pengawas yang berkualitas dan memiliki spesifikasi yang memuaskan. Ini akan membantu proses pengawasan area gym jadi lebih optimal karena CCTV bisa memberi rekaman dengan kualitas yang jelas. 

Sekarang ini ada banyak sekali pilihan produk CCTV yang bisa dipakai. Kamu bisa menggunakan CCTV wireless yang jauh lebih praktis namun tetap perhatikan spesifikasinya. Lihat seperti apa kualitas lensa kamera yang digunakan supaya bisa mendapatkan hasil video terbaik. 

2. Pasang di Area Dalam dan Luar

CCTV tidak hanya dibutuhkan di area dalam gym namun juga di bagian luar. Hal ini sangat direkomendasikan agar pengawasan keamanan di lingkungan gym berjalan lebih optimal. Di bagian dalam, CCTV bisa mengawasi para pengunjung serta bisa menjadi sarana untuk memantau apakah fasilitas gym dalam kondisi bagus atau tidak. 

Sementara itu CCTV yang ada di luar bangunan gym bisa menjadi alat untuk memantau kondisi sekitar. Orang asing maupun orang mencurigakan yang ada di sekitar bangunan bisa langsung terdeteksi. Perhitungkan baik-baik berapa jumlah CCTV yang harus dipasang agar bisa mengawasi area dalam dan luar gym tersebut. 

3. Hindari Titik Private

Pastikan untuk tidak memasang CCTV di beberapa titik private. Fasilitas gym biasanya dilengkapi dengan tempat ganti baju bahkan ada juga area mandi yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung. Pastikan untuk tidak memasang CCTV di lokasi-lokasi tersebut karena tidak sopan dan bisa dianggap sebagai tindakan melanggar privasi dari orang lain. 

Itulah mengapa sangat penting untuk menentukan titik penggunaan CCTV sebelum pemasangan. Lakukan survei tempat terlebih dahulu kemudian pilih mana saja area yang akan dipasangi CCTV. Hindari tempat-tempat rawan yang sifatnya pribadi.

4. Lakukan Pemasangan dengan Benar

Jika sudah siap dengan produk CCTV-nya dan tahu mana saja tempat yang akan dipasangi CCTV maka segera lakukan pemasangan. Apabila kamu memakai IP camera tanpa kabel maka pemasangan jadi lebih mudah. Kamu tidak perlu menggunakan jasa teknisi karena biasanya kamera seperti ini sangat praktis untuk dipasang. 

Jangan lupa cek dulu kelengkapan kamera kemudian baca petunjuk pemasangan dan pemakaian dengan jelas. Instruksi pemakaian tersebut bisa diikuti satu per satu sehingga kamera bisa terpasang dan bekerja dengan baik. Jika ada kendala baru kamu bisa bertanya pada teknisi yang berpengalaman. 

5. Buat Data Backup

Sangat direkomendasikan untuk melakukan backup data dari CCTV yang digunakan. Backup ini dilakukan agar sistem penyimpanan dari CCTV tidak penuh. Jauh lebih mudah jika data rekaman dari CCTV sudah langsung terhubung dengan smartphone.

Saat melakukan backup, anda juga bisa mengawasi hasil rekaman untuk melihat kondisi di lingkungan gym dalam periode waktu tertentu. 

Pakai kamera CCTV di tempat Gym (sumber foto: pexels.com)

Pakai Kamera CCTV HikVision ColorVu 

Pengawasan keamanan di area gym bisa dilakukan dengan mudah dan efektif menggunakan produk kamera CCTV Hikvision ColorVu. Produk CCTV wireless ini memiliki beragam keunggulan yang akan menjaga keamanan lingkungan dengan baik.

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh perangkat CCTV Hikvision ColorVu:

1. Menangkap Rekaman Gambar dengan Warna yang Terang

Kamera CCTV ini bisa menangkap rekaman gambar dengan warna yang terang. Hasil video yang diperlihatkan sangat bagus karena terlihat jelas dan terang.

Kemampuan ini muncul berkat adanya teknologi pendaftaran gambar tingkat piksel. Selain itu kamera ini juga menerapkan algoritma fusi gambar sehingga hasil rekamannya bisa lebih terang dan jelas. 

2. Zoom Lebih Cerah dan Jelas

Kelebihan lain dari produk IP camera Hikvision ColorVu ini adalah bisa memperbesar gambar dengan tampilan yang cerah dan jelas. Kamera ini bisa melakukan zoom tanpa memperburuk kualitas gambarnya.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan lensa dengan aperture besar yaitu F1.0. Kamu bisa dengan bebas memperbesar gambar dalam video tersebut. 

3. Resolusi Video 4K

Tampilan video dari kamera CCTV ini memang punya kualitas yang sangat bagus karena resolusinya mencapai 4K. Bahkan hasil rekaman di tempat dengan cahaya redup sekalipun tetap terlihat sangat jelas.

Hal ini disebabkan oleh pemakaian lensa kamera F.10 super aperture yang mampu menangkap cahaya dalam jumlah banyak. Selain itu ada 1/1.2” large sensor yang akan mengoptimalkan cahaya.  

4. Dilengkapi Smart Technology

Produk IP camera ini dilengkapi dengan fitur berteknologi canggih dan smart. Melalui kamera ini kamu bisa menangkap target objek manusia dan kendaraan dengan sangat jelas. Selain itu hasil videonya juga punya warna-warna yang lebih hidup dan proses pencarian rekamannya juga sangat efisien karena sistem smart technology yang dimiliki. 

Pemakaian CCTV wireless Hikvision ColorVu ini sangat membantu pengawasan keamanan di lingkungan gym. Kualitas hasil rekamannya sangat bagus dan perangkat ini juga mudah untuk dipasang.

Sistemnya juga sangat mudah untuk dihubungkan dengan smartphone atau perangkat mobile. 

Semoga bermanfaat ♥️

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published.