Liburan Singkat dengan Mengunjungi Tempat Wisata di Penang

Jika kamu hanya memiliki waktu singkat untuk berlibur tapi ingin liburan ke luar negeri, Penang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan weekend-mu yang singkat. Misalnya, pergi jumat malam atau sabtu pagi, lalu kembali di hari minggu. Singkat namun tetap berkesan.

Penang merupakan negara bagian yang terletak di sebelah timur laut Semenanjung Malaysia dengan Ibu Kotanya Georgetown. Karena kota Georgetown ini ditetapkan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO jadi, sudah pasti tempat wisata di Penang ini kebanyakan adalah bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur yang indah.

Untuk menuju Penang, ada beberapa alternatif, yaitu lewat darat dan udara, namun jika liburanmu sangat singkat, memang lebih baik menggunakan jalur udara karena sudah banyak kok maskapai-maskapai yang menyediakan rute ke sana. Tak percaya? Silakan saja cek di Traveloka.

Ada banyak tempat wisata di Penang yang bisa kamu kunjungi, namun agar liburan singkatmu tak terbuang sia-sia dan dapat menjelajah penang, berikut beberapa referensi destinasi tempat wisata di Penang untuk kamu.

Pertama, kamu bisa mengunjungi Pinang Peranakan Mansion. Ini merupakan rumah mewah jaman dulu kala, diabad 19. Merupakan rumah peninggalan kaum peranakan elit Thionghoa, di sini kamu bisa menikmati banyaknya barang-barang antik dan mewah yang di pamerkan di rumah ini. Letaknya di 29 Church Street, Georgetown, dengan biaya masuk 20 MYR, cukup mahal memang, namun untuk kamu si penyuka benda seni, semuanya tak sia-sia kok.

Dari Chruch Street, kamu bisa berjalan sedikit dan berbelok ke jalan King Street. Di sini kamu bisa menemukan Nin Yong atau King Street Temple. Tempatnya tidak terlalu besar, namun kuil ini telah berusia lebih dari satu abad.

Dari King Street kamu bisa melanjutkan ke Gat Lebuh China. Di sini terdapat gedung tua yang bernama Wisma Kastam yang difungsikan sebagai Custom Departement (Departemen Bea dan Cukai). Dibangun pada awal abad ke 20, dulunya bernama Malayan Railway Building. Uniknya, bangunan ini sempat dijuluki dengan sebutan “the only station in the world without a railway”. Karena memang para penumpang yang sudah membeli tiket di sini harus menyebrang dengan menggunakan Ferry untuk mencapai peron di kawasan Prai.

Bangunan tua ini memiliki arsitektur bergaya Inggris lengkap dengan menara jamnya. Kamu bisa berfoto di sini sambil menyantap jajanan yang dijual di pinggir gedung ini. Puas menyantap jajanan, kamu bisa menyambangi Mesjid Melayu Lebuh Acheh.

Mesjid Melayu Lebuh Acheh merupakan masjid tertua di Penang yang didirikan pada tahun 1801 dan menjadi tempat wisata di Penang karena Mesjid ini sebenarnya di bangun oleh putra asli Aceh yang datang ke Penang sesuai dengan undangan dari Francis Light. Putra Aceh tersebut bernama Tengku Syed Hussain bin Abdullah Rahah Al-Adid yang makamnya pun terdapat di dalam kompleks masjid ini. Sesuai dengan pendirinya, Masjid Melayu Lebuh Acheh ini merupakan perpaduan arsitektur Aceh dengan Melayu dan Arab.

George Street Art adalah tempat wisata selanjutnya yang wajib Anda datangi, karena mural disini menggabungkan lukisan dengan benda nyata seperti sebuah mural karya Ernest Zacharevic, seorang seniman muda asal Lithuania yang berjudul “Little Children On a Bicycle”. Sebuah mural dua orang anak kecil yang sedang menaiki sepeda, dan sepedanya tersebut merupakan sepeda betulan yang disandarkan di dinding. Kamu bisa berfoto dengan gaya kreasi sendiri seperti misalnya sedang mendorong sepeda, atau pura-pura tertabrak sepeda tersebut. Seru, kan?

Memiliki waktu libur yang mepet bukan berarti kamu Cuma bisa leyeh-leyeh di kasur saja, kan. Banyak yang bisa kamu lakukan contohnya ya liburan singkat ke Penang ini!

Be Sociable, Share!
  • Anik

    Tempatnya klasik. Bagus mbak :) Btw, salam kenal ya :)

    • Siti Mustiani

      Thank you mbak Anik, iyaa salam kenal juga

  • Rani

    tempatnya bagus, itu gambar lukisan ayunan terlihat asli orangnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *