Pusat Kuliner Terminal Mempawah

Minggu 28 Maret 2017, salah satu anggota Komunitas Blogger Pontianak ada yang menikah! Yaitu Bang Ipuy tapi lokasi acaranya di Kabupaten Mempawah. Sebagai komunitas blogger terbesar di Kalimantan Barat, serta untuk menunjukkan solidaritas, kami pun merencanakan untuk hadir beramai-ramai dari Kota Pontianak.

Yah, bisa dibilang sambil refreshing ya kan?

Kami pergi pagi! Setelah makan, salam-salaman, dan foto-foto di acara nikahannya Bang Ipuy, kami lanjut Explore Mempawah sampai malam, yeaaay! Beberapa tempat yang kami kunjungi diantaranya Rumah Bang Freddy Hernawan (Blogger Mempawah), Wisata Mangrove Mempawah, dan Kulineran di Terminal Mempawah.

Terminal Mempawah memang menjadi lokasi populer untuk singgah maupun tujuan kuliner, biasanya beberapa pengunjungnya adalah mereka yang melakukan perjalanan Pontianak-Singkawang, Sambas, dan beberapa kabupaten lainnya. Ibaratnya tempat ini ibaratkan tempat transit, untuk instirahat gitu.

Namanya memang terminal, mungkin dulunya memang terminal angkutan umum seperti bis atau oplet gitu. Jadi parkirannya super luas banget! Tapi, karena sekarang sudah jarang masyarakat menggunakan itu, tempat ini justru menjadi kawasan wisata kuiner. Oh ya, ada sebuah alun-alun juga di sekitar Terminal Mempawah ini.

Wisata Kuliner Terminal Mempawah

Sebagian besar kuliner yang ada di Terminal Mempawah ini bukanya sore-malam, meski ada yang buka dari pagi tapi pilihannya tidak lengkap. Ramai! Jadi harus sabar menunggu pesanan datang.

Meja panjang berderet, dengan ratusan pilihan menu yang dibagi menjadi beberapa stand menawarkan suguhan kuliner berbeda-beda (saya sempat bingung mau pesan apa 🙈).

Mempawah saat itu sedang gerimis manja, kayaknya enak makan bakso deh. Karena saya penasaran dengan kuliner yang ‘agak’ unik dan jarang ditemui, saya pesan lah, Bakso Beranak.

Bakso Beranak Harganya Rp.25.000,-/Porsi

Oh yeaahh, yang penasaran seperti apa bantukkannya, yah seperti gambar di atas. Sebuah pentolan besar bakso raksasa (sebesar mangkok) dimana di dalamnya terdapat pentolan kecil yang disebut anak-anak bakso. Kenyang? Jangan ditanya lagi isinya daging semua 😂

Puas, menyantap sajian bakso beranak saatnya pulang, tapi sebelum itu foto-foto dulu di halaman parkir Terminal Mempawah, soalnya sore setelah hujan senjanya cantik sekali.

Mempawah, Sore, Sehabis Hujan
Saya, Lely, Ika, Dyah, Anggi
Wajah Kenyang dan Lelah, Saatnya Pulang
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *