Rumah Radakng Aya’ Landak Kampung Budaya Ngabang

LANDAK (Land of Dayak) ah sebutan itu cocok sekali bagi siapa saja yang datang ke Pulau Borneo alias Kalimantan. Setiap daerah di Kalimantan pasti ada masyarakat Suku Dayak nya. Dimana suku ini merupakan penduduk asli wilayah Kalimantan dan suku terbesar di Pulau Borneo termasuklah di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat.

Berbagai kebudayaan Suku Dayak dapat dilihat dari relif rumah adat, festival tahunan, bahasa dan masih banyak lagi semua masih bertahan dan tetap dilestarikan. Berbagai cara masyarakat dan pemerintah daerah untuk melestarikan budaya Suku Dayak diantaranya membangun rumah adat suku dayak baik itu replika maupun rumah asli yang didiami oleh suku itu sendiri.

Rumah Radakng Aya’ Landak

Hal menarik seperti itu dapat kamu temui di setiap kota maupun kabupaten, jika kamu datang ke Kabupaten Landak misalnya Rumah Radakng Saham yang masih didiami masyarakat asli Dayak Kanayatn dan Rumah Radakng Aya’ Landak merupakan bangunan replika dan digunakan untuk kegiatan festival tertentu dan tentunya dibuka untuk umum bagi pengunjung yang ingin belajar tentang budaya dayak.

Radakng Aya’ Landak merupakan kawansan kampung budaya yang dikelola oleh pemerintah daerah Kabupaten Landak, terletak di Jalan Stadion Patih Gumantar, Kota Ngabang, Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Bangunan panjang ini diresmikan pada 26 April 2015 oleh Bupati Landak kala itu Dr. Drs. Adrianus Asia Sidot, M. Si.

Radakng Aya’ Landak Diresmikan
Bagian Teras Rumah Radakng Aya’ Landak

Seperti Rumah Radakng pada umumnya, bentukan rumah yang panjang biasanya didiami oleh lebih dari satu kepala keluarga. Kemudian bangunannya yang tinggi karena rumah asli ini terletak di tengah hutan, dibuat tinggi agar terhindar dari binatang buas yang ada di dalam hutan.

Ada sedikit berbeda bangunan rumah Radakng Aya’ Landak ini memiliki 14 pintu dan masing-masing pintu terdapat ukiran yang berbeda berisi berbagai kegiatan masyarakat Suku Dayak di Kabupaten Landak dengan sebutannya masing-masing. Di bagian dalamnya berupa aula tanpa sekat atau pembatas biasanya untuk acara yang menampung ramai orang seperti Naik Dango, Gawai Dayak atau festival lainnya.

Gak tau gaya apa
Radakng Aya’ Landak dari Atas
Kota Ngabang

Kabupaten Landak punya banyak potensi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi mulai dari segi wisata alam maupun wisata budayanya. Letaknya ada yang di tengah kota ada juga yang dipedalaman, semuanya punya daya tarik tersendiri untuk dieksplor.

Rumah Radakng Aya’ Landak
Jalan Stadion Patih Gumantar, Kota Ngabang
Kabupaten Landak Kalimantan Barat
Tiket Masuk: Rp.3.000,-/orang

Semoga bermanfaat! ^^

Be social share!

1 thought on “Rumah Radakng Aya’ Landak Kampung Budaya Ngabang

  1. baru denger ada kabupaten landak, duh ilmu geografiku kurang banyak ahahha
    semua hal soal dayak memang menarik ya, pengen suatu saat bisa main main ke kalimantan dan bisa rumah khas dayak seperti ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *