Bumi Perkemahan Bisa Camping Singkawang

Berhubung saat melihat Bunga Rafflesia Tuan Mudae di Kabupaten Bengkayang ternyata gak jadi bermalam (padahal sudah jauh-jauh bawa tenda untuk camping). Sehingga daripada tendanya gak dipakai mending nyobain camping di salah satu tempat yang cukup populer di Singkawang, namanya Bisa Camping.

Kalau dilihat dari beberapa konten yang muncul di sosial media, menurut saya ini mirip-mirip camping ala Ranca Upas di Bandung gitu. Soalnya mereka menyediakan beberapa fasilitas perlengkapan camping, seperti tenda, sleping bag, matras, meja kursi camping, bahkan ada villa-nya juga. Dimana tempat campingnya di sebuah halaman rerumputan cukup luas tepat dibawah kaki Gunung Pasi Singkawang.

Bisa Camping Singkawang

Setelah tanya-tanya sedikit ke admin Bisa Camping lewat WhatsApp untuk booking, ternyata mereka juga menyediakan paket tanpa villa/tenda alias bisa bawa perlengkapan camping sendiri dari luar yaitu Rp.50.000,- per orang.

Nah, kalau bawa tenda sendiri tidak perlu reservasi jadi bisa datang langsung ke lokasi. Btwe, ini sudah termasuk fasilitas toilet umum, mushola, listrik, dan kantin. Menurut saya sih ini cukup worth it lah, camping tanpa harus repot menanjak tapi sudah dapat suasana pegunungan.

Jika penasaran intip dulu deh video reels singkat saya berikut ini:

Untuk sampai di lokasi Bisa Camping, juga cukup mudah karena lokasinya itu benar-benar di tepi jalan raya tepatnya di Jalan Pangmilang, Singakwang Selatan, Kota Singkawang. Kalau menggunakan Google Maps titiknya pun sudah akurat, cukup tuliskan saja “Bisa Camping”.

Saat sepeda motor kami tiba di halaman parkir (btwe, di sini parkirnya gratis) tak berapa jauh saya langsung menuju loket Bumi Perkemahan Bisa Camping. Kami datang ke Bisa Camping saat weekend (Sabtu, 18 November 2023) jadi sudah maklum (misalnya) harus berebut lahan perkemahan dengan banyak orang.

Nah, pengunjung yang datang ke sini selain menginap juga ada yang hanya datang tanpa menginap biasanya hanya sekedar foto-foto, piknik, dan kulineran di sekitar lokasi Bisa Camping. Tentu ini ada tiket masuknya, yaitu Rp.10.000,- saat weekday, dan Rp.15.000,- untuk weekend. Minusnya, mungkin mereka yang tidak menginap tidak bisa menikmati suasana malam dan pagi hari di lokasi ini, padahal bagus banget.

Kami tiba di sini hampir menjelang malam dan suananya mulai dingin. Secepat mungkin kami unpacking dan bangun tenda. Kami sengaja membangun tenda menghadap ke timur. Tujuannya? Supaya begitu buka tenda langsung dapat pemandangan matahari terbit.

Suasana Malam di Bisa Camping Singkawang

Karena kami sudah membawa tenda sendiri sehingga tidak mengeluarkan biaya tambahan lagi selain biaya sewa lahan 50ribu tadi. Jika teman-teman ingin camp tapi tidak punya tenda, tidak usah khawatir karena ada penyewaannya. Oh iyaa, kalau yang menginap tidak perlu juga untuk bayar tiket masuk.

Untuk tenda ukuran sedang yang kapasitasnya empat orang, biaya sewanya Rp 150.000,- sampai Rp 400.000,- (sesuai fasilitas dan kebutuhan ya). Nggak tahu caranya masang tenda? Tenang, tendanya dipasang dan dibongkar sama petugas camp Bisa Camping kok. Tinggal terima beres deh pokoknya.

Kantin di Bisa Camping

Soal makanan nih. Jika tidak punya peralatan masak di alam seperti trangia, tidak perlu khawatir. Soalnya warung makanan dekat gerbang masuk lokasi camping. Menunya bervariasi mulai dari nasi goreng, nasi putih + telur, pop mie, indomie, snack, minuman dingin, minuman hangat, dll.

Namun yang paling laku ya mie instan untuk disantap di malam hari ya. Kami sih lebih memilih untuk memasak sendiri dan sudah mempersiapkan seluruh bahan makanan sewaktu akan berangkat.

Apa yang lebih enak dari memasak dan menyantap masakan sendiri di alam terbuka? Apalagi kalau langitnya dihiasi berjuta bintang. Memang paling enak menginap di hotel bintang lima juta. Hotel bintang lima mah kalah.

Tenda Naturehike Cloud Up

Pilihan untuk ngecamp menghadap timur memang tepat! Pukul 06.00 WIB, alarm kami berbunyi dan saya langsung bergegas membuka risleting tenda walaupun masih menggelung dalam sleeping bag. Begitu dibuka, pemandangannya yang kami dapatkan benar-benar memanjakan mata. Awan embun menyelimuti sekitar Gunung Pasi Singkawang.

Gunung Pasi Singkawang

Tidak ingin ketinggalan moment, saya mengajak travelmate saya, Yandy Koresy, untuk keluar tenda dan berjalan-jalan ke rerumputan untuk mengabadikan momen sang surya bangkit dari peraduan dengan udara yang fresh.

Jadi, kapan kita ke Bisa Camping? Saya mau banget kembali kesana lagi…

Bisa Camping Singkawang
Instagram: @bisacamping
Alamat: 📍 Jalan Pangmilang, Singakwang Selatan, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat Indonesia

Share this post:

3 thoughts on “Bumi Perkemahan Bisa Camping Singkawang

  1. Nama tempat kemahnya unik, “Bisa Camping”. Duuuh…iri banget, bangun tidur, buka tenda, disambut sang Surya yang mulai terbit. Itu maaah kebayang segarnya, sambil stretching menghirup udara pagi…
    Bener deh, hotel bintang lima juta, namanya…

  2. Sesuai nama tempatnya, semua orang harusnya bisa camping disini. Selalu menarik bisa merasakan berada di alam terbuka, kadang-kadang orang yang pengen banget di alam terbuka tapi gak pernah camping kesusahan buat nyari tenda, apalagi kalau buat masangnya, mantap nih disini semuanya difasilitasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *