Membahagiakan Perut di Bakso Sapi 91 Singkawang

Singkawang Kalimantan Barat, setiap datang ke kota ini saya selalu terlena dengan suasananya yang menyenangkan, bukan hanya tempat wisatanya saja tapi juga kulinernya yang aduhai, enak-enak semua! O yaa, salah satu kota kecil di Kalimantan Barat ini juga punya kuliner bakso sapi enak. Dibuat dari daging sapi murni rasanya gurih juicy. Kaldunya pun bening dengan taburan bawang putih cincang goreng. Yummy!

Namanya Bakso Sapi 91 Singkawang, terletak di jalan Salam Diman Kota Singkawang, kedai bakso ini ada di ruko yang tidak terlalu besar di tengah kota, cukup mudah menemukannya apalagi bisa dicari lewat Google Maps, ada banner yang cukup terlihat sangat jelas bertuliskan “Bakso Sapi 91”.

Lokasi Bakso Sapi 91 Singkawang

Nah, untuk menu andalannya adalah bakso sapi dengan berbagai pilihannya, seperti:

  • Bakso Mie Kuning Kuah
  • Bakso Mie Kewtiau Kuah
  • Bakso Mie Bihun Kuah
  • Bakso Mie Campur Kuah
  • Sop Bakso (Tanpa Mie)
  • Bakso Mie Kwetiau Kering
  • Bakso Mie Kuning Kering
  • Bakso Mie Bihun Kering

Jadi, bisa dipesan sesuai selera masing-masing ya, bisa request sesuai permintaan dan kamu bebas menikmati bakso dengan cara apapun. Untuk menu yang saya pesan kali ini sedikit berbeda yaitu Sop Bakso Sapi, Mie Kuning Kering yang dipisah dan ditambah semangkok nasi, hehe (laper euy).

Mie Kuning Kering, Bakso Daging Sapi, Nasi yang dipisah

Karena Bakso Sapi 91 Singkawang ini cukup populer yang banyak peminatnya, jadi jangan heran setiap datang kesini selalu ramai pengunjung, bahkan beberapa pengunjung harus menunggu untuk mendapatkan kursi meja kosong baru bisa duduk dan pesan, atau nggak sharing meja dengan pengunjung lain.

Dan kamu juga kudu sabar menunggu jika ramai pengunjung, karena prosesnya juga cukup lama bisa sekitar 30 menit baru dapat disajikan hehe. Tapi tenang usaha tidak menghianati hasil kok, karena bakso komplet dengan harga sekitar 30ribuan yang padat isinya dengan kuah panas mengepul akan memuaskan perut kamu hingga puas kenyangnya.

Bakso Sapi 91 Singkawang Mie Kuning Kuah

Untuk detailnya, dalam satu mangkok sop bakso sapi isiannya ada bakso sapi 5 butir, bakso tahu 2 buah, potongan daging sapi cukup besar termasuk daging babat & lemak. Kemudian ada sayur toge dan potongan daun selada (bukan daun sawi ya), daun bawang dan seledri sebagai pelengkapnya.

Tahunya juga gak kalah enak, tahu lembut di dalam dengan bagian luar yang renyah. Kemudian direndam kaldu panas semakin enak rasanya. Meskipun agak besar potongan daging sapinya tetapi teksturnya empuk loh.

Yang istimewa memang kaldu sapinya yang bening dengan genangan sedikit minyak di keliling mangkuk. Taburan bawang putih cincang yang jadi ciri khasnya. Krenyes harum semerbak bikin hirupan kaldu makin nikmat. Tambahkan cabai merah, jeruk nipis dan kecap sesuai selera.

Es Sarsaparila (abaikan gelas bintangnya, isinya air sarsi kok)

Rasa gurih di mulutpun saya nikmati juga dengan segarnya minuman tradisional Es Sarsaparilla (Air Sarsi) asli buatan lokal Kota Singkawang yang harga Rp.8.000/botol. Air Sarsi ini legendaris cap Elang dari perusahaan lokal bernama Limun. Produknya dikemas dalam botol-botol kaca, selain rasa Sarsaparilla ada juga pilihan lain yaitu Pisang Ambon dan Jeruk. Produk minuman tradisional ini sudah ada sejak puluhan tahun dan menjadi minuman soda asli warga Kota Singkawang.

Tuang langsung ke dalam gelas berisi es batu dan nikmati gelembung halus sodanya naik ke permukaan. Segarnya mantap!

Bakso yang enak emang ada di mana-mana. Keunggulan Baksi Sapi 91 Singkawang ini yang bikin dia beda dari yang lain adalah enak, otentik, sehat dan pastinya halal. Bakso disini tidak menggunakan pengawet ataupun pengenyal, demi menjaga kualitas gizinya. Overall, makanan di Bakso Sapi 91 Singkawang ini enak, cocok buat kamu yang ingin makan bakso terbaik dan enak di Kota Singkawang. Harganya juga terjangkau dan tempatnya mudah dicapai. Recommended!

FYI, Bakso Sapi 91 Singkawang juga ada buka cabang pertamanya diluar Kota Singkawang yaitu di Kota Jakarta tepatnya di Jalan K.H. Mansyur No. 37 Jembatan Lima, Jakarta Barat. Jadi untuk kamu yang ada di Kota Jakarta juga dapat mencicipi nikmatnya kuliner bakso dari Bakso Sapi 91 Singkawang di Ibu Kota Indonesia.

Gimana udah pada ngiler belom nih? Kuy ah mampir ke Kota Singkawang, kita icip-icip kuliner enak di Kota Amoy ini. Btwe, di Kota Singkawang tidak hanya bakso sapi yang populer tapi ada juga Choi Pan/Chai Kue, Mie Tiaw Goreng, Bubur Pekong (baca: Pek-Kong) dan lain-lain, jika ada kesempatan nanti juga saya ulas di blog sitimustiani.com ya.

Bakso Sapi 91 Singkawang
Jalan Salam Diman No. 37, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79111
Instagram: bakso91indonesia
Buka setiap hari 9:00 pagi – 04.00 sore

Semoga bermanfaat ^^

Share this post:

23 thoughts on “Membahagiakan Perut di Bakso Sapi 91 Singkawang

  1. Siang-siang baca postingan seputar kuliner, rasanya jadi mupeng banget, Kak. Pilihan menunya beragam, aneka bakso tersedia ya. Kebayang lezatnya. Kapan ya bisa ke Kalimantan, hehe. Isi 5 bakso dan dua tahu plus dua potong daging itu mengenyangkan banget, apalagi baksonya terlihat empuk teksturnya. Kebayang rasa dagingnya. Ditambah sayur toge dan selada, auw auw nendang banget ini, Kak. Autongiler hehe 🙂

  2. Kita sama ya mba, doyan baso kumplit mie eii masih ditambah nasi hihi, belum kenyang kalau belum ditambah nasi 😁

  3. Bintangin. Ntar kalo ke Singkawang kudu mampir sini deh…Ya ampuunn liat fotonya aja terbit liurku, ditambah deskripsinya bikin aku ngebayangin makan baksonya. Lapeerrr jadinya

  4. kombinasi makanannya beneran menggoda selera kak Siti. Aku membayangkan aja udah pake ngiler banget. Ini pasti gurih dan sedep. PAs banget dinikmati siang siang dengan air pipo. sedeeeep mantep ceunah

  5. Whaaa kuah bakso dan ada togenya itu aku udah ngiler sejak beberapa bulan ini. Sayangnya di Malang jarang banget pakai tauge. Kalau di Jakarta itu pakai tauge juga, mirip ya kak.

    Aku gagal fokus sama gelas dan botol itu hahaha

  6. aduh aduh menunya enak enak banget gini, pastinya perut bakal bahagia banget mbak
    btw itu emang klo pesan bakso,mie kuningnya dipisah gitu ya

  7. Duh, baksonya asli bikin ngiler mba, andai dekat langsung melipir deh kesitu, aku juga penasaran dg es sarsaparilla, habis di tempatku gak ada tuh

  8. Sebagai penggemar bakso, bagaimana mungkin aku gak ngiler, Mbak? Kepengen banget nyobain rasanya bakso sapi Singkawang 91 ini. Sayangnya jauh sekali…

  9. Bakso memang selalu jadi makanan andalan yang bisa disasar saat kita lagi ke suatu daerah baru dan nggak yakin lidah bakal cocok dengan makanan asal. Bakso meski beda tempat beda citarasa, tapi nggak beda-beda banget lah yaa.. senggak enaknya bakso biasanya masih bisa dinikmati. Apalagi bakso singkawang ini.. dari gambarnya aja sudah keliatan nikmatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *