Wisata Murah di Kenjeran Park Surabaya

Wisata Kota yang saya kunjungi kali ini termasuk jalan-jalan yang bisa dibilang dengan biaya paling murah, yakni dengan harga Rp.15.000,- (termasuk satu motor dan 2 orang pengendara) sudah bisa keliling dan mengunjungi beberapa spot cukup instagrammable di Surabaya.

Yap, KENJERAN PARK SURABAYA, bagi masyarakat Surabaya pasti sudah tidak asing dengan tempat wisata yang sempat hits pada masanya ini. Kenjeran Park atau sering disebut KenPark ini memeliki beberapa objek yang mirip-mirip di luar negeri seperti pagoda, patung budha empat wajah, hingga vihara besar di tepi pantai yang masih digunakan sebagai tempat beribadah.

Sebelum melakukan perjalanan pulang ke Semarang, saya sempat menginap satu malam dulu di Surabaya jadi sempatkan belanja, kulineran, hingga explore ke beberapa tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya (yang dekat-dekat aja sih). Yess saya kesini karena alasan penasaran.

Memang tidak berekpetasi apa-apa sih sebelum ke sini, hanya lihat-lihat beberapa reviewnya di google, jadi saya sedikit banyak tahu kalau beberapa tempat yang katanya sudah mulai terbengkalai. Oke saya buktikan saja.

Pagoda Tian Ti

Jadi saat masuk gerbang KenPark ini ada loket masuknya, lokasinya memang cukup besar cocoklah untuk jalan-jalan santai, saya juga menemukan beberapa warga lokal yang sedang olahraga seperti joging atau main sepeda. Spot pertama yang saya kunjungi adalah Pagoda Tian Ti.

Pagoda Tian Ti KenPark

Sekilas memang mirip dengan Temple of Heaven yang ada di China, yap memang kabarnya terinspirasi dari sana sih. Bangunannya sangat megah dan cantik memang, tapi tidak memiliki fungsi seperti namanya “Pagoda”. Pagoda Tan Ti, dibangun hanya untuk mempercantik Kawasan Kenjeran saja.

Pagoda Tian Ti lebih dekat

Menurut saya kalau untuk foto-foto ala instagrammable cock juga dengan warna-warna arsitektur Tiong Hoa apalagi jika diambil dengan view drone. Sekitar pagoda ini ada beberaapa semak-semak rerumputan atau bunga bougenville kalau lagi mekar atau musim kering sepertinya cantik untuk foto preweding kan, tinggal mencari angel yang pas dan ditambah sentukan visual edit saja. Tjakep!

Patung Budha Catur Muka

Lanjut ke spot selanjutnya adalah Patung Budha Catur Muka, spot ini sekilas juga mirip dengan beberapa lokasi di negeri gajah putih, yap Thailand. Jadi gak perlu jauh-jauh ke Thailand ya kalau mau punya foto ala-ala seperti ini.

Patung Buddha Catur Muka

Dinamakan Budha Catur Muka, sepertinya karena patung budha disini memiliki wajah empat yakni kiri kanan depan dan belakang. Dengan warna emas, serta ditepatnya di bangunan juga memiliki warna yang sama menjadikan tempat ini cocok untuk berswa foto, apalagi saat sore dimana matahari dengan cantiknya menambah warna keemasan seolah-olah bangunan ini bersinar.

Klenteng Sanggar Agung

Tidak jauh dari Patung Budha Catur Muka, tepat berada di depannya ada sebuah klenteng bernama Klenteng Sanggar Agung, siapa saja boleh masuk tapi jalur untuk pengunjung biasa dengan pengunjung yang ingin beribadah berbeda. Karena tempat ini masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah, jadi perhatikan petunjuk jalannya ya.

Klenteng Sanggar Agung, KenPark

Siapa saja boleh masuk, yang penting tetap tertib dan menghormati orang yang sedang melakukan ibadah ya. Spot yang penarik bagi saya adalah gerbang langsung ke laut ini. Di atasnya ada patung dewi kuan im, dengan dua naga (naga air dan naga api), kemudian ada empat dewa lainnya, dua dikiri dan dua di kanan. Ada yang tahu dewa apakah itu?

Itulah beberapa spot yang sempat saya kunjungi, di sekitar kenjeran ini sebenarnya juga ada beberapa spot kulineran tapi masih belum banyak yang buka, kelihatan sepi (mungkin masih efek pandemi). Kamu pernah ke sini juga? Kalau belum, sila mampir, wisata kota di Surabaya yang menurut saya terjangkau ini rekomended untuk dikunjungi.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *