Ada Cinta di Kota Singkawang, Pasti Ada OYO

Setiap tahun baru imlek, Kota Singkawang memang selalu ramai dikunjungi tidak hanya karena event tahunan Cap Go Meh saja tapi kota yang disebut sebagai kota amoy ini memang identik dengan china town dan berbagai wisata alam maupun buatan yang menarik dan bikin jatuh cinta bagi siapa saja yang datang. Sama seperti jatuh cintaku dengan OYO Hotel di Singkawang.

Memiliki pasangan yang berketurunan Chinese, saya sedikit lebih banyak belajar tentang budaya Tiongkok, tapi bukan berarti saya menjadi orang Tionghoa. Dari dulu saya memang selalu suka dengan budayanya, setiap Imlek setahun sekali selalu mampir ke Kota Singkawang, bukan untuk merayakan tapi suka saja dengan suasana dan kemeriahannya.

Beberapa tempat favorit kami adalah Heritage Pecinan Jam Tang di komplek perkampungan etnis China yang juga merupakan cagar budaya di Singkawang, disini terdapat kawasan pohon bunga meihua mirip seperti pohon bunga sakura yang besar.

Bicara soal bunga meihua, bunga yang tumbuh saat pergantian musim dingin ke musim semi ini sebenarnya aslinya tumbuh di daratan China mulai bulan Januari hingga bulan April seperti di Beijing, Kunming, Guangzhou, Wuxi dan Shanghai.

Menurut Wikipedia, Bunga Meihua (梅花) atau sering disebut juga bunga plum adalah bunga nasional dari negara Tiongkok, tepatnya pada sungai Yangtze di Tiongkok daratan dan selanjutnya menyebar ke daerah Jepang, Korea, Vietnam hingga Taiwan.

Bunga ini tidak dapat tumbuh di kawasan tropis seperti Indonesia. Bunga Meihua hanya dapat tumbuh di berbagai tempat seperti hutan, pinggiran sungai, sepanjang jalan hingga pegunungan diketinggian 1.700 – 3.100 meter.

Karena Indonesia merupakan negara yang kreatif, nah dibuatlah replika bunga Meihua yang mirip dengan aslinya. Satu diantara nya dibuat seperti pohon besar menyerupai pohon Plum. Cantik sekali, tapi kita tahu kalau bunga replika ini terbuat dari plastik atau kertas.

Memang, sekilas bunga meihua bentuknya hampir mirip dengan bunga persik dan bunga sakura yang beberapa bulan lalu katanya dapat tumbuh di beberapa daerah Indonesia misalnya di Cibodas namun ternyata mereka itu merupakan bunga yang berbeda.

Kiri – bunga plum; Tengah – bunga persik; Kanan – bunga sakura

Bunga Meihua atau Plum memiliki bentuk yang benar-benar bulat dan lebih tebal dibanding bunga sakura. Bunga plum mekar lebih cepat dibandingkan dengan bunga sakura, bahkan saat musim dingin sekali pun. Bunga ini bermekaran di setiap taman di akhir bulan Januari.

Karena sekarang sangat sulit jika pergi ke China, tapi ingin mengintip suasana tahun buru imlek seperti apa, sekarang tidak perlu jauh-jauh cukup datang saja ke Kota Singkawang, ada banyak hiasan unik khas Tiongkok. Mulai dari lampion, naga, barongsai dan pernak pernik lainnya.

Tenang, disini lokasinya cukup luas kok karena berada di halaman, kamu dapat mampir dan memarkirkan kendaraan kamu di dekat vihara kemudian berjalan kaki, tidak ada tiket masuk dan biaya parkir tapi tetap tertib yaa. Waktu paling ramai berkunjung ke pecinan ini ketika sore hingga malam hari.

FYI Sebenarnya pohon bunga meihua bukan hanya sekadar pelengkap dekorasi rumah saat Imlek saja loh. Pohon Bunga Meihua bagi masyarakat Tionghoa juga dianggap sebagai lambang harapan, keuletan, kebahagiaan serta kesejahteraan.

Gimana, cantik-cantik ya bunganya? Jika kamu ke Singkawang bisa mampir ke sini untuk mengabadikan bunga-bunga cantik ini. Saya memang tidak merayakan Hari Raya Imlek tapi saya sangat tertarik dengan indahnya kebudayaan yang ada di Singkawang bersama dia.

Aku dan dia bahagia sekali berada di Kota Singkawang, selalu ada cerita cinta yang selalu kami bagikan baik itu di sosial media maupun di artikel blog ini. Kebahagiaan kami semakin maksimal dengan adanya OYO Hotels Indonesia di Kota Singkawang.

Ada Cinta di Kota Singkawang, Pasti Ada OYO

Karena kami tidak tinggal di Kota Singkawang, tapi setiap tahun selalu datang ke Kota Singkawang, sebagai sesama pasangan traveler menemukan penginapan yang murah sudah pasti andalan kami.

Bagi kami, mencari hotel murah dan nyaman sekarang tidak perlu ribet karena di Kota Singkawang ada banyak OYO Hotels dan letaknya pun sangat strategis mulai dari yang ditengah kota hingga pinggiran kota. Dengan fasilitas lengkap dan harga murah tapi tidak murahan.

Tentang OYO Rooms And Hotels Indonesia

OYO Hotels Indonesia adalah bagian dari OYO Rooms, umumnya dikenal sebagai OYO, merupakan jaringan layanan perhotelan hemat untuk traveler maupun backpacker. Startup yang berasal dari India ini didirikan oleh Ritesh Agarwal pada tahun 2013 dan sekarang OYO telah berkembang di berbagai tempat di belahan dunia, saat ini OYO telah memiliki lebih dari 23000 hotel dan 330000 kamar di 800 kota seperti India, Malaysia, Nepal, Cina, Uni Emirat Arab hingga di Indonesia.

Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai produk dan layanan yang disediakan oleh OYO Rooms, sebelum kamu memilih penginapan yang sesuai kebutuhan kamu:

  • OYO Townhouse, yang dipromosikan karena hotel lingkungan berada di segmen menengah yang ditargetkan untuk para wisatawan milenial yang menginginkan akomodasi ekonomi premium.
  • OYO Home, yang diklaim OYO adalah Sistem Manajemen Rumah perdesaan India yang menawarkan rumah-rumah pribadi di berbagai lokasi dan sepenuhnya dikelola oleh OYO.
  • OYO Vacation Homes, yang mengidentifikasi dirinya sebagai merek rumah liburan terbesar ke-3 di dunia dengan merek manajemen persewaan liburan Belvilla, Danland, Dan Center bersama dengan Traum-Ferienwohnungen yang berbasis di Jerman.
  • SilverKey, diluncurkan pada bulan April 2018, melayani kebutuhan para pelancong bisnis yang melakukan perjalanan bisnis untuk jangka waktu pendek atau panjang.
  • Palette, menawarkan staycation yang dikuratori dengan sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman intuitif dengan harga kompetitif, kategori resor liburan kelas atas.
  • Collection O, adalah kategori terbaru di bawah portofolio hotel OYO yang memenuhi persyaratan untuk pelancong bisnis yang cerdas. Hotel dengan kategori ini dilengkapi dengan kolam renang, fasilitas olahraga, restoran, ruang pertemuan dan area parkir.
  • OYO LIFE, ditargetkan untuk kalangan milenial dan profesional muda yang mencari rumah yang dikelola penuh dengan persewaan jangka panjang, dengan harga terjangkau.
  • OYO Premium, rekomendasi penginapan untuk keluarga. Nah, jika kamu berencana melakukan perjalanan sekeluarga kamu dapat memilih kategori hotel dengan predikat premium, jenis ruangan yang besar mirip seperti apartemen lengkap dengan perabotan rumah tangga dan lebih dari satu kamar dalam satu ruangan.

Menginap di OYO Cukup Booking Pakai Aplikasi OYO

Tidak perlu repot-repot jika ingin menginap di OYO Hotels, kamu tinggal download aplikasi OYO Hotels di Play Store jika menggunakan android dan di Apps Store jika menggunakan iOS.

Banyak promo dan diskon menarik jika menggunakan aplikasi OYO!

Selain memberikan berbagai penawaran khusus, hotel murah OYO juga hadir dengan berbagai fasilitas utama seperti WiFi, AC dan linen bersih serta banyak fasilitas lain yang dapat kamu nikmati, semua disesuaikan dengan kebutuhan perjalanan.

Tiga Langkah Mudah Memesan OYO Hotels:

  1. Cari. Buka aplikasi OYO dan masukkan lokasi atau gunakan lokasi kamu saat ini untuk mencari hotels.
  2. Lihat. Bandingkan harga hotel, penilaian tamu, fasilitas dan sebagainya kemudian pilih hotel yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu.
  3. Pesan. Pesan kamar dengan satu klik. Kamu dapat melakukan pembayaran saat melakukan booking atau sebelum check-in atau memilih opsi ‘Pay at Hotel’ di hotel yang dipilih.

Untuk menghadirkan pengalaman menginap nyaman dan terpercaya untuk berbagai kebutuhan perjalanan kamu, setiap hotel OYO dilengkapi dengan layanan tamu 24×7 untuk membantu menjawab setiap pertanyaan terkait pemesanan dan proses menginap dan OYO memastikan kamu dapat merasakan pengalaman menginap terstandarisasi OYO, mulai dari check-in hingga setelah menyelesaikan proses check-out.

Bicara soal fasilitas, Hotel OYO memberikan fasilitas yang lengkap sesuai dengan yang tertera pada aplikasi saat proses booking.

Rekomendasi Hotel OYO di Kota Singkawang

Capital O 1822 Wahana Inn Kota Singkawang, salah satu rekomendasi menginap dengan aplikasi OYO Rooms. Hotel yang terletak di tengah Kota Singkawang ini memudahkan kamu untuk berlibur dan mengunjungi beberapa tempat wisata disekitarnya karena lokasinya yang sangat strategis dan mudah ditemukan.

Banyak Promo dari OYO, Bisa Digunakan Untuk Booking Hotel Berikutnya Agar Lebih Murah

OYO selalu memberikan banyak promo menarik misalnya diskon hotel 33% hingga 70% di seluruh Indonesia dengan kode promo tertentu, kemudian ada lagi bonus tambahan menginap dan promo menarik lainnya dalam rangka Harbolnas, menginap di OYO Hotels cuma bayar 99rb.

Kupon promo atau harga diskon akan di applied secara otomatis ketika melakukan proses booking hotel. Kamu juga dapat memasukkannya secara manual jika diinginkan. Selain ada juga OYO Points untuk pengguna yang memiliki akun OYO baik itu via browser maupun aplikasi di smartphone, point tersebut dapat dipakai untuk mendapatkan potongan harga. Gimana tuh, makin banyak potongan atau diskon semakin murah untuk bayar hotelnya.

Dimana-Mana Ada OYO, Karena Jaringan Terbesar di Indonesia

Keliling Indonesia sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi menginap dimana karena Jaringan OYO hotels merupakan terbesar di berbagai titik Indonesia yang menyediakan 1000 hotel tersebar di 100 kota di Indonesia.

Dengan jenis hotel yang beragam mulai dari rumahan di pedesaan hingga hotel mewah di tengah kota.

Bisa Bayar di Hotel Saat Check-In dengan Pay at Hotel

Menginap di OYO Hotel Indonesia kamu bisa memilih berbagai metode pemabayaran misalnya: Pay Online dengan menggunakan Credit Card, Bank/ATM Transfer atau di Alfamart terdekat. Pay at Hotel, kamu dapat menggunakan metode ini untuk pembayaran langsung di hotel saat check in. Tenang saja, jika kamu menggunakan kupon atau voucher tetap berlaku kok.

Biar gak ketinggalan promo dan informasi menarik lainnya tentang OYO Hotels Indonesia, follow sosial medianya OYO Indonesia di : Instagram oyo.indonesia, Twitter @oyoindonesia, Facebook OYO Indonesia dan Channel Youtube OYO Indonesia. Agar semakin dekat di mata, dekat di hati dan dekat di jari.

Tulisan ini diikut sertakan dalam #PastiAdaOYO Blog Competition dengan Tema: Love OYO yang diselenggarakan oleh OYO Indonesia.

Referensi:

  • Bunga Meihua : https://id.wikipedia.org/wiki/Bunga_Nasional_Republik_Tiongkok
  • Infografis, Foto Pendukung dan Video : Dokumen Pribadi Siti Mustiani
  • OYO Rooms : https://id.wikipedia.org/wiki/OYO_Rooms
Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *