Rumah Betang Ensaid Panjang

Buat kamu yang sedang jalan-jalan di Kabupaten Sintang dan mencari wisata selain mendaki di Bukit Kelam, kamu juga dapat mengunjungi rumah budaya Rumah Betang Ensaid Panjang rumah asli masyarakat suku dayak di Sintang ini diami sekitar 40 kepala keluarga dimana hingga kini mereka masih mempertahankan tradisi turun-temurun hidup dan tinggal di rumah betang.

Arsitekturnya yang sederhana dengan nuansa dekat dengan alam, dengan panjang bangunan 118 meter dan lebar 17 meter, rumah adat berbentuk panggung ini memiliki tinggi sekitar 12 meter, dengan jarak lantai kayu dari tanah sekitar 2 meter.

Di Rumah betang ini, wisatawan masih bisa melihat proses pembuatan kain tenun secara tradisional yang dilakukan masyarakat asli suku dayak, mereka mewarisi kemampuan ini dari nenek moyangnya.

Warna cantik dan cerah membuat banyak orang tertarik untuk membelinya. Apalagi dapat dilihat secara langsung proses pembuatannya dan dibeli di daerah aslinya. Menarik bukan?

Kehangatan dari warga rumah betang dalam menyambut tamu itulah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan dan peneliti dari luar negeri yang tinggal lama di rumah betang untuk mengikuti keseharian masyarakat adat.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *