Es Krim Angi alias Es Krim Petrus

Pecinta kuliner es krim mana nih suaranyaaaa!! 👋👋

Mumpung cuaca di Kota Pontianak yang akhir-akhir ini puanass poolll, mending dinginin dulu di Es Krim Angi, yess kudapan kuliner es krim homemade segar dan legendaris ini sudah sangat terkenal di Kota Pontianak.

Meski sudah lama dan sudah cukup terkenal, namun baru sempat sekarang saya menuliskannya, ga apa-apa lah ya, sekalian update informasi terbarunya ya, hehe. Saya rasa ini juga sudah kesekian kalinya datang ke tempat ini, dari segi suasana dan rasa es krim yang tak pernah berubah.

Sekolah Santu Petrus

Yap, namanya Es Krim Angi, lokasinya berada tepat di depan Sekolah Santo Petrus, jadi es krim ini juga sering disebut Es Krim Petrus dan tidak buka cabang dimana pun. Sejak dulu tempat ini merupakan favorit anak-anak sekolah, jajan sambil makan es krim.

Kedai yang sudah berdiri sejak tahun 1950an artinya sudah lebih dari 70 tahun, sajian resep keluarga sekarang sudah generasi ketiga yang diteruskan ke anaknya. Es Krim Angi ini tidak pernah luput dari must-visit-list wisatawan dalam negeri dan luar negeri kalau datang ke Kota Pontianak.

Es Krim Angi atau Es Krim Petrus tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat jam makan siang atau jam bubaran sekolah. Selain anak sekolah, banyak juga pengunjung yang membawa anak dan cucunya makan di sini untuk bernostalgia lewat seporsi es krim favorit kakek-neneknya.

Suasana di Es Krim Angi

Suasana tempat Es Krim Angi ini memang sederhana, menempati teras rumah dengan kursi dan meja kayu bak kantin di sekolah-sekolah. All outdoor alias gak ada ruangan ber-AC.

Tapi tenang walaupun outdoor disediakan juga kipas angin, dan sebenernya terasnya Es Krim Angi ini pun sudah cukup teduh karena banyak tanaman dan pohon yang rimbun.

Kedai ini seperti tidak berubah dan bertambah tua. Begitu saja, sederhana sejak dulunya.

Saat masuk, sebelum duduk kita bisa pesan dulu. Kita akan dilayani petugas dengan seragam kaos bergambar ilustrasi ‘es krim angi’, oh ia nyaris semua pelayannya cowok.

Tampangnya ramah dan menawarkan beberapa menu favorit di kedai ini, kerjanya juga cepat. Kita pun dapat melihat proses mereka meracik atau memadukan es krim yang kita pesan. Selain es krim ada juga kue-kue jajanan tradisional/snack lainnya, tapi kue-kue ini titipan ya jadi harus dibayar dulu.

Jajanan Tradisional/Snack
Plang dan Menu Es Krim Angi

Setelah melihat daftar menu, yap pilihannya banyak tinggal tunjuk saja mana yang sesuai selera, bisa campur-campur juga, bisa tanpa topping atau polosan, ukuran dan harganya pun macam-macam seperti: cup Rp.15.000, gelas Rp.27.000, kelapa Rp.27.000, dan box Rp.120.000. (Harga, Mei 2022).

Sedikit catanan, biasanya pelayan akan ngasi tau dulu mana varian rasa yang ready atau nggak, kadang-kadang memang sudah habis atau dalam proses pembuatan, dan kadang memang sedang tidak musim terutama rasa durian dan cempedak. Iya, cempedak! bentuknya mirip buah nangka itu, lho. Pernah makan enggak? Rasanya enak!

Nah, saya sendiri memesan Es Krim Angi dengan tiga pilihan rasa yaitu Cokelat, Vanilla, dan Strowberry dengan topping lengkap (cincau, agar-agar, kacang merah) menggunakan mangkok buah kelapa muda yang dibagi dua.

Oh iya, menariknya untuk topping-nya sendiri ditaro di bawah es krim bukan di atasnya. Jadi saat makan kita seperti menggali harta karun di dalamnya, hehe.

Kondimen Es Krim Angi

Menyantap es krim yang dingin saat Pontianak yang panas adalah sebuah kenikmatan ter-hakiki. Lezat banget kan kelihatannya? Enggak cuma kelihatan, tapi rasanya memang lezat. Saya saja menulis ini sambil menelan liur.

Satu Porsi Es Krim Angi pakai Mangkuk Kelapa, Rp. 27.000,-

Harga Es Krim Angi menurut saya tidak terlalu mahal dan sebanding dengan rasanya. Es Krim Angi menyajikan es krim yang lembut dan tidak kemanisan, mirip gelato tapi dengan kearifan lokal.

Apalagi tempatnya yang menggunakan batok kelapa muda, jadi kita bisa sambil keruk tipis-tipis daging kelapa muda yang tak kalah segarnya. HEERLIJK!

Cup Es Krim Angi Rp.15.000,-

Oh iya, kamu juga bisa bawa pulang Es Krim Angi sebagai oleh-oleh kok, nanti es krimnya akan dikemas dalam kotak khusus agar tahan lama dan tidak mudah mencair.

Buat penggemar es krim dan dessert pokoknya wajib deh datang kesini.

Enaknya sih makan ditempat ya, apalagi mengunjungi tempat ini dengan suami/pacar. Soalnya ketika sore menjelang malam, suasana tempatnya semakin romantis karena adanya lampu kecil dari pinggir jalan menghiasi pepohonan yang rimbun.

Sambil menyendok es krim, bercerita, berdua saja ❤️.

Es Krim Angi alias Es Krim Petrus
Jl. Karel Satsuit Tubun No. 8, Akcaya, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78121
Instagram: eskrimangi
Jam Buka Setiap Hari : Pukul 08.00 – 21.00

Share this post:

25 thoughts on “Es Krim Angi alias Es Krim Petrus

  1. Alhamdulillah udah pernah kesana juga, meski baru satu kali hehehe,

    Rame banget apalagi kalo dateng pas siang sedang hareudang2nya…

  2. Es krim angina bikin ngiler mba.. unik banget disajikan dengan tempurung kelapa begitu. Menjadikannya unik sekaligus sustainable. Anak-anak auto suka yaa

  3. Untung meski papan namanya ketutupan pohon tapi lokasinya bisa ditemukan karrna dekat sekolah terken ya kak. Btw aku penasaran sama yang variant ketan hitam hehe

  4. Nampak sekali es krim yang lembut dan sedap nih. Dan lain dari pada yang lainnya karena topinya ada di bawah, bukan di atas. Bener banget, seakan mencari harta karun nih.

  5. Halo Mbak, salam kenal dari Banyumas Jawa Tengah. Menarik banget nih es krimnya. Apalagi penyajiannya itu unik. Di sini juga ada jenis jualan es krim seperti itu, namun masih memakai gelas plastik biasa. Tempatnya juga lebih kecil.

  6. Wah lucu ih toppingnya malah di bawah terus wadahnya batok kelapa. Harganya juga ngga mahal. Kalo di tempaku ada namnanya es teler Dempo, itu juga depannya SMA Dempo gitu. Dan ramenyaaaa, sama deh kaya es krim angi ini.

  7. Waduh mana tega ini menikmatinya haha..
    Yang ada nambah-nambah aja dah, apalagi varian rasanya itu disuka

  8. Es krimnya uniknya karena toppingnya bukan diletakkan di atas tapi malah dibawah. Sebagai pecinta es krim pastinya saya ngiler banget nih berasa pengen cobain juga es krim Angi ini. Btw iya buah Cempedak penampakan dan rasanya mirip nangka tapi kalau saya sih rasany emang lebih enak Cempedak.

  9. Wow seger dan unik banget loh ini es krimnya diwadahin di batok kelapa, wajib coba kalo traveling ke sana nih

  10. Es Krim legendnya Pontianak yah..
    Melihat teksturnya yang lembut, terbayang kesegarannya jajan es krim angi di siang hari sekaligus nongki makan jajanan pasar.
    Asik yah~

  11. Plisss terus ratjunin aku dengan berbaagai tempat seru dan kuliner enak di Pontianak, dong! Bikin aku makin pengin mampir ke blog kamuuu. Haha. Seru-seru banget rekomendasinya, deh! 😀

  12. Kombinasi yang asik banget sih, es krim yang melimpah ruah dengan toping dan batok kelapa muda. Jadi pengen cobain secara langsung jika berkesempatan main-main kesana. Harus siap antri juga sih sepertinya nanti, soalnya rame dan populer banget dari cerita yang Mbak Siti Tuliskan.

    Thanks for sharing Kak

  13. Waduu… Melihat foto-foto nya jadi ngiler nih, sepertinya enak banget. Sayang belom pernah ke Pontianak walau pernah lama tinggal di Kalimantan. Semoga satu hari nanti bisa nyobain es krim ini…

  14. Penyajian es krimnya unik banget, pakai batok kelapa muda
    jadi makan es krim bonus daging kelapa muda ya
    Tampak menggiurkan banget ini

  15. Jadi kalau aku berkesempatan untuk mampir ke warung Es Krim ini, aku pasti bakal milih porsi Es Krim Angi yang pakai kelapa.. itu ngawasin fotonya aja udah mupeng banget, Mbak.. Es krimnya kayaknya lembut banget terus ada perpaduan aroma kelapa muda. Duh pasti enak.

  16. Aduduuu… aku jadi pengin nih ikutan nongkrong di Es Krim Angi situ. Ngobrol dan menikmati es krim aduhaiii sedapnya. Favoritku yang rasa ketan hitam, pasti enak banget nih di Es Krim Angi ini rasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *