Pantai Madasari, Pangandaran Jawa Barat

Sudah lama sekali tidak main ke pantai apalagi saat pagi hari, kalau biasanya berkunjung ke pantai itu sore hari untuk mencari sunset sedikit berbeda dengan perjalanan saya menyusuri pantai di bagian selatan pulau Jawa kali ini. Yap, menikmati sunrise di Pantai Madasari Pangandaran Jawa Barat dengan hangatnya sinar matahari pagi. Tempat ini adalah rekomendasi salah satu teman blogger saya bernama Ineu yang tinggal di Pangandaran, Jawa Barat. Tapi sayangnya pas disana saya tak sempat bertemu dengannya, karena waktu saya yang terbatas.

Pantai Madasari merupakan pantai pasir hitam yang letaknya tepat di Desa Masawah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran Jawa Barat kalau di maps lokasinya ada di ujung sebelah barat Kabupaten Pangandaran. Pantai ini mirip dengan beberapa pantai yang berada di bagian selatan pulau jawa seperti, Parangtritis di Yogyakarta, Lebakharjo Beach di Malang, tapi tentu saya Pantai Madasari yang masuk provinsi Jawa Barat punya ciri khas sendiri yang mempesona yaitu Pantai Madasari memiliki 11 pulau kecil di sekitar pantai.

Pantai Madasari dengan Pasir Hitam

Pantainya bersih airnya jernih langsung dari Samudera Hindia, terdapat beberapa batu besar yang ditumbuhi beberapa pohon yang mirip bongkahan pulau kecil, kadang ada ombak yang menabrak karang-karang setinggi 5-6 meter. Jika air laut sedang surut terlihat beberapa tumbunhan karang seperti rumputan laut di permukaan (dibagian ini cukup licin, harus extra hati-hati).

Madasari Beach
Lumut Pantai

Beberapa tempat seperti bongkahan batu juga menarik untuk diexplore tapi sekali lagi harus menjaga keamanan karena kemungkinan deburan ombak yang begitu kuat. Saat sampai di pantai ini terasa sepi banget, mungkin karena saya datangnya saat weekday dan pagi hari pula. Tak terlihat banyak pengunjung, tapi ada beberapa tenda di camping area yang mungkin sedang menginap disana. Oh ya di area pepohonan dekat pantai ini ternyata menyediakan fasilitas berkemah, pengunjung boleh berkemah dengan membawa masing-masing tendanya dari rumah atau menyewa ditempat dengan penduduk yang ada di sekitar pantai. Bagi yang tidak mau bercamping juga tetap bisa kesini dan ada beberapa fasilitas lainnya seperti gazebo, kantin, toilet dan mushola.

Kantin
Hanya berdua

Destinasi Wisata Pantai Madasari di Pangandaran Jawa Barat ini buka 24 jam. Jadi, kapan pun bisa datang ke pantai cantik ini. Nah, untuk tiket masuk wisata Pantai Madasari sedikit berbeda dengan lokasi wisata lain. Di sini harga tiket bukan berdasarkan jumlah pengunjung, tapi berdasarkan kendaraan yang digunakan. Untuk pejalan kaki Rp 2.500, motor Rp.7.000, mobil Rp.25.000, Bus Kecil Rp.110.000 dan Bus Besar Rp.160.000. NB: penentuan harga tiket itu tidak memperhatikan jumlah orang di dalam kendaraan.

Nah itulah, sedikit informasi singkat tentang wisata Pantai Madasari Pangandaran. Pantai yang bisa dijadikan sebagai tempat liburan yang seru dan pasti menyenangkan. Bagi kamu yang suka eksplorasi lokasi wisata, maka saat berkunjung ke Pangandaran jangan lewatkan pesona keindahan dari pantai yang satu ini.

Madasari Beach
Alamat: Jl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat 46595

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

7 thoughts on “Pantai Madasari, Pangandaran Jawa Barat

  1. Bagus banget pantai dan pemandangannya. Aku yang belum pernah kesini, jadi pengen ikutan camping juga di Pantai Madasari. Bawa keluarga kayaknya juga nyaman ya, karena ada fasilitas-fasilitas lainnya.

  2. Saya suka sekali dengan pantai, Mbak. Dan memang banyak sekali pantai indah di Jawa Barat. Salah satunya Pantai Madasari ini. Tapi memang bagusnya pergi hari biasa, Mbak. kalau weekend justru ramai, mau foto-foto saja kadang susah. fotonya bocor semua.
    Kapan-kapan ke Kebumen, Mbak. banyak pantai indah dan memikat.

  3. Anak pantai, wajib banget nih ke Madasari mbak. Mana air nya jernih ya. Langsung dari samudra hindia. Nah, apalagi kalau mainnya sama ehem ehem. Pasti makin syahdu suasananya ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *