Rumah Produksi Kue Bingke Khatulistiwa

Saya yakin disetiap daerah pasti punya keistimewahan masing-masing, apalagi dalam kulinernya. Salah satunya di Kota Pontianak, kota kelahiran saya yang kerap disebut surganya wisata kuliner karena keanekaragaman berbagai macam makanan khasnya, satu diantara yang paling favorit dan sering dijadikan oleh-oleh adalah Kue Bingke Pontianak.

Kue Bingke atau Bingka adalah makanan khas rumpun Suku Melayu yang dulunya dijadikan sebagai menu untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri saja, sekarang sudah dijadikan oleh-oleh khas dari Kota Pontianak. Kue Bingke Melayu terbuat dari bahan utama telur, susu, santan dan gula pasir. Penasaran seperti apa?

Nah, pada hari Jumat 16 Oktober 2020 kemarin saya bersama teman-teman GenPI Pontianak berkesempatan untuk mampir di salah satu tempat produksi Kue Bingke yang ada di Kota Pontianak saat Pelatihan Pemandu Wisata Kuliner dan Belanja, yaitu Bingke Khatulistiwa.

Rumah Produksi Bingke Khatulistiwa

Rumah Produksi Bingke Khatulistiwa terletak di Jalan Adi Sucipto No.155 Pontianak dan memiliki cabang di Jalan Imam Bonjol No. 69 A Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Semua peserta yang datang dapat bertemu dengan owner Bingke Khatulistiwa yaitu Ibu Ira, dimana kita diajak untuk melihat semua proses pembuatan mulai dari adonan, memanggang, hingga mengeluarkan dari cetakannya.

Proses Pencetakan Bingke

Kue Bingke merupakan kue yang terbuat dari tepung beras, telur, gula pasir serta santan kelapa yang dicetak mennggunakan cetakan berbentuk bunga atau daun semanggi. Proses pembuatan bingke melalui dua tahapan. Pertama dipanggang di atas kompor biasa, kemudian yang kedua dipanggang dengan menggunakan oven.

Proses Memanggang

Meski harus melalui dua proses pemanggangan, pembuatan kue bingke ini ternyata tidak memakan waktu terlalu lama. Waktu pemanggangan hanya menghabiskan selama kurang lebih 30 menit, hingga kue bingke siap disantap saat hangat.

Packaging Kue Bingke
Bingke Berendam Khas Kota Pontianak masih di dalam cetakan

Bingke memiliki cita rasa yang khas manis, kini sudah memiliki berbagai macam variasi yang disajikan oleh penjual. Mulai dari Bingke Berendam, Bingke Susu, Bingke Pandan, Bingke Durian, Bingke Ubi dan masih banyak varian lainnya.

Ini Kue Bingke Berendam
Mencicipi Kue Bingke Khatulistiwa
Aneka Varian Rasa Bingke Khatulistiwa

Harga dari kue bingke pun beragam, tergantung dari varian rasa yang disajikan. Oh iya, varian rasa yang juga kami coba saat mampir di rumah produksi bingke ini ada rasa yang paling baru yaitu Bingke Asin yang berisi potongan daging dan sayuran, lebih enak jika diberi tambahan saus sambal sebagai pelengkapnya.

Alamat Bingke Khatulistiwa

Di Kota Pontianak, di mana-mana ada penjual Bingke Pontianak. Biasanya terdapat di tengah kota maupun dekat bandara. Paling banyak ditemui di sepanjang Jalan Imam Bonjol atau Adi Sucipto. Namun rekomendasi saya sendiri untuk Bingke Pontianak terenak ada di Bingke Khataulistiwa yang merupakan toko Bingke Pontianak pertama di Kota Pontianak dan sudah generasi ke tiga, tepatnya di jalan Adi Sucipto buka setiap hari 24 jam.

Sekotak Bingke Pontianak mulai 16ribu hingga 25ribu, tergantung varian rasa yang diinginkan. Kalau andalan saya adalah Bingke Berendam, itu paling nikmat dan sudah bikin kenyang. Sekotak bingke berendam sungguh nikmat, dengan tekstur yang lebut dan yummy ibarat kesempurnaan kota kelahiran saya ini. Maka dari itu, salah satu yang menjadi alasan untuk pulang adalah Bingke Pontianak ini.

Untuk kalian, mari berkunjung ke Kota Pontianak, dan rasakan kenikmatan Kue Bingke Pontianak.

Bingke Khatulistiwa Pontianak
Rumah Produksi Bingke Khatulistiwa Pontianak Jln. Adi Sucipto No.155
Kota Pontianak , Provinsi Kalimantan Barat – Indonesia
📞081345500095 📲 081345979772
Rumah oleh-oleh sejak tahun 90an

Be social share!

15 thoughts on “Rumah Produksi Kue Bingke Khatulistiwa

  1. Saya suka banget menikmati kue-kue tradisional semacam kue bingka ini. Tiap berkunjung ke daerah di Indonesia, sebisa mungkin saya sempatkan utk mencicipi kuliner setempat

  2. Ini di jogja ada juga, rae terus setiap hari. aku sempet penasaran, gimana sih rasanya. setelah lihat artikel mbak ini aku mau nyoba ah beli, dari fotonya bikin ngiler banget mbak 😀

  3. Yummy… kayaknya enak tenan Mbak.. Belum pernah menikmati bingke khatulistiwa. Tapi, melihat bahannya yang dari tepung beras, sudah kebayang deh enaknya.

    Salam kenal dari saya orang Jawa Tengah. Semoga bisa main ke Pontianak suatu saat dan mencicipi kue Bingke.

    1. Duh enak banget kelihatannya. Penasaran pengen nyobain juga. Kalau kirim ke Jambi bisa nggak ya? Atau semoga deh nanti ada kesempatan ke Pontianak dan mencicipnya langsung 😁

  4. Catet, Kue BIngke Khatulistiwa. Kebetulan November nanti suami ada jadwal dinas ke sana. Kali aja ada jam longgar, dia bisa jalan ke sana beli Kue Bingke buat oleh-oleh. TAdi saya kayak kebayangnya Kue Bika, heheh ternyata beda banget. Tapi sedikit mirip kue beras khas Melayu.

  5. Saya sering lihat kue Bingke ini di media cetak dan televisi, Mbak. Juga di media sosial teman yang asal Pontianak. Tapi belum pernah sekalipun mencobanya. Makanya kepengin nih, ke Pontianak. Sekalian lihat tempat wisatanya, dan menikmati kuliner pontianak yang lezat-lezat

  6. Kebayang nikmatnya makan kue bingke sambil minum es kopi selepas hujan reda
    di pontianak, dan tiket ke pontianaknya gratis, eh

    aku pikir awalnya kue bingke ini kecil, ternyata gede

  7. Kue seenak ini harganya mulai dari 16k, terjangkau banget ya kak. Pasti laris manis karena rasanya yang juara.

    Sayang rasanya kalau ke Pontianak kalau belum cicip Kue Bingke yang terkenal ini, apalagi kalau dikasih gratis, hehe. Pasti gak nolak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *