Jogging Track Area di Kota Pontianak

Mumpung akhir pekan dan pengennya jalan-jalan tapi gak mau jauh-jauh dari rumah atau melakukan kegiatan santai sambil olah raga di tempat-tempat yang instagrammable? Jangan khawatir, sekarang pemerintah Kota Pontianak sudah melakukan beberapa area publik seperti Jogging Track atau lintasan lari yang menarik.

Walau sebenarnya melakukan olah raga lari dapat dilakukan dimana saja, tapi tentunya perlu pertimbangkan tingkat keselamatan serta tempat yang sejuk dan nyaman untuk istirahat setelah lari berjam-jam. Di Kota Pontianak sendiri, terdapat beberapa tempat yang layak untuk dijadikan Jogging Track, baik itu tempat khusus untuk Jogging maupun tempat umum yang bisa melakukan Jogging

Berikut beberapa tempat Jogging Track di Kota Pontianak:

1. Jogging Park Untan di Taman Digulis

Satu diantara lokasi Jogging yang paling terkenal adalah Jogging Park Untan terletak di pusat Kota Ponianak dekat dengan Tugu Digulis yang merupakan ikon bambu runcing di Area Universitas Tanjungpura. Taman yang dibuka untuk umum dengan banyaknya pepohonan menjadi tempat favorit bagi warga Kota Pontianak dan sekitarnya untuk berolah raga.

Kawasan sejuk karena ditumbuhi banyak pohon serta lintasan khusus pejalan atau pelari membuat pengunjung tidak khawatir adanya kendaraan yang melintas. Lintasan berliku membuat siapa saja yang berolah raga tidak merasa bosan, apalagi terdapat fasilitas umum seperti toilet, perpustakaan kecil, area bermain anak-anak hinggalapangan olah raga lainnya seperti lapangan tenis dan basket.

2. Taman Alun-Alun Kapuas

Kedua adalah Taman Alun Kapuas, terletak di Depan Kantor Wali Kota Pontianak Jalan Rahadi Usman Kota Pontianak selain menjadi tempat wisata tempat ini juga direkomendasikan sebagai tempat melakukan olah raga lari seperti Jogging. Dimana tempat yang hijau dan sudah tertata rapi, banyak tempat santai dibawah pepohonan sambil melihat sungai kapuas, oh iya Taman Alun Kapuas ini juga sejuk walaupun tidak seluas Jogging Track Taman Digulis namun tidak terlalu ramai orang.

Sayangnya kamu tidak bisa melakukan Jogging disini ketika sedang ada event, tapi tenang saja event disini tidak dilakukan setiap hari kok, karena ada jadwal-jadwalnya. Perlu diketahui juga Alun Kapuas juga ramai dikunjungi ketika sore hari saat weekend.

3. Komplek Universitas Tanjungpura

Ketiga adalah komplek UNTAN atau Universitas Tanjungpura, kampus negeri di Kota Pontianak ini memiliki area yang sangat luas. Kemudian area mahasiswa dibangun taman-taman cantik dan tempat santai yang menarik serta luas menjadikan komplek ini cocok untuk area Jogging Track.

Kawasan hijau serta bangunan unik menjadikan daya tarik sendiri bagi beberapa orang yang berkunjung. Karena ini adalah kawasan mahasiswa untuk belajar tetap menjaga ketertiban yaa…

4. Lapangan Sultan Syarif Abdurrahman

Selanjutnya adalah tempat khusus berolah raga lari bernama Lapangan Sultan Syarif Abdurrahman atau sering disebut lapangan SSA. Tampat favorit untuk melakukan car free day selain di Jalan Ahmad Yani, juga terdapat Jogging Track khusus. Lapangan ini masuk di kawasan GOR Pangsuma Kota Pontianak, lapangan ini juga kerap dijadikan sebagai tempat pertandingan olah raga seperti lari dan sepak bola (karena di tengah lapangan merupakan tempat lapangan sepak bola lengkap dengan gawangnya)

PS : Lintasan berwana merah merupakan tempat berlari dengan berputar mengelilingi lapangan bola.

Karena masuk di kawasan GOR, tidak jauh dari lapangan SSA terdapat area sepeda dan juga bisa dijadikan Jogging Track, tapi karena banyak pengguna sepeda tetap hati-hati.

5. Waterfront Kota Pontianak

Terakhir adalah Waterfront Kota Pontianak, area santai di tepi Sungai Kapuas ini juga menjadi tempat Jogging Track yang cocok. Apalagi lintasan yang lurus dengan panjang 600 meter dan lebar sekitar 8 meter ini bisa membuat keringat sambil menikmati pemandangan sungai dan jembatan Kapuas I Kota Pontianak.

Waterfront ini buka 24 jam, akan rame ketika sore dan malam hari. Karena banyak pengunjung yang bersantai di area ini.

Nah, itulah beberapa tempat Jogging Track yang paling rekomended di Kota Pontianak. Jadi, selain tempatnya juga menarik juga bisa menjaga kesehatan bukan? Kalau kalian suka Jogging Track area yang mana? Atau mungkin punya Jogging Track sendiri. Yuk ceritain!

Tetap jaga kebersihan selama jogging dan semoga artikel ini bermanfaat ^^

Be social share!

20 thoughts on “Jogging Track Area di Kota Pontianak

    1. saya yg baru suka olahraga lari terkesima dengan nuansa asri yg dihadirkan. kalau begini mah gak bakal kerasa capek lari karena seru ya. pemandangannya menentramkan hati, lagi

  1. Asyik juga ya jogging tracknya
    Ini kalau weekend pasti ramai deh
    Senang sekali makin ke sini kesadaran untuk menyediakan area publik yang nyaman makin meningkat
    Semoga terjaga kebersihannya ya

  2. Pontianak ini kayaknya surga para pecinta olahraga jogging ya, banyak banget ini tempat joggingnya. Apalagi jogging track-nya ada yang unik nih, kalau aku ke Pontianak wajib nih nyobain jogging track yang ada, buat ngerasain keseruan lari di Pontianak

  3. Ih, PR banget nih buat saya bisa menelusuri jogging track gini. Mmm… susah banget diajak olah raga nih badan, hehe… Padahal salah ya? Oke deh nanti diperbaiki semangat oleh raganya. Thanks mbak… reminder nih buat saya

  4. aku kalau di sini seneng pasti, tracknya joggingnya keren-keren ey :3 kalau suatu saat aku ke pontianak, aku mau mampir ke waterfront ah, buka 24 jam kan itu? seger pasti kalau jogging sambil lihat pemandangan sungai :3

  5. lapangan sultan syarif abdurrahman kecee banget kalau dari atas ya mbak apalagi kalau kita jogging jogging manja di pagi hari wah bakalan seru nih disini water front kota pontianak bakal jadi favorit nih keliatannya kalo dikasih kesempatan main kesana

  6. Sepertinya teduh ya area jogging tracknya, soalnya banyak pohon. Padahal Pontianak, panas kan ya…
    Akhir minggu penuh orang pasti ya…Semua ingin sehat dan nyobain jogging track

  7. Wow keren-keren ya jogging tracknya. Kalau Dewi masih di area perumahan yang terbaik saat ini, heheh … Abis lelah langsung ke rmh jadi dekat, tapi ya gitu rindangnya lebih bagusan jogging track yang dikhususkan utk joghing pastinya.

  8. asiknya kalau ada jogging track di pinggir sungai gini, sore sore lari sambil sunsetan.
    di Pontianak banyak area yang ijo ijo seger kayak gini ya, di Jember nggak terlalu banyak, palingan juga di area kampus aja

  9. nah ini, mengedukasi banget, jogging termasuk olahraga yg ringan tapi punya manfaat luar biasa. Menurut saya di beberapa lokasi di Pontianak tempatnya juga masih asri dan rindang sehingga bagus untuk kegiatan olahraga ringan atau sedang.

  10. Pontianak suasannya terbaik emang. Jogging sore di area GOR yang hijau membentang gitu bikin badan seger seketika lah ya. Semoga deh pan kapan bisa maen ke sana, biar diajakin kak musti jogging di `gor, hehe..

  11. Itu yg di Univ Tanjungpura mirip dgn kawasan UGM di Jogja. Kawasan kampus tapi bisa dijadikan area olahraga, jogging, senam, dll.
    Btw, tertarik pengen ke pinggiran sungai Kapuas jadinya, tp belum pernah ke Kalbar, mbak. Doain ya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *