Gerbang Cap Go Meh di Perbatasan Singkawang

Semenjak punya motor Honda ADV160 jiwa explore saya bergejolak menjadi-jadi ❤️‍🔥 Bagaimana tidak, motor ini memang motor Adventure Ride yang paling pas sih yaa, lebih cocok kalau untuk traveling jauh-jauh, hehe.

Jadi mulai awal tahun 2023 ini saya putuskan untuk semangat untuk melakukan kegiatan road trip setiap minggunya, In Sha Allah. Doakan semoga konsisten, dan bisa terus berbagai cerita perjalanannya di blog ini 😊

Adventure Ride bersama Honda ADV160
140 km Pontianak-Singkawang

Untuk awal petualangan Adventure Ride bersama Honda ADV160 saya mulai dengan roadtripping tipis-tipis ke destinasi yang cukup dekat yaitu Gerbang Cap Go Meh 元宵節門樓 Singkawang, dengan jarak dari Kota Pontianak sekitar 140 kilometer.

Sebenarnya ini kali kedua saya ke gerbang ini, sebelumnya di awal bulan Januari lalu sudah pernah ke sini, hanya saja gerbangnya masih tahap renovasi alias belum selesai 100%, namun sempat bikin konten singkat sih, dan ternyata cukup populer di TikTok, silahkan intip sendiri ya!

@sitimustiani

Gerbang Cap Go Meh aka Gerbang Selamat Datang Kota Singkawang 🏮🏮🏮

♬ Chinese style BGM Chinese food, Chinatown etc(960118) – Shinnosuke Shibata

Kedatangan kedua saya tepat tanggal 17 Februari 2023 dan sedang sekali gerbang ini sudah benar-benar jadi 100%, telihat tampak rapi, bersih, dan megah apalagi saat kedatangan saya ini cuaca cukup mendukung, cerah!!

Gerbang Cap Go Meh 元宵節門樓 Singkawang di bawah langit biru

Nah, buat yang belum tahu ini adalah gerbang perbatasan antar Kabupaten Bengkayang dan Kota Singkawang dari arah Kota Pontianak. Sebagai kota yang menjadi pusat perayaan Imlek dan Cap Go Meh, bagunan ini sengaja dibuat dalam rangka perayaan Imlek di Kota Singkawang tahun 2023. Gerbang ini baru saja diresmikan oleh Ibu Wali Kota Singkawang pada pertengahan Desember 2022 lalu.

Ada tiga gerbang tepatnya, dan masing-masing gerbang punya desain yang berbeda-beda sesuai dengan suku dominan yang ada di Kota Singkawang, seperti Tionghoa, Dayak, dan Melayu. Sebagai simbol kota toleransi di Indonesia. Next akan saya buat juga tulisan khusus untuk dua gerbang lainnya ya, ditunggu 😊

Jangan Lupa foto di Depan Gerbang Cap Go Meh

MEGAH! Itulah kata yang terlintas saat melewati gerbang yang dibagun dengan dana CSR dari PT Kapal Api Global ini. Gerbang berwarna merah dengan dua naga kuning yang mengejar satu bola mutiara di dalamnya.

Setiap sudut gerbang ini juga ada empat singa, lalu terdapat pula beberapa tulisan yang diukir tentang sejarah Kota Singkawang, Cap Go Meh, dan Gerbang ini sendiri. Jadi tempat ini selain sebagai tempat untuk istirahat, berswa foto, bisa juga sambil belajar sejarah ya.

Dari Bawah Gerbang Cap Go Meh

Daannn, yang paling penting spot ini gratis, pastikan kamu berhenti atau menyimpan kendaraan yang benar yaa, jangan sampai mengganggu pengguna jalan lainnya. Jangan pula meninggalkan sampah dan merusak bangunan ini.

Gimana menarik yaaa, lokasi ini bisa menjadi alternatif destinasi wisata di Kota Singkawang yang cukup unik dan ikonik. Kalau kalian lewat atau ke Kota Singkawang, jangan lupa mampir ke sini ya. Btwe, saat malam hari juga gak kalah cantik loh karena gerbangnya bersinar 🌟

Sekian, perjalanan singkat pertama saya bersama Honda ADV160, sampai jumpa di Adventure Ride saya selanjutnya, salam satu hati ❤️

Gerbang Cap Go Meh 元宵節門樓
Alamat: Jalan Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79163

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *