Staycation di Rumah Rasa Villa MS Kencana Residence

Dulu saya pikir kalau staycation itu sangat membosankan. Mendingan kalau sekalian nge-trip yang jauh dan panjang biar berasa jalan-jalan gitu. Tapi seiring berjalannya waktu (dan bertambahnya usia), sekarang malah senang staycation. Apalagi kalau staycation Rumah Rasa Villa dekat dengan perkampungan dan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, jadi bikin liburan singkat terasa seru!

Ini adalah Staycation pertama bagiku setelah beberapa bulan terakhir di rumah aja. Staycation kali ini bersama teman-teman di Rumah Rasa Villa MS Kencana Residence, bukan di puncak Bogor, tapi ini di Kubu Raya lokasinya tidak jauh dari Kota Pontianak. Areanya luas dengan suasana alam yang masih asri sekali.

MS Kencana Residence

Protokol kesehatan dan kebersihan juga sudah diterapkan. Sebelum masuk MS Kencana, petugas mengecek suhu tubuh dan juga tersedia tempat mencuci tangan. Saat masuk kita disambut pepohonan rindang nan asri terasa sejuk, terlihat beberapa kebun timun dan sawi sepanjang jalan. Saat malam hari, lampu-lampu cantik menghiasi area pepohonan ini.

Pohon Ketapang Kencana

Saya senang kalau staycation bernuansa alam seperti ini karena alam selalu memberi energi baru, setuju gak? Oh iya, bukan sekedar nama, ternyata Kencana itu diambil dari nama tanaman yang banyak tumbuh di daerah ini yaitu Pohon Ketapang Kencana. Lokasi penginapan kami dekat dengan Sungai Ambawang, akhinya Quality Time bersama orang-orang tersayang di pinggir sungai bisa terwujud. Tapi buatku pribadi memang alam memberi ketenangan dan inspirasi tersendiri yang membuat hati ini makin adem.

Makan Siang di Kampung Kencana

Sebelum menginap makan siang dulu di Kampung Kencana. Kepenatan saya dan teman-teman yang lain pasti terasa selama perjalanan, apalagi riuhnya perkotaan, dan akhinya kami sampai disebuah tempat untuk beristirahat dengan cara berwisata ke suatu desa/kampung. Hm, meskipun libur tidaknya, bagi saya tidak pengaruh. Karena – memang saya sekarang bukan lagi pekerja kantoran.

Nah, kalau umumnya restoran/rumah makan sering terdapat di tengah-tengah perkotaan, atau kawasan elit dan ber-AC. Namun, Kampung Kencana ini berbeda, karena menawarkan AC yang alami dan udara yang segar.

Minum Teh Es yang Nyegerin Dulu

Restoran Kampung Kencana menyediakan berbagai menu kuliner yang bikin lapar perut jadi mengenyangkan. Selain harganya murah, rasanya pun juga pas untuk pengunjung yang kelaparan. Pilihan menunya juga banyak, sebagian besar menu ala rumahan diperkampungan/pedesaan gitu seperti cah kangkung, genjer, toge, nasinya pun menggunakan bakul.

Sebakul Nasi dan Cah Kangkung, Genjer dan Toge
Udang, Jamur, Cumi dan Kerupuk Mamang
Sambal Cencalok

Kami sengaja makan banyak karena aktivitas kami sepertinya cukup padat hari ini. Pasalnya kawasan MS Kencana Residence ini memiliki ragam aktivitas yang seru dan menyenangkan. Kalau soal spot foto, tak usah ditanya lagi, banyak sekali! Beberapa aktivitas seru yang ada di sini juga bisa kamu nikmati tanpa harus menginap.

Berkebun di Kampung Kencana

Selain makan enak di Restoran Kampung Kencana, ada hal lain yang menarik perhatianku yaitu kebun kecil yang ada tak jauh dari lokasi restoran. Beberapa tanaman dari kebun itu digunakan sebagai aktivitas pengunjung jika ingin membeli dengan cara memetik sendiri, wah ini bisa menjadi aktivitas sertu bersama keluarga.

Berkebun di Kampung Kencana
Strawberry

O iya, ternyata menu makan kami itu, bahan-bahannya ada yang diambil dari perkebunan sendiri. Tanaman buah dan sayur yang ada di sini bukan hanya sebagai penghias tapi juga menghasilkan bahan makanan yang segar.

Menikmati Sore di Waterfront & Wisata Susur Sungai

Sembari mengunggu sore, pukul 17.00 ada wisata susur sungai dengan kapal motor. Sebenarnya di waterfront juga ada kolam pancing dan kita bisa memancing di sana. Sayangnya saat kami mau memancing, cuaca sedang panas terik sehingga ikannya tak ada yang muncul.

Kegiatan wisata susur sungai ini dilakukan menyusuri sungai sepanjang dari waterfront MS Kencana Residence hingga persimpangan Sungai Landak, waktu tempuh pulang pergi sekitar satu jam. Kita dapat menikmati panorama hutan yang rimbun, anak-anak sungai, aktivitas warga pinggir sungai, melewati 2 bawah jembatan dan spesialnya menyaksikan golden hour dengan pantulan warna langit di air sungai yang tenang.

Bersiap Untuk Wisata Susur Sungai
Menyusuri Sungai Ambawang

Untuk informasi, wisata susur sungai ini hanya tersedia dihari Minggu saja, terdapat tiga kali keberangkatan yaitu pukul 13.00, 15.00, dan 17.00. Kami memilih sore hari pukul 17.00 saat matahari mulai terbenam, mengingat waktu tempuh wisata susur sungai ini sekitar satu jam. Tiket masuk untuk ikut wisata susur sungai ini Rp.15.000,-/orang sudah dapat free satu botol air mineral.

Siap Membidik Senja
Sungai Ambawang
Melewaati Jembatan Ambawang

Menginap di Rumah Rasa Villa MS Kencana Residence

Berbeda dengan tipe akomodasi pada umumnya, malam saya bersama teman-teman menginap di sebuah rumah bak komplek perumahan. Ya ini memang rumah tapi dapat disewakan untuk staycation seperti villa, lokasinya berada di dalam kompek. MS Kencana Residence memang mengusung konsep rumah nyaman rasa villa. Rumah ini dilengkapi dengan ruangan dan perabotan rumah pada umumnya seperti, ruang tamu, dapur, 2 kamar tidur, toilet dan 2 bangku lainnya lengkap dengan meja kecil di depan teras.

Fasilitas: Ruang Tamu, Dapur, Meja Makan
Kamar

Fasilitasnya juga komplit mulai dari meja kerja, meja rias, dapur. Letak rumah satu ini cukup berjauhan dari rumah lainnya, sehingga privasi cukup terjaga. Cocok untuk yang mau bawa keluarga atau teman-teman. Ada tempat kongkow outdoor yang cukup luas di waterfront bisa BBQ-an juga (sudah tersedia pemanggangnya).

Malam hari, lampu-lampu cantik menghiasi area waterfront. Cukup dingin kala itu, namun menu BBQ seperti ayam bakar, sosis, jagung yang enak melengkapi makan malam kami.

Menikmati Pagi dan Olah Raga di Sport Ground

Hari kedua, bangun pagi dengan suasana sejuk kami memutuskan untuk menikmati sunrise serta embun pagi dan dilanjutkan olah raga santai berkeliling komplek dan sport ground.

Embun di Pagi Hari
Olah Raga di Sport Ground
Terima kasih!!!

Gimana? cukup komplit kan ya staycation di Rumah Rasa Villa MS Kencana Residence kali ini, mulai dari makan enak, berkebun, BBQ, susur sungai, menginap hingga olah raga pagi. Tidak terasa waktu cepat sekali berlalu, dan kami pun harus kembali ke rumah masing-masing. Tak apa, nanti kita nginap lagi yang pasti lebih lama, hehe.

Rumah Rasa Villa Pertama di Kalimantan Barat dengan Fasilitas Waterfront, Sportground & Taman didalam Kompleknya. Alamat Jalan Desa Durian, Sungai Ambawang, Kubu Raya, dari simpang Jl. Desa Durian ini masuk sekitar 2km. More Info (WA) Kak Uchie 0895 3504 50432

Yuk staycation di Rumah Rasa Villa MS Kencana Residence!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *