Jembatan Bintang Tujuh Sungai Kakap

Sudah lama sekali rasanya tidak main ke daerah muara Sungai Kakap, yes bukan ikan kakap ya, meskipun banyak nelayan yang tinggal disini. Sungai Kakap merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, dimana letaknya tepat berada di muara satu diantara cabang aliran sungai kapuas.

Disini ada sebuah jembatan berwarna hijau yang sungguh fenomenal, namanya Jembatan Bintang Tujuh. Terakhir ke sini sebenarnya saat saya masih SMP, itu pun karena ikut tetangga jalan-jalan. Setelah sekian tahun baru ke sini lagi. Ada cerita menarik loh dari jembatan bertuliskan kanji berwarna merah ini.

Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Kecamatan Sungai Kakap ini adalah nelayan, hampir semua nelayan menyimpan kapalnya di area pelabuhan yang dilintasi oleh jembatan ini. Kabarnya setiap nelayan yang melewati bagian bawah jembatan ini ada sebuah feng sui gitu.

Kalau saat melewati jembatan ini kapalnya nyangkut, alangkah baik nya nelayan tersebut jangan turun untuk mencari ikan, karena itu bertanda hal yang buruk. Tapi kalau melewati jembatan dalam keadaan baik (tanpa nyangkut) artinya nelayan tersebut memiliki feng sui yang baik, akan banyak ikan yang didapat nanti untuk dibawa pulang.

Explore Sungai Kakap
Jembatan Bintang Tujuh

Kawasan nelayan sekaligus pasar ini memang memiliki mobilitas yang tinggi, alias area yang cukup sibuk (wajar saja kan daerah umum) tapi bukan berarti tidak menarik dikunjungi ya. Disini juga terdapat sebuah vihara besar yang dibelakangnya ada sebuah restoran di atas air bernama Restoran Teratai Indah.

Sebenarnya ada lagi lokasi restoran yang cukup terkenal dengan olahan sea food nya bernama PIK (Pantai Indah Kakap) terkenal dengan harganya yang mahal juga, hehe.

Saya jadi ingat dulu, waktu kecil pernah diajak jalan-jalan ke sini.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *