Staycation di Jambuluwuk Resort Kota Batu

Staycation dulu yuk biar gak suntuk, buat kamu yang sedang ada di Batu atau punya rencana liburan akhir tahun, saya punya nih salah satu rekomendasi tempat nyaman untuk menikmati hari libur yang banyak fasilitas atau sarana hiburannya. Cocoklah untuk liburan sendiri atau bersama keluarga, sekalian saya mau share pengalaman menginap juga.

Bicara soal Kota Batu, mungkin selama ini sering mendengar kata “Batu Malang”, walau pun lokasinya tidak begitu jauh dari Kabupaten Malang dan memang dulunya Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang, tapi perlu kamu ketahui bahwa Kota Batu sebenarnya sudah terpisah dengan Kabupaten Malang sejak tahun 2001. Jadi perlu dicatat, Batu sudah tidak termasuk wilayah Kabupaten Malang ya, sodara-sodara!

Suasana sejuk nan asri di kawasan Batu, Jawa Timur memang selalu bikin nyaman seperti julukannya “Swiss van Java”, sama seperti saat pertama kali saya menginap di sebuah resort yang ada di Kota Wisata Batu yaitu Jambuluwuk Batu Resort & Convention Hall.

Jambuluwuk Resort and Convention Hall Batu

Saya melakukan staycation di Jambuluwuk Batu Resort ini selama 3 hari 2 malam disaat weekday. Biar gak rame, etapi selama pandemi memang tidak terlalu ramai sih. Untuk lokasi Jambuluwuk Batu Resort ini berada di Jalan Trunojoyo Nomor 99, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Dari lokasi ini kita dapat melihat kawasan Paralayang Batu. Siapa sih yang tidak kenal dengan spot olahraga paralayang ini.

Sebelum menginap saya pikir Jambuluwuk Batu ini hanya gitu-gitu aja, sama seperti di Jambuluwuk Jogja (kebetulan sudah pernah menginap di Jambuluwuk sebelumnya) ternyata saya salah. Saat tiba di lokasi, cukup kaget karena tempatnya luas banget, saking luasnya saya harus mengendarai motor untuk menuju area Kolam Renang atau Restaurant-nya dari Lobby Receptionist.

Welcome to Jambuluwuk Batu

Tapi tenang, kita tidak perlu khawatir karena di Jambuluwuk Batu telah menyediakan fasilitas Shuttle Bus dari Front Office menuju ke Villa/Kamar yang sudah kita pesan. Oh ya, menariknya lagi di Jambuluwuk Batu Resort ini penamaan Villa menggunakan nama-nama Kota yang ada di seluruh Indonesia loh. Setiap villa juga memiliki keunikan tersendiri sesuai dengan nama tempatnya.

Jambuluwuk Batu Resort punya beberapa spot andalan yang menurut saya sangat recommended banget untuk chilling dan merilekskan diri. Salah satunya ada di Jambuluwuk Social House, kawasan ini terdapat sebuah restaurant sekaligus berisi Bar & Lounge untuk para tamu. Juga di sini juga ada infinity pool yakni kolam renang di atas tebing dengan latar belakang pemandangan kawasan Wisata Songgoriti dan Gunung Arjuno.

Jika beruntung saat pagi kita dapat menikmati awan-awan tipis, dengan cuaca sejuk karena di ketinggian 1,100 mdpl. Sesekali kita juga dapat melihat beberapa orang/atlet yang sedang terjun payung atau melakukan kegiatan paralayang.

Kolam Renang
Restoran Indoor

Jambuluwuk Social bisa jadi tempat yang pas untuk sekadar nongkrong, dinner yang dibagi menjadi ruangan outdoor dan indoor, dan bahkan chilling di kolam renangnya. Selalu dibersihkan secara berkala oleh petugas. Tidak hanya itu saja, dari sini pun kita juga bisa melihat pemandangan sunrise.

Kamar Jambuluwuk Resort & Villa

Staycation saya kali ini saya memilih kamar yang bukan tipe villa karena biasanya villa ini lebih cocok untuk keluarga yang cukup ramai, di dalamnya ada kamar lagi, misalnya Villa Pontianak, terdapat 3 Bedroom Deluxe di dalamnya. Kemudian terdapat ruang tamu, ruang keluarga lengkap dengan TV, balkon, kamar mandi di setiap kamar, dan tidak ketinggalan juga ada dapur serta ruang makan. Terasa homey banget kan?

Villa Pontianak

Sedangkan tipe kamar yang saya pilih adalah DELUXE GARDEN VIEW ROOM di FR Sumatera dengan teras berdinding kebun (wall garden) yang memberikan nuansa back to nature. Jadi buat kamu yang suka banget sama Resort yang punya nuansa alam seperti saya, Jambuluwuk ini pas banget untuk jadi pilihan staycation dan memberikan keamanan privasi.

Kamar
Guest Card, Toilet, dan Aminities Hotel

Untuk segi kebersihan pun menurut saya juga selalu bersih mulai dari villa dan kamar mandi. Apalagi saya suka dengan kamar mandinya, super bersih dan nyaman. Air hangat yang dipancarkan showernya pun tidak terlalu panas dan pas. Cocok lah buat tamu yang suka banget mandi kayak saya, dan setiap mandi tidak perlu takut kedinginan dengan hawa sejuk Kota Batu.

Foods & Beverages

Soal makanan yang disajikan Jambuluwuk Batu Resort ini saya juga suka. Saat weekdays makanan yang disediakan beragam dan selalu berbeda setiap harinya. Oh ya yang paling saya suka disini adalah Jambuluwuk selalu menyajikan makanan yang paling otentik yaitu masakan Indonesia.

Soto Daging
Breakfast
Nasi Lengkap (Banget!)

Salah satu menu yang wajib kamu coba saat makan disini adalah kuliner “Sego Luwuk”, sego luwuk adalah satu diantara sajian khas Jambuluwuk Hotel and Resort yang menggambarkan betapa kayanya rempah dan hasil bumi yang dimiliki oleh Indonesia, masakan yang terdiri dari, nasi gurih, tumis daun pepaya, sambal goreng kerang, daging sapi bumbu dendeng dimana mewakili cita rasa nusantara dan aroma ikon kuliner Indonesia yang diwariskan turun temurun yang menjadi sebuah simbol kehidupan yang bersahaja, ketegaran, kerja keras, dan kedermawanan yang akan membawa kita menuju kemakmuran.

Sebenarnya tujuan dari disajkannya kuliner khas Sego Luwuk ini agar penikmatnya dapat mengobati kerinduan dan bernostalgia santapan tempo dulu yang berbalut karakter budaya dan tradisi asli Indonesia. Oh ya, Lounge dan Bar di Jambuluwuk Club House ini juga menyediakan berbagai macam minuman dan makanan seperti Wine, Kopi, Cocktail, Pancake, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Lainnya

Fasilitas lain yang bisa kamu coba di sini selain Shuttle Bus yang siap kapanpun mengantarkan kamu berkeliling hotel, juga ada fasilitas seperti Lounge, Karaoke, Sport Hall (2 Tennis Court ITF Standard, Basket, Volleyball, Badminton, Futsal, Sauna, Fitnes Center), Flying Fox, Jogging Track, ATV rides, Taman Bermain, Outbound, Ruang Rapat, Hall, Perpustakaan, dan Mushola.

Outbound

Untuk harga yang ditawarkan setiap Villa berbeda sesuai dengan jumlah kamar dan fasilitasnya. Tapi range harga per-malamnya mulai Rp. 2.445.000,- dan Rp. 3.335.000,- untuk satu villa, sedangkan kamar yang saya pilih untuk menginap disini Rp. 888.888,- (room only selama dua malam, sudah termasuk breakfast) *ini harga promo Maret 2021 via Antavaya.

Kota Wisata Batu

Nah, itulah sedikit cerita pengalaman saya selama menginap di Jambuluwuk Batu Resort Convention Hall, oh ya lokasinya juga ternyata dekat dengan alun-alun Kota Wisata Batu, sempatkan waktu untuk jalan-jalan malam dan kulineran disini ya. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Semoga bermanfaat ^^

Jambuluwuk Batu Resort & Convention Hall
Jl. Trunojoyo No.99, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65312
Instagram: @jambuluwukbatu

Share this post:

18 thoughts on “Staycation di Jambuluwuk Resort Kota Batu

  1. Suasananya nyaman banget ya. Cocok buat refreshing tuh. Soalnya saya lebih suka traveling ke pegunungan ketimbang ke pantai, jadi saya rasa Jambuluwuk Resort ini cocok banget lah dengan suasana yang saya inginkan.

    Kolam renang di atas tebing, tentu sensasinya berbeda ketika berenang di kolam renang biasa ya Mba.

    Bagus banget aseli deh. kalo deket mah, pasti udah tak samperin ngajak anak-anak sekalian. Duuuuh bikin ngiler bae dah ah Mba Siti

  2. Cocok banget untuk berlibur hotelnya. Bisa menginap sekaligus melepas penat sambil menikmati pemandangan. Semoga suatu saat bisa menikmati udara sejuk di Kota Batu

  3. Resort Jambuluwuk benar2 homey banget dengan view menarik. Sarapannya bikin ngiler, cocok di lidah nusantara. Kalau ke Batu Jawa Timur kudu nginap di sini nih.
    Makasih informasinya mba, langsung masuk list.

  4. Lama sekali ga baca artikel review hotel dan fasilitasnya. Hem… Mulai muncul artikel begini tandanya pandemi segera berakhir nih. Aamiin…
    Kota Batu sudah lama jadi destinasi wisata. Sayang keburu datang covid-19 batal deh semua rencana ke Jatim

  5. Wiih suasananya nyaman bgt. Kolam renangnya itu bikin saya pgn rendam lama, cz bersih bgt. Nah yg paling saya lirik sih makanan itu. Menu2 sego luwuk bikin ngiler deh

  6. Wah, saya baru tahu klo Batu sudah terpisah dari Kabupaten Malang, Mbak. Makasih ya infonya.
    Terakhir ke Batu udah lamaaaa banget, puluhan tahun yg lalu, tetapi masih ingat betapa sejuknya udara kota ini. Insya Allah klo diizinkan ke sini lagi pengen nginap di Jambuluwuk.

  7. Kenapa waktu aku ke Malang dulu blm tau ada ini. Huhuhu 🙁
    Aku dulu ke daerah batu bingung bet mau ke mana dong wkwkwk. Akhirnya yaudah itu mah gitu2 aja wisatanya wkt itu. Mana abis di jalan doang gara2 kan aku nginepnya di Malangnya. Wkwkwk.

    Suasana resortnya enak banget ya itu, mana cocok banget sama sejuknya kota batu. Apalagi ada fasilitas kegiatan outdoornya. Makin2 betah.
    Salah satu enaknya staycation selain tempatnya juga enaknya bisa icip2 makanannya ya mbak.
    Duh, kapan yaaa aku bisa staycation lagi. Semoga segera bisa lg😁

  8. ka vibesnya positif banget ya, pengen pergi ke sana buat nginap dan udah lama ga staycation selama pandemi ini, duh semoga someday bisa nginap ke sana setelah aman

  9. Menu sarapannya nampak enak-enak hahaha salah satu yang saya sukai klo staycation adalah mengincar menu sarapannya 😀

    Fasilitas oke banget ya, seru juga menginap bareng keluarga pas ke liburan ke Batu.

  10. Lihat penampakan resortnya saja sudah nyaman dan meneduhkan sekali. Pastinya hepi banget bisa staycation di Jambuluwuk Resort ini.

    Noted-lah, bisa jadi referensi tempat nginap yang nyaman jika berlibur ke Kota Batu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *