Kuliner Khas Jawa Tengah di Soto Semar

Sewaktu diajak makan di sini pertama kali di Soto Semar, hal pertama yang terlintas di benakku adalah, “Wah, ini pasti soto legendaris khas Jawa Tengah banget!”, dari namanya saja sudah Semar, itu loh salah satu karakter pewayangan.

Saya jadi ingat sama mendiang mbah lanang saya, beliau senang sekali melukis karakter pewayangan, seperti Petruk, Gareng, Semar, Bagong. Waktu kecil saya sering diceritakan tenang kisah-kisahnya 😊

Anyway, Soto Semar ini ada dua cabang, yaitu di Kuala Dua dan di Jalan Gusti Johan Idrus (Jalan Sumatera), yang saya datangi ini ada di Jalan Gusti Johan Idrus, tidak jauh dari POLRES Kota Pontianak, tepatnya di pertigaan Jalan Subarkah Kota Pontianak.

Pagi menjelang siang kala itu cukup ramai di Soto Semar. Kebanyakan karyawan kantor gitu, atau keluarga yang membawa anak-anaknya untuk makan siang.

Menu Soto Semar

Menu makanan dipajang di dinding warung. Pilihan makanan utamanya tentu saja soto (karena diletakkan paling atas) seperti soto ayam, soto daging sapi, soto unyil, soto paru, kemudian ada tengkleng, krengseng, dan gulai. Sisanya mendoan, tahu goreng, dan sate-satean.

Soto Daging Sapi Rp.11.000,-/porsi

Soto di sini punya citarasa yang beda dari soto-soto lainnya. Kuahnya bening dan gurih. Racikan bumbunya pas banget di lidah! Di dalam soto ada irisan daging sapi, tauge, kentang, bihun, daun bawang, dan bawang goreng.

Soto Unyil, Rp.6.000,-/porsi

Nasinya dibuat terpisah, tapi kalau mau yang pesan dicampur bisa pesan soto unyil, dengan ukurannya cenderung lebih kecil dan harganya pun lebih hemat hanya Rp.6.000,-/porsi. Saya juga memesan medoan, ukurannya juga cukup besar dengan beberapa biji cabe, disajikan pas lagi hangat.

Mendoan Semar Rp.3000,-/buah

Pelengkap lainnya seperti Djajanan Sate terletak di tengah warung, mirip angkringan jadi bisa ambil sendiri. Harganya Rp.2000,-/tusuk, tersedia sate telur puyuh, sate ampela, sate usus, dan sate ati.

Djajan Sate Soto Semar Rp.2.000,-/tusuk

Selain soto, sate, dan mendoan, saya juga mencoba beberapa menu yang agak berat nih yaitu Tengkleng Sapi dan Gulai Kambing. Tengkleng ini merupakan hidangan potongan tulang iga sapi atau kambing khas Solo, dengan kuah kental berempah dan agak pedas.

Tengkleng Sapi Rp.25.000,-/porsi

Gulai kambingnya juara! Dari warna kuah gulainya sudah begitu mengundang selera makan. Daging kambingnya begitu mudah terlepas dari tulangnya dan gurihnya bukan main.

Hanya dengan kuah gulai saja, bisa menghabiskan satu porsi nasi, begitu enaknya dahnini baru kuahnya loh. Gulai di sini memang menjadi salah satu top spot untuk pencinta gulai. Terutama gulai kambing, tapi jangan kebanyakan ingat kolesterol, haha 🙈

Gulai Kambing Rp. 22.000,-/porsi

Untuk kamu yang ingin merasakan soto dan kuliner lainnya dengan cita rasa khas Jawa Tengah di Kota Pontianak yang sesungguhnya, saya merekomendasikan restoran ini untuk kamu! Rasanya gurih dan nikmat, harganya juga (beneran) ramah di kantong!

Langsung meluncur ke Soto Semar saja! Kalau di pusat kota, Soto Semar ini terletak di Jln. Gusti Johan Idrus (Simpang 3 Jl. Subarkah), tidak terlalu jauh dari POLRES Kota Pontianak.

Udah yaa, gitu aja. Jangan lupa makan siang, uwuw.

Soto Semar Pontianak
Instagram: sotosemar
Alamat: Jln. Gusti Johan Idrus (Simpang 3 Jl. Subarkah) Pontianak
Buka: Setiap hari, pukul 06.00 – 21.00

Share this post:

6 thoughts on “Kuliner Khas Jawa Tengah di Soto Semar

  1. Nyimak artikel ini malem-malem jadi laper. Padahal barusan udah makan. Penasaran sama tengkleng. Dari visual udah menggugah selera banget. Dimakan sama nasi anget plus krupuk enak kayaknya.

  2. Sotonya bikin ngiler. Kuahnya penuh. Gulai kambingnya juga. Auto kenyang nih makan di sana. Eh lucu juga ya namanya. Soto semar. Jadi penasaran sama rasanya

  3. ya ampun jadi kangen bangettt makan sotoo kayak gini, hehe.. kalau di jawa timur, koya jadi bahan wajib ehh. makin gurih dan nikmat sotonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *