Mencicipi Ragam Kuliner Wajib Banjarmasin

Bicara mengenai kuliner Kota Banjarmasin, nama Soto Banjar adalah kuliner yang langsung muncul di kepala saya. Ya siapa yang tidak tahu daerah asal dari kuliner soto yang memiliki kuah putih dengan perkedel sebagai pelengkapnya. Saat tau diajak untuk icip-icip Kuliner Khas Banjarmasin, saya pun langsung jejingkrakkan tidak sabar untuk mencicipi makanan langsung dibuat oleh orang aslinya.

Saya pikir awalnya di Banjarmasin hanya ada Soto Banjar, ternyata kota ini juga terkenal dengan beragam kuliner lokalnya yang tidak kalah dengan Soto Banjar. Mulai dari Soto Banjar itu sendiri, Nasi Kuning Banjar dan Lontong Banjar. Oh where have you been, sitimustiani?? Oke, mari kita bahas satu-persatu.

1. Soto Banjar

Soto Banjar masih tetap jadi nomor satu kuliner yang paling diburu di Kota Banjarmasin. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya mejadi tidak bening, tetapi sedikit keruh. Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel dan toping lainnya.

Soto Banjar
Limau Kuit

Seperti halnya soto ayam, bumbu soto Banjar berupa bawang merah, bawang putih dan merica, tetapi tidak memakai kunyit. Bumbu ditumis lebih dulu dengan sedikit minyak goreng atau minyak samin hingga harum sebelum dimasukkan ke dalam kuah rebusan ayam. Rempah-rempah nantinya diangkat agar tidak ikut masuk ke dalam mangkuk sewaktu dihidangkan. Tambahkan Limau Kuit dan sambal agar lebih nikmat.

2. Nasi Kuning Banjar

Selanjutnya adalah nasi kuning dikenal sebagai panganan khas Indonesia. Nah uniknya di daerah Banjar, Kalimantan Selatan, terdapat hidangan nasi kuning yang khas dan beda dengan nasi kuning lainnya. Perbedaan nasi kuning khas Banjar ini dapat dilihat dari jenis beras dan juga bumbu yang digunakan. Khususnya di Banjar, nasi kuning kerap menggunakan beras pera.

Penyajian Nasi Kuning Banjar

Untuk penyajian juga sedikit berbeda dengan nasi kuning lainnya. Umumnya nasi kuning yang kita kenal dilengkapi dengan orek tempe dan segala macam lauk lainnya. Sedangkan nasi kuning khas Banjar biasa dinikmati hanya dengan lauk bumbu habang (merah) berupa ayam/ikan/telur dan juga bawang goreng gurih sebagai pelengkap kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Bungkus

3. Lontong Orani

Satu lagi nih kuliner Khas Banjar, Kalimantan Selatan, yang juga punya menu sarapan lontong sayur yang begitu menggoda selera. Lontong Khas Banjar Orani ini lauknya mirip dengan Nasi Kuning yaitu sama-sama menggunakan lauk masak habang berupa ikan haruan/gabus dengan bumbu yang meresap kedalam telurnya.

Lontong Khas Banjar
Kuah Lontong

Untuk kuahnya sendiri berupa kuah santan kental dengan sayur nangka dan sedikit kunyit. Disajikan saat hangat dan ditaburi dengan bawang goreng di atasnya.

Sebenarnya masih ada banyak lagi kuliner Kota Banjarmasin yang juga wajib dicicipi seperti Cacapan Asam, Bubur Bayaak, Nasi Itik Gambut dan masih banyak lagi, semoga suatu saat bisa mencoba ditempat aslinya, hehe.

Gimana, sudah mulai lapar melihat beberapa foto di atas? Nah, berbagai jenis makanan Khas Banjarmasin ini juga bisa kamu dapatkan di usaha rumahan Galuh Bungas Bauntung Batuah @si.galuhbugas milik Bunda Yanice Elizabeth Idat, untuk info bisa telpon/wa 0812-5013-6789, oh iya tiga kuliner khas banjar di atas sekarang juga tersedia di Kampung Kencana yang dibuat langsung oleh Bunda Yanice.

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *