Dayo Ai, Desa Wisata Bagak Sahwa Singkawang

Bosen ah mandi gerakannya itu-itu aja, eh maksudnya bosen mandi di rumah soalnya udah lama nggak mandi di alam gitu, hehe. Mumpung masih di Kota Singkawang, mari cek aplikasi Google Maps dan mencari adakah sebuah riam/air terjun yang bisa mandi bak bidadari turun dari khayangan.

Oooo pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata ada loh lokasinya sekitar 20 menit dari pusat Kota Singkawang.

Sebenarnya gak bisa juga dibilang riam atau air terjun juga sih, tapi seperti sungai yang dibuat kolam dengan air mengalir dari pegunungan, lokasinya memang sekitar pegunungan passi sih (itu loh, perusahaan minuman di Kota Singkawang), nah bisa jadi ini adalah aliran sungainya.

Wisata Alam Dayo Ai
Jembatan Menuju Lokasi Dayo Ai

Oleh penduduk sekitar dibuatlah menjadi desa wisata, namanya Wisata Alam Dayo Ai, tepatnya di Jalan lintas Singkawang-Bengkayang, Desa Wisata Bagak Sahwa Singkawang Timur. Untuk sampai di lokasi ini gak seluruhnya bisa dilalui sepeda motor ya, kita mesti jalan kaki lagi dari tempat parkir sekitar 5 melit (Oooo gak lama lah itu).

Lokasi ini juga menjadi tempat pemandian yang asik, tak jarang beberapa anak-anak penduduk sekitar bermain di kolam pemandian ini.

Riam Singkawang
Kolam Pemandian Dayo Ai

Kolam pemandian dengan air yang jernih dan dingin ini dinamakan Dayo Ai bukan tanpa alasan, karena menurut penduduk yang tinggal di lokasi ini Dayo Ai adalah bahasa Dayak yang artinya sebuah sungai yang jernih dengan pemandangan yang eksotis, sedangkan kata Dayo artinya di atas dan Ai artinya air.

Jadi, dapat disimpulkan nama Dayo Ai memiliki makna air yang berada di atas.

Suasana alamnya sangat sejuk, segar karena hutan tropis masih cukup luas. Jauh dari polusi dan bisingnya kendaraan, cocoklah membunuh rasa bosan mandi yang gitu-gitu aja.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published.