Perjalanan Lebih Berkualitas dengan USB OTG SanDisk

Menurut kalian perjalanan atau traveling berkualitas seperti apa sih? kalau menurutku Traveling Berkualitas itu adalah dapat menimkati momen dengan damai tanpa perlu khawatir kehabisan uang, waktu bahkan kehabisan memori.

Buatlah perjalananmu berkualitas, abadikan setiap momen-momen penting. Karena setiap foto atau video yang terekam oleh kamera punya banyak kisah, cerita dan kenangan.

Momen-momen penting yang tidak datang kedua kalinya jangan sampai dilewatkan begitu saja. Pernah tidak kamu mengalami perjalanan yang sia-sia akhirnya hanya dapat capeknya saja karena manajemen perjalanan yang buruk? sudah pergi jauh-jauh ke suatu tempat, tapi memori penuh dan gagal mengabadikan momen. Daripada dilema gara-gara harus hapus karena #DibuangSayang foto dan videonya, mending simak tulisan saya yang satu ini. Di artikel ini akan saya uraikan bagaimana memaksimalkan perjalananmu agar lebih berkualitas dengan USB OTG SanDisk.

Tips Agar Perjalananmu Berkualitas

Traveling Berkualitas berawal dari manajemen perjalanan yang baik pula, misalnya menyusun itinerary, packing dengan membawa barang-barang yang diperlukan, rutin mem-backup data untuk keperluan dokumentasi dan lain sebagainya, berikut beberapa tips agar perjalananmu berkualitas:

1. Susun Itinerary Sesimpel Mungkin

Itinerary atau rencana perjalanan adalah rencana atau daftar yang mengurutkan kegiatan perjalanan secara kronologis, lengkap dengan informasi pendukung seperti lokasi, jumlah hari, kegiatan, akomodasi, transportasi, serta informasi pendukung lainnya seperti include, exlude, biaya tambahan dan catatan lainnya. Menyusun itinerary perjalanan ini sangat penting, karena kamu akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya adalah:

Pertama dapat memperkirakan durasi traveling, karena pas membuat itinerary kamu mencatat destinasi dan atraksi wisata apa saja yang akan dikunjungi, tentu kamu bisa memperkirakan durasi travelingmu.

Susun Itinerary Sesimpel Mungkin Biar Gak Bingung

Mengetahui durasi traveling akan sangat bermanfaat. Apalagi buat para pejalan yang kantongnya tipis tapi berhasrat buat traveling lama-lama. Kalau kamu punya budget yang tidak terbatas sih sebenarnya itinerary tidak perlu-perlu amat.

Kedua, lebih mudah untuk menyusun anggaran. Nah disini para traveler akan lebih gampang untuk menghitung biaya yang akan dikeluarkan, mulai dari akomodasi, transportasi dan konsumsi. Nah, Itinerary tidak hanya bantu kamu buat mengihtung pengeluaran untuk pos-pos besar seperti penginapan dan transportasi, tapi juga yang lebih kecil seperti biaya masuk destinasi wisata, parkir hingga sumbangan lainnya.

Ketiga, kamu tidak akan kebingungan ketika tiba di tujuan, itinerary bisa diibaratkan sebagai cue card-nya pembawa acara. Jadi pas tiba di destinasi kamu tidak akan kebingungan mau ngapain. Dari bandara kamu sudah punya beberapa alternatif transportasi ke penginapan. Keesokan harinya kamu juga tidak akan kebingungan mau pergi ke mana karena sudah mengantongi daftar perjalanan wisata menarik.

Manfaat lainnya adalah kamu jadi tidak gampang ditipu karena sudah riset terlebih dahulu dan jadi tidak panikan saat tiba ditempat tujuan jika tidak sesuai rencana, tenang saja dengan itinerary kamu jadi punya rencana kedua, ketiga, dan seterusnya.

2. List Barang yang Dibawa Ketika Perjalanan

Saya yakin jika kamu sudah sering melakukan bepergian pasti sudah biasa melakukan packing dan membawa barang-barang yang penting. Paling tidak ingin kan jalan-jalan sambil bawa banyak barang yang tidak diperlukan. Selain berat, kamu juga akan kelelahan ketika membawanya.

Packing barang yang dibawa saat perjalanan

Mulailah untuk membuat daftar barang-barang penting yang akan dibawa ketika perjalanan. Tapi tidak menuntut kemungkinan kadang kelupaan, berikut beberapa barang yang penting dan wajib dibawa ketika traveling:

  • Uang dan dokumen penting seperti KTP, Paspor, SIM dan lain-lain
  • Tas / koper / ransel untuk semua perlengkapan
  • Pakaian sesuai musim tujuan liburan
  • Sandal atau sepatu nyaman
  • Perlengkapan sanitasi atau keperluan pribadi
  • Obat-obatan pribadi
  • Kamera, power bank, smartphone, charger dan USB OTG SanDisk

3. Melakukan Dokumentasi dengan Maksimal

Pergi berlibur atau berwisata kuliner dengan keluarga dan sahabat merupakan momen-momen kebersamaan yang sebaiknya selalu kamu dokumentasikan. Suatu saat nanti, jika kamu sedang rindu dengan masa lalu yang indah, kita bisa kembali melihat hasil dokumentasi foto, video, maupun jurnal perjalanan kamu ini.

Kenang-kenangan bersama yang terdokumentasikan dengan baik akan kembali memunculkan rasa bahagia karena kamu pernah melewati momen tersebut bersama-sama.

Dokumentasi yang maksimal bagi saya tidak hanya sekedar kenang kenangan saja, melainkan dapat meningkatkan kualitas pelengkap konten serta informasi yang lebih akurat dan terpercaya. Oh ya sebenarnya ada beberapa alasan lain, bahwa saat perjalanan dokumentasi itu penting adalah:

Pertama, ketika melakukan perjalanan yang merupakan momen unik dan langka yang mungkin tidak akan terulang. Foto maupun video bisa menjadi bahan laporan atau keperluan lainnya. Kedua, mendokumentasikan perjalanan untuk berbagi pengalaman dengan sahabat dan keluarga yang tidak bisa ikut serta. Bisa dijadikan pelajaran berharga untuk kedepannya. Ketiga, mendokumentasikan juga dapat menghasilkan uang. Misalnya membuka jasa fotografi, menjual foto atau video, mengeditnya dan menjadi konten kreatif yang bernilai jual tinggi pastinya.

Dokumentasi maksimal kamu dapat menggunakan berbagai perangkat seperti drone, mirrorless, action cam bahkan smartphone. Jangan lupa menggunakan memory yang sesuai dan berkualitas untuk menyimpannya.

4. Rutin Mem-Backup Data

Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Rutin membackup data

Backup memiliki dua tujuan. Tujuan utama adalah untuk mengembalikan data apabila data tersebut hilang, baik karena terhapus atau karena rusak (corrupt). Tujuan kedua adalah untuk mengembalikan data ke titik tertentu pada masa lalu.

Dengan melakukan backup kita berarti menyiapkan ruang untuk melakukan dokumentasi tanpa khawatir kehabisan ruang penyimpanan. File atau dokumen juga akan tertata dengan rapi, akan lebih mudah untuk diolah serta mengamankan data dari serangan virus.

Hasil Survei Kebiasaan Orang Indonesia dalam menggunakan Smartphone dan Manajemen Data

Menurut survei yang dilakukan oleh DEKA yang dikomisikan oleh Western Digital Corp, berjudul Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey, riset ini melibatkan 1.120 responden dewasa berusia diatas 18 tahun yang berasal dari enam kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan dan Makassar yang dilakukan pada 11 Maret 2019.

Dari data yang didapat 97% orang Indonesia ternyata mengandalkan smartphone sebagai perangkat utama dalam kehidupan sehari-hari. Smartphone yang mereka gunakan dalam beberapa fitur cukup banyak aktivitas yang memakan ruang memori misalnya digunakan untuk menggambil gambar, menelpon, chatting, merekam video yang tidak ketinggalan mengakses sosial media.

Pengguna SmartPhone di Indonesia

Data terbanyak yang tersimpan pada memori mereka sebagian besar adalah foto, video, musik, aplikasi namun yang paling sedikit adalah menyimpan file dokumen. Karena memang dokumen lebih sering tersimpan di PC/Laptop ketimbang di smartphone.

Memori yang digunakan di Indonesia

Masalah kehilangan data kerap sering terjadi, sebagian besar pengguna smartphone menghapus data untuk menghemat memori, sebagian lainnya karena mendapatkan notifikasi kepenuhan memori, malfungsi pada handphone, bahkan ada yang tidak sengaja menghapus data penting ada, lebih parahnya kehilangan data akibat virus, hal ini pasti bikin nyesek.

Masalah kehilangan data

Setidaknya ada 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka akibat kelalaian dan akhirnya berujung perasaan kesal. Kemudian lebih dari 80% responden survei pun akhirnya menyadari betapa pentingnya melakukan back-up data secara rutin.

Namun, berdasarkan survei tersebut : hanya sepertiga dari mereka yang melakukan backup secara teratur selama sebulan sekali atau lebih.

Untuk mem-backup data sebaiknya secara rutin dan memilih perangkat yang dapat memudahkan kamu dalam hal mem-backup data terutama dari smartphone. Misanya USB OTG dari SanDisk, yang tentunya produk yang berkualitas, terpecaya, mudah untuk dibawa serta bergaransi.

SanDisk Andalan Traveler yang Bikin Perjalanan lebih Berkualitas

SanDisk adalah produk dari sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Milpitas, California. Didirikan pada tahun 1988 oleh Eli Harari and Sanjay Mehrotra. Perusahaan yang memiliki 250.000 dengan lokasi ritel ini telah berada dilebih dari 100 negara dengan fasilitas pabrik di China. Dengan tim penelitian dan pengembangan produk perusahaan tersebar di China, Perancis, Jerman, India, Irlandia, Israel, Jepang, Korea, Rusia, Skotlandia, Singapura, Spanyol, Swedia, Taiwan dan Uni Emirat Arab dan telah mempekerjakan lebih dari 4.600 karyawan di seluruh dunia.

Flash Drive, SD Card, OTG, Micro SD+Adapter

Kehadiran SanDisk sungguh sangat berarti di era digital saat ini. Karena hampir setiap hari, jutaan orang mengandalkan kinerja, kualitas, dan keandalan produk-produk SanDisk yang kompatibel dengan perangkat digital mereka. Mulai dari dokumen-dokumen penting hingga foto-foto berharga, SanDisk sangat percaya pasti begitu banyak yang momen berharga tersimpan secara digital.

Sandisk memiliki tiga keunggulan yaitu menangkap momen, membangun koneksi dan menemukan dunia di segi penyimpanan agar perjalanan serta petualangan lebih bermakna, maksimal dan berkualitas. SanDisk saat ini merupakan merek penyimpanan terkemuka di pasar-pasar utama dan juga sebagai solusi backup data smartphone dan penyimpanan yang dapat juga ditemukan di ratusan ribu toko di seluruh dunia.

USB OTG SanDisk untuk Backup di Smartphone Terbaik

Western Digital Corp melalui brand naungannya yaitu SanDisk telah meluncurkan sebuah perangkat yang ringan serta praktis beruta USB OTG (On The Go) sebagai solusi backup data smartphone penyimpanan dengan mudah.

Dengan menggunakan USB OTG SanDisk ini dapat memudahkan kamu untuk mentransfer file dari ponsel ke komputer atau sebaliknya. Dengan konektor di smartphone satu sisi dan konektor USB untuk terhubung ke komputer di sisi yang lain, drive ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah memindahkan file apa pun lintas perangkat dari smartphone atau tablet ke komputer laptop, PC atau Mac OS.

Selengkapnya di https://www.sandisk.id/home/mobile-device-storage

Kamu dapat memilih perangkat USB OTG SanDisk yang sesuai dengan perangkat smartphone yang kamu miliki, serta berapa banyak ruang memori yang kamu butuhkan.

SanDisk juga menyediakan aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengolah atau manajemen data di smartphone kamu baik untuk Andrioid maupun iOS. Aplikasi SanDisk Memory Zone untuk Android (tersedia di Google Play) sedangkan untuk iOS Aplikasi iXpand DRIVE (tersedia di App Store) yang dapat membantu kamu dalam mengelola memori perangkat dan konten.

Sebelum membeli USB OTG SanDisk kamu juga perlu mengetahui jenis port di smartphone kamu misalnya untuk Android ada yang micro USB, type C atau type C ultra. Karena kalau salah beli, USB OTG nya nggak bisa masuk ke smartphone kamu.

Karena saya pengguna smartphone Samsung A6 plus bersistem operasi Android Pie 9.0 dengan port micro USB, saya memilih Drive Ganda Ultra M3.0 SanDisk atau SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 Flash Drive for Android Smartphone dengan spesifikasi berikut ini:

Detail Product

Alasan Memilih USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

Selain karena smartphone yang saya miliki sangat kompatibel dengan perangkat OTG, fitur USB On The Go juga memiliki banyak manfaat, secara standar USB On The Go membantu device untuk melakukan pembacaan dan penulisan data seperti flashdisk, dapat diisi file berupa musik bahkan film yang bisa langsung play tanpa harus dicopy ke smartphone dan yang paling penting adalah dapat mem-backup data selama di perjalanan kapan pun dan dimana pun tanpa perlu akses internet.

Agar penjelasan saya memilih perangkat ini agar perjalanan lebih berualitas. Berikut beberapa alasan saya memilih USB OTG SanDisk Ultra Dual Drive M3.0:

1. Kompatibel dengan Perangkat Android dengan Kemampuan OTG

Hampir semua perangkat mobile seperti smartphone maupaun tablet sudah memiliki dukungan USB OTG (On The Go) terutama Android. Dengan langsung menghubungkan USB OTG SanDisk ke perangkat seperti smartphone banyak yang dapat kita lakukan seperti menamanjemen data atau mencadangkan memori.

2. Tidak Khawatir Kehabisan Memori

Kita dapat bebas dengan ruang penyimanan yang lebih banyak di smartphone atau tablet Android kamu bisa puas mengambil lebih banyak foto dan video tanpa khawatir memori penuh. Serta menyimpan file seperti musik atau film untuk kamu nikmati selama perjalanan.

Foto terussss

3. Memindahkan File antara Komputer dan Perangkat Android lebih Mudah

USB OTG SanDisk Ultra m3.0 SanDisk memungkinkan kamu untuk memindahkan dan membagikan file di antara perangkat Android dan komputer desktop atau laptop dengan sangat mudah. Setelah sudah cukup banyak file di OTG kosongkan kembali dan simpan di laptop atau PC.

Memindahkan file antar perangkat komputer

4. Konektor Micro USB Ganda dan USB 3.0

USB OTG SanDisk didesain rapi dan dapat ditarik yang terdapat dua konektor micro-USB untuk ke Smartphone dan USB 3.0 untuk ke PC atau Laptop. Apalagi USB 3.0 yang juga memiliki performa tinggi dan di sisi sebaliknya kompatibel dengan port USB 2.0.

Konektor

5. Kecepatan Transfer yang Tinggi

USB 3.0 berkecepatan tinggi untuk transfer file super cepat dengan kecepatan hingga 150 MB/detik**. Nah dengan USB 3.0 berkecepatan tinggi tersebut membuat kamu mampu mentransfer satu film penuh ke dalam USB OTG SanDisk dengan lebih cepat.

Kapasitas128 GB64 GB32 GB16 GB
Kecepatan Bacahingga 150 MB/shingga 150 MB/shingga 150 MB/shingga 130 MB/s
Antarmukamicro-USB and USB 3.0 connectorsmicro-USB and USB 3.0 connectorsmicro-USB and USB 3.0 connectorsmicro-USB and USB 3.0 connectors

Beberapa dokumentasi yang mengunakan Drone biasanya file dapat didownload melalui smartphone, agar penyimpanan luas dan muat banyak sebaiknya menggunakan OTG SanDisk untuk mendapatkan space yang memuaskan.

BackUp Data dari Drone

6. Tersedia Aplikasi Zona Memori SanDisk

Nah, untuk manajemen file yang mudah, SanDisk menyediakan aplikasi yang dapat kamu download secara gratis di Google Play namanya adalah Zona Memori SanDisk aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat, mengakses dan mencadangkan semua file dari memori ponsel dalam satu lokasi. Aplikasi ini juga mampu secara otomatis memindahkan file dari perangkat ke drive untuk penyediaan ruang.

SanDisk Memory Zone

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga memungkinkan kamu melakukan manajemen ruangan memori seperti : Delete Junk Files, Clean Up Whatsapp Media, Backup and Restore hingga Manage Apps.

7. Bisa nonton video langsung dari OTG

Pernah gak sih merasa bosan diperjalanan? nah kamu tinggal simpan saja beberapa film favorit kamu di USB OTG SanDisk, kamu bisa langsung dapat menikmati film favorit kamu melalui smartphone. Tidak perlu berat-berat bawa laptop dan pastinya tanpa jaringan internet.

Nonton film di smartphone dengan OTG SanDisk

8. Praktis dan Mudah Untuk Dibawa

Karena ukurannya yang kecil USB OTG SanDisk sangat mudah untuk dibawa, cukup masukkan ke dalam pouch bag kecil sudah dapat kamu bawa traveling kemana pun. Tidak perlu khawatir barang bawaan menjadi berat.

Packing

9. Garansi Resmi #SandiskAPAC Selama Lima Tahun

Oh iya, produk SanDisk juga memberikan garansi #SanDiskAPAC hingga lima tahun untuk semua produk flash drivenya termasuk OTG khusus pelanggan wilayah Asia Pasifik termasuk Australia dan Selandia Baru. Kamu dapat membaca kebijakan garansi dari SanDisk di halaman websitenya SanDisk.

Garansi lima tahun

Tapi belinya di official store-nya ya dan perlu diingat ingat warranty guide atau kotak pembelian OTG SanDisk-nya jangan sampai hilang, karena jangka waktu garansi produk SanDisk dapat dilihat pada bagian belakang packaging.

10. Tidak Perlu Akses Internet

Melakukan perjalanan bisa saja ke tempat-tempat terpencil yang belum terdapat akses internet yang baik, misalnya ke gunung, bukit atau ke daerah perbatasan. Tapi tenang untuk mengelola file atau backup dengan USB OTG SanDisk kamu tidak membutuhkan internet, terkadang traveler juga mematikan internet adalah untuk menghemat baterai perangkat kamera atau smartphone dan lebih fokus di perjalanan.

Tidak perlu akses internet

Jadi, perjalanan kamu lebih tenang yang pastinya sangat berkualitas dengan USB OTG SanDisk ini. Untuk harga bisa kamu cek di akun resmi Sandisk Official Shop di Shopee yang sudah pasti menyediakan produk SanDisk yang ditawarkan 100% original dan bergaransi.

Nah, tunggu apa lagi! kamu bisa dapatkan USB OTG SanDisk keren ini di Shopee Indonesia.

Ingat, momen-momen penting tidak hanya soal perjalanan saat liburan saja tapi juga berupa perjalanan hidup. Bagaimana kamu menjalani hidup dengan maksimal dan berkualitas misalnya menjadi seorang pelajar, pembisnis, mahasiswa, orang tua bahkan ilmuan, maka USB OTG SanDisk ini diciptakan untuk kamu untuk menyimpan momen-momen tersebut serta mempermudah pekerjaan kamu.

Intip yuk video singkat saya menggunakan USB OTG SanDisk dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai Blogger atau Content Creator berikut ini.

Oh iya karena ukuran OTG ini cukup kecil, disarankan untuk memasangkan gantungan atau penanda agar mudah untuk ditemukan dan tidak tertukar dengan milik orang lain.

Beri gantungan/penanda

Bagaimana? sudah siap untuk Traveling Berkualitas dengan USB OTG dari SanDisk? Yuk mulai perjalananmu yang berkualitas, jangan lupa share cerita serunya di Sosial Media atau di Blog Pribadi kamu.

Tulisan ini diikut sertakan dalam SanDisk Blogging Competition “Pentingnya Melakukan BackUp Data Smartphone” USB OTG SanDisk, #DibuangSayang, #SanDiskAPAC yang diselenggarakan oleh Western Digital Corp.

Referensi:

  • Pengalaman Pribadi
  • Tentang SanDisk : https://www.sandisk.id/
  • OTG SanDisk Ultraยฎ m3.0 SanDisk : https://www.sandisk.id/home/mobile-device-storage/ultra-dual-drive-usb-m-3
  • BackUp Data : https://id.wikipedia.org/wiki/Backup
  • Siaran Pers Hasil Survey Western Digital : https://drive.google.com/file/d/1-dv5VVTIIhWj7-9qjAKisNDgLwb8PQ9M/view?usp=sharing
  • Foto dan Infografis : Siti Mustiani
  • Video SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 | Official Product Overview : SanDisk
  • Video Hunting Foto dan Video Seru dengan USB OTG SanDisk : Siti Mustiani
Be social share!

62 thoughts on “Perjalanan Lebih Berkualitas dengan USB OTG SanDisk

  1. Berkat USB San Disk ini, membantu banget selama perjalanan mbak. Ga akan khawatir kehabisan memori, bisa langsung pindahin kalau udah dirasa limit kapasitas di perangkat/ memori smartphone udah penuh. Kecuali yg hpnya dewa sih hhehee
    TFS yahh Mbak.

  2. Cocok mba, yang suka traveling wajib punya Sandisk USB OTG ini, supaya bisa maksimal ngumpulin dan upload foto-foto selama perjalanan ๐Ÿ™‚

  3. Paling sebel kalau pas lagi moto moment penting, atau mideoin perjalanan tiba2 henpon ngeheng gara2 memori full ya mba….dan USB OTG Sandisk ini merupakan solusi tepat menghindari memori henpon penuh. TFS mba, aku jadi tahu manfaat Sandisk untuk backup data.

  4. Saya dua kali ngalamin, hp hank dan kehilangan semua data setelah traveling di luar Jawa. Rasanya itu nyesel nyesel sakit hati gitu. Momen bepergian kan langka, karena maruk foto sana foto sini tanpa back up akhirnya memori kepenuhan

  5. Perjalanan memang sangat penting untuk diabadikan dan direncanakan dengan matang. Setuju banget, jangan sampai kita traveling tapi cuma dapat capeknya aja.

    Kenangan di setiap petualangan memang perlu banget untuk diabadikan. Sekarang enggak perlu khawatir memory hp penuh karena akan dengan mudah bisa kita pindahkan atau ambil menggunakan USB OTG SanDisk. Kecil-kecil yang muat banyak.

    1. Iyaa mbak, apalagi kalau perjalanan ke suatu tempat yang baru jarang sekali dilakukan, sayang banget kalau dokumentasi gak maksimal apalagi kalau cuma dapat capeknya aja, hehe

      Yaps, pakai SanDisk dong kecil-kecil berkualitas ๐Ÿ˜€

  6. Bagus sekali tulisannya dan sangat detail, mbak ๐Ÿ™‚
    Iya ya selama perjalanan liburan harus banget bawa usb untuk bisa back up data. Ga bisa ngebayangin kalau foto dan video selama perjalan hilang ๐Ÿ™

  7. Bingung mo komen apaan, karena semua kegundahan hati saya terkait backup data dari smartphone udah terjawab dalam tulisan ini.
    Mbak, saya menikmati tulisanmu ini dan lagi ngebayangin mbak lagi pelisiran sambil nenteng2 si OTG ini, hahaha. Kereeen looh ๐Ÿ˜‰

    1. Hehe, terima kasih mbak. Alhamdulillah jikalau artikel ini bermanfaat. Pastinya kemana-mana bawa USB OTG SanDisk dong yaa, praktis dan bermanfaat betul tidak khawatir kehabisan memori di smartphone ๐Ÿ˜€

  8. Pernah ngalamin Travelling kepenuhan memori ๐Ÿ˜† namanya kita jalan2 ketempat yg baru pasti ga bakalan melewatkan foto2 atau bikin video di spot2 yg kita singgahi kan? Tp pas memori penuh jadi ga bisa ngapa2in lagi atau terpaksa hapus data lain yg ada di hp ๐Ÿ˜Š tp sekarang udah ada OTG SanDisk, jadi ga perlu khawatir lagi ๐Ÿ˜Š

  9. Pas traveling, trus mau ambil foto, eh memori penuh. Duh, gemes banget kalau sampai mengalami hal itu. Aku pernah soalnya dan kesalnya setengah mati. Sekarang pokoknya kalau traveling salah satu yang mesti dibawa ya USB OTG ini ya

    1. Pasti kesal ya mbak monic pas tau tiba-tiba memori penuh, yaps untungnya sekarang ada USB OTG SanDisk jadi tidak khawatir lagi kehabisan memori ๐Ÿ˜€

      Thanks mbak monic sudah mampir di blog saya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *