Gereja Katedral Santo Yosef Pontianak

Siang-siang di tengah kota yang agak bercuaca panas, saya dan beberapa teman lintas iman se-tanah kelahiran memutuskan untuk #ExplorePontianak, tapi tempat yang kami kunjungi adalah Masjid, Vihara, dan Gereja. Tujuannya, yaa agar bisa saling guide apalagi untuk yang belum pernah/pertama kali mengunjunginya~

Nah, khusus di artikel ini saya akan menuliskan pengalaman pertama saya juga masuk dan melihat ke dalam gereja Katolik dengan arsitektur klasik Eropa yang berdiri megah di tengah Kota Pontianak bernama Gereja Katedral Santo Yosef atau Gereja Keuskupan Agung Pontianak.

Gereja Katedral Santo Yosef (Foto: yeyekoresy)

Gereja yang terletak di Jalan Patimura Kota Pontianak ini memang benar-benar megah, seiingat saya bangunan ini sebenarnya juga bangunan baru setelah direnovasi beberapa tahun lalu yang diresmikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat Bapak Cornelis (kala itu).

Selama ini saya hanya lewat-lewat di depannya saja, selalu penasaran bagaimana kondisi serta suasana di dalamnya, meskipun banyak saya lihat beberapa foto di sosial media atau foto-foto preweding/year book anak sekolah yang dilakukan di lokasi ini.

Saat pertama kali saya mengunjungi lokasi ini, kebetulan di Gereja Katedral Santo Yosef sedang tidak ada kegiatan ibadah atau pun acara lainnya. Biasanya akan ramai sekali kalau ada kegiatan seperti Natal, Misa, Pembabtisan, hingga Pernikahan.

Pintu utama tidak dibuka, jadi kami lewat pintu samping dari tempat parkir motor yang ada di basement. Ada banyak memang pintu di gereja ini, ukurannya pun besar-besar pula. Kemudian beberapa ruangan khusus yang tertutup.

Gereja Keuskupan Agung Pontianak

Tak diperlukan lampu saat siang hari, kaca-kaca jendela berukiran kisah keagamaan menembuskan cahaya hingga masuk ke dalam ruangan. Bak di film-film mancanegara.

Banyak lukisan beberapa diantaranya menceritakan banyak kisah. Kalau diceritakan semua, mungkin satu hari itu tidaklah cukup. Pada bagian-bagian tertentu terdapat pula ukiran ornamen bernuansa Dayak dan Tionghoa.

FYI, arsitekturnya ini juga yang merancang Masjid Raya Singkawang loh, namanya Ricky.

Multi Siahaan dan Isa Oktaviani

Beberapa sudut gereja yang belum pernah saya lihat pun bisa saya dokumentasikan, diantaranya Plaza Maria. Aroma di sini wangi, karena terdapat kolam kecil yang berisi bunga-bunga asli serta lilin kecil.

Plaza Maria
Nama Donatur

Gereja Katedral Santo Yosef Pontianak
Jl. Pattimura Indah No.195, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78011
Instagram: gerejakatrealpontianak

Share this post:

1 thought on “Gereja Katedral Santo Yosef Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *