Megahnya Bangunan Rumah Hakka (Tulou 土楼) Kalimantan Barat

Satu lagi bangunan unik dan menarik perhatian saya yang vibes-nya berasa di Negeri Tiongkok, yaitu Rumah Hakka (Tulou) yang berada di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat. Kalau pernah menonton film serial mandarin seperti Shaolin Soccer, Kung Fu Hustle, Mulan (Disney) pasti tidak asing dengan bentuk bangunan rumah seperti ini deh.

Nah, ini dia Rumah Hakka yang sering disebut Tulou 土楼, merupakan sebuah rumah berbentuk lingkaran yang cukup besar, dimana terdapat beberapa keluarga yang tinggal di dalamnya, dan mereka semua satu marga/klan/saudara, dari sub suku Han yaitu Hakka 客家 atau Khek.

Rumah Hakka (Tulou) Kalimantan Barat

Di Provinsi Kalimantan Barat sendiri sebenarnya sub-suku Hakka banyak yang tinggal di Kota Singkawang, karena awal mula kedatangan, menetap, berdagangnya orang Hakka ya di Kota Singkawang ini. Hal ini dibuktikan dengan jenis kuliner, bahasa/logat, tradisi-tradisi yang dipercaya, serta bentuk bangunannya. Tapi ada juga beberapa keluarga yang menyebar di daerah lainnya seperti Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya.

Kalau selama ini saya hanya melihat replika rumah hakka yang sengaja dibangun sementara saat perayaan Imlek di Singkawang. Nah, sekarang saya dapat melihat bangunan replika permanen yang menyerupai aslinya di sini, Rumah Hakka Kalbar yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Saking menyerupai aslinya dan mempertahankan orisinalitas material bangunan, seluruh bangunan sengaja dibuat dengan batu bata asli secara ekspos (tanpa plester). Seperti makna dari ‘Tulou’ itu sendiri adalah bangunan bertingkat dari material tanah. Batu bata yang dipakai berasal dari tanah Kalimantan Barat, tepatnya dari Kota Singkawang.

Batu Bata dari Tanah Singkawang

Berdasarkan informasi yang saya baca melalui website hakkaindonesia.com bangunan ini menggunakan jenis atap bitumen/aspal yang berkualitas baik, yang terdiri atas 4 lingkaran. Antara lingkaran yang satu dengan lingkaran yang lain dipasang talang air dan kaca yang berfungsi untuk penerangan alami pada saat siang hari. Keren ya, hampir sebagian besar bangunan ini memanfaatkan sumber daya alam.

Rumah Hakka Terbesar di Kalimantan Barat

Meskipun bangunan Rumah Hakka yang dinobatkan sebagai rumah Hakka terbesar di Kalimantan Barat ini belum rampung 100%, tapi pengunjung sudah boleh datang untuk melihat-lihat yaahh meskipun hanya dari luar ya, hehe.

Untuk lokasinya bisa masuk lewat Jalan Arteri Supadio dan Jalan Sungai Raya Dalam, atau belakang Mistubishi Ayani, tepatnya di Jalan Hakka searah dengan Sekolah Maitreyawira School Kalimantan Barat.

Oh iyaa, kedepannya bangunan ini akan menjadi bangunan museum sekaligus pusat pengetahuan dan edukasi khusus budaya Tionghoa untuk sub-suku Hakka, serta tempat perkumpulan Anggota Perhimpunan Hakka Indonesia di Kalimantan Barat.

Nanti, kalau bangunan ini sudah rampung 100% atau telah dibuka untuk umum akan saya update lagi di artikel ini. Semoga bermanfaat 😊

Rumah Hakka Kalbar
Alamat: Jalan Hakka, Kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat

Share this post:

5 thoughts on “Megahnya Bangunan Rumah Hakka (Tulou 土楼) Kalimantan Barat

  1. Daku setuju nih gak hanya jadi museum aja tapi juga sebagai pusat pengetahuan dan kebudayaan. Jadinya kalau ke sana tujuannya selain traveling tapi juga tambah wawasan

  2. Tadinya aku pikir pas liat bangunannya itu di Jepang, taunya di Kalbar. Keren banget arsitekturnya, kalo foto disini dijamin fotonya auto estetik 😀

  3. Pas pertama kali liat sekilas fotonya, ku kira itu di luar negri. MasyaAllah bagus ya tempatnya, bakalan jadi destinasi wajib yg kudu dikunjungi nih

  4. Aku baru tahu kak ada bangunan kayak gitu di Kalimantan Barat yah, estetik banget, cocok sih kalau buat museum, apalagi buat foto2 auto keren deh! Rekomen destinasi wisata nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *