Bukit Sepancong Bengkayang, Wisata Baru yang Wajib Disinggahi

WEEKEND The perfect time to reflect, reset and recharge for another great week 🌻

Di Desa Cipta Karya, Kecamatan Sungai Betung Kabupaten Bengkayang tepatnya, Bukit Sepancong yang apik dengan pemandangan yang memuaskan, cocok untuk menjadi tempat refreshing dihari weekend kamu. Akses jalannya pun mendukung dan sudah dikelola, mau datang pakai mobil, motor, truk pun boleh. Asal jangan sendirian, alangkah baiknya kamu mengajak teman, saudara, keluarga, ataupun pasangan. Karena pemandangan di sini bagus untuk dinikmati bersama. Jika dari atas bukit, kita dapat melihat persawahan dan bukit lainnya yang sangat bagus apalagi ada view Gunung Bawakng di depannya, kalau beruntung kamu juga dapat melihat lautan awan saat pagi hari.

Bukit Sepancong, Spot 2 Sepadang Hill
Aerial View Bukit Sepancong, Spot 2 Sepadang Hill

Karena keindahan bukit ini, jadi warga pun berantusias juga untuk menjadikan tempat wisata. Untuk memasuki wisata ini tidak perlu uang banyak, hanya Rp.10.000,-/orang. Dan, kamu bisa singgah ke Taman Anggrek dengan gratis kemudian perjalanan dilanjutkan menanjak menaiki puncak sekitar satu jam, jalurnya sudah terlihat jelas sehingga tidak perlu guide. Oya, bukit dengan ketinggian sekitar 500 mdpl ini mendukung juga jika untuk camping. Karena di sini tidak ada yang jual makanan ataupun minuman, kamu boleh bawa makanan dari rumah. Tapi, jangan lupa bawa sampahmu kembali ya kawan.

Pagi di Bukit Sepancong, Bengkayang

Bukit Sepancong, Spot 2 Sepadang Hill Kabupaten Bengkayang

Berdasarkan informasi yang didapat Bukit Sepancong ini memiliki dua spot yang dapat diakses pertama dari Desa Tirta Kencana namun lokasinya cukup jauh dan spot dua dari Desa Cipta Karya bernama Bukit Sepadang yang saya tulis di artikel ini. Untuk mengunjungi Bukit Sepancong spot 2 Sepadang Hill ini ada beberapa ketentuan pendakian mengingat saat ini kita memasuki era new normal setelah pandemi covid-19. Sehingga pihak pengelola bersama BUMD Cipta Karya menetapkan SOP (Standard Operating Procedur) khusus tempat wisata alam Sepadang Hill (Bukit Sepancong Spot 2) dan Hutan Taman Anggrek.

Adapun SOP ini berlaku untuk setiap pendaki/pengunjung yang datang adalah sebagai berikut:

  1. Wajib menggunakan masker.
  2. Wajib cuci tangan atau menggunakan handsanitizer sebelum memasuki area.
  3. Tetap menjaga jarak (physical distance).
  4. Wajib regristrasi/mendaftar online via WA di nomor yang tersedia
  5. Kuota pengunjung terbatas.
    Untuk sepadang hill (bukit sepancong spot 2) + hutan anggrek kuota maks 40 orang / hari (regist 10k/orang + parkir 10k/motor, 20k/mobil)
    Untuk spot hutan anggrek maks 20 orang/hari (regist+parkir 5k/orang) *diharapkan setiap pengunjung membawa uang pas ya.
  6. Pendaki/pengunjung wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang dikunjungi.
  7. Pendaki/pengunjung tidak dalam keadaan sakit demam, flu/pilek dll.
  8. Hutan anggrek dibuka dengan batas waktu, buka jam 07.00 pagi s/d tutup jam 17.00 sore dan pendaki/pengunjung dilarang menginap di taman anggrek.
  9. Pendaki/pengunjung dilarang keras mencuri, mengambil, merusak dan vandalisme pada fasilitas dan sarana prasasrana yang ada dikawasan tersebut.
  10. Jika pendaki/pengunjung terbukti melanggar poin 9 (sembilan) diatas akan dikenakan sangsi ganti rugi 2 kali lipat dan sangsi hukum yang berlaku.
  11. Jumlah kuota/hari disesuaikan dengan waktu daftar dan nomor urut registrasi.

Tips tambahan, ada baiknya regristrasi minimal 3 hari sebelumnya, bawa pakaian secukupnya dan gunakan pakaian yang nyaman untuk mendaki. Bawa air secukupnya, karena tidak ada mata air saat di puncak. Pastikan kamu tidak mendaki ketika malam hari (walaupun memungkinkan) dan disaat hujan karena jalur pasti akan licin. Jika hujan lebat jangan dipaksakan untuk naik.

Tempat Regristrasi Bukit Sepancong & Taman Anggrek

Sebelum regristrasi sebaiknya periksakan kesehatan kamu di Posko Siaga Covid-19 Desa Cipta Karya, letaknya tidak jauh dari gerbang masuk tempat regristrasi. Posko ini buka 24 jam, pengunjung akan dicek suhu tubuhnya, kemudian dicatat jika normal akan dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan.

Gerbang masuk lokasi wisata Bukit Sepancong Spot 2 (Sepadang)

Jika masih bingung dengan lokasi Bukit Sepancong Spot 2 (Sepadang) dimana, kamu dapat ikuti Google Maps dibawah ini, kamu juga dapat mengunjungi lokasi ini dari Singkawang atau dari Kota Bengkayang nya. Letaknya tepi jalan, jika dari pasar Bengkayang gerbangnya sebelah kiri sebelum vandering. Info lebih lanjut, hubungi pontact person : Hata (089622119688), Wiro (083150192541), Dedi (081528797479), Supri (0895605661115) atau Choveg (089614434181).

Saat di puncak, pastikan kamu camping ditempat yang sudah disediakan. Kamu dapat menggunakan beberapa lokasi datar yang sudah disiapkan oleh pengelola. Beberapa fasilitas seperti toilet umum sudah ada, namun masih toilet darurat. Kamu dapat ber-swa foto di area yang disediakan seperti spot selfie seperti tangan, kapal, ayunan dan lain sebagainya tapi dijaga baik-baik ya, jangan merusak.

Aku disini nungguin kamu
Bonus yaa

Oya, harapan saya tentang Bukit Sepancong ini adalah jika bagi pengunjung yang datang mengeksplore sebaiknya tidak menjamah dengan menyebar sampah. Kasihan kan, sudah tereksplor tapi malah dikotori. Hiks, sedih kan lihatnya. Gimana? Kalian mau berkunjung ke sini, apa mau muter-muter mall saja. Percuma punya pacar kalau jarang piknik. Wek!

Tabik manis, tetap menjaga kesehatan dan semoga bermanfaat ^^

Be social share!

1 thought on “Bukit Sepancong Bengkayang, Wisata Baru yang Wajib Disinggahi

  1. Terima kasih siti mustiani ,sudah memuat tulisan bukit sepancong ,spot 2 sepadang.
    Semoga kedepan ,siti mustiani bisa mengexpose tulisan tentang konservasi taman anggrek/Pripet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *