Blogger Profesional Niagahoster BlogVerse 2.0

Menjelang umur blog sitimustiani.com yang hampir menyentuh delapan tahun, sejenak saya melakukan kilas balik tentang apa saja yang selama ini sudah saya tulis di blog ini, bagaimana saya memulainya, adakah portofolio yang bertambah, dan sudah cukup profesional kah saya menjadi seorang blogger?

Sebelum pertanyaan-pertanyaan tersebut terjawab, saya pernah menulis singkat mengenai perjalanan saya selama menulis dan akhirnya bergabung dengan salah satu komunitas blogger yang ada di Kota Pontianak beberapa tahun lalu. Bahkan saat ini saya terpilih menjadi salah satu pengurusnya juga.

Delapan tahun, lama juga ya? Memang tidak mudah untuk selalu konsisten menulis, ada banyak pasang surut, semangat yang naik turun, bahkan saya pernah hampir ingin berhenti menulis akibat beberapa kekecewaan kecil, namun berhenti menulis bukanlah solusi bagi saya.

Komunitas Blogger Pontianak

Bersyukur sedihnya hanya sebentar, karena dukungan dari orang dekat hingga komunitas, sampai saya menyimpulkan bahwa blog ini juga salah satu bagian dari dunia saya dan juga profesi saya.

Kalau dibilang profesional sebagai blogger, saya sebenarnya masih ragu untuk menjawabnya, bahkan saya sendiri tidak tahu standar profesional itu seperti apa, terlebih setiap blogger punya style masing-masing dalam menulis. Dalam hati sih memang berkata “Saya ingin menjadi Blogger Profesional!” tapi kadang penilaian seberapa profesional itu orang lain atau pembaca blog kita sendiri, itu sebabnya saya selalu merasa belum cukup dan masih ingin belajar lebih banyak.

Beruntung saya ikut hadir dalam acara Niagahoster BlogVerse 2 Ngobrol Bareng Cara Menjadi Blogger Profesional,  Blogger Conversation yang diselenggarakan dan di fasilitasi oleh NIAGAHOSTER bersama berbagai peserta komunitas blogger dari seluruh Indonesia.

Acara semakin menarik karena diisi oleh pembicara menarik seperti Agi Tiara Pranoto (Lifestyle Blogger at DUCKOFYORK), Ririn Wandes (Ketua Blogger Medan 2020-2021 pemilik melalakcantik.com), tidak lupa ada Kak Akrilvha Deainert W dari Product Manager Niagahoster.

Saya yakin, setiap blogger punya jalannya masing-masing, tanpa peduli seberapa lama menulis, seberapa cantik tampilan blog dibuat, intinya menjadi seorang blogger profesional tentu menulis dengan hati. Menurut saya acara webinar ini tidak seperti belajar formal yang dilakukan di sekolah/kampus, perbincangan hangat dan santai membuat hampir seluruh peserta semangat tanpa perlu berpikir yang berat-berat.

Tentu dengan saling berbagi tips serta motivasi yang membuat saya sendiri justru lebih semangat untuk upgrade diri. Menurut Kak Agi misalnya, untuk menjadi blogger itu harus percaya diri, kita tentu dapat menemukan passion masing-masing, baik itu dibidang beauty, food, parenting, techno, travel, dan lain-lain. Apapun itu yang menyenangkan untuk diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain.

Lalu untuk memotivasi agar konsisten, kadang kita juga perlu memaksa diri sendiri (tapi tak perlu berlebihan ya), misalnya buat tulisan terjadwal, kemudian paksa untuk “kerjain aja dulu” apa adanya, ya kalau jelek perbaiki. Cari kekurangan lalu sempurnakan. Intinya menulis haruslah mengalir. INGAT! PERCAYA AJA DULU.

Karena perbincangan ini cukup santai, tak jarang beberapa pertanyaan peserta yang muncul, seperti bagaimana menurunkan stikma populernya sosial media yang menampilkan gambar dan video yang lebih menarik ketimbang tulisan di blog. Iya ya, saya pernah juga berpikir seperti itu, lalu apakah kita berubah haluan? Oh jangan, kenapa?

Karena pada dasarnya yang bikin konten seperti video, podcast, animasi, dll juga butuh informasi tulisan (mereka cari informasi di google toh), eitss tapi bukan berarti kita tak boleh untuk belajar konten lainnya ya, kadang konten seperti itu di sosial media juga dibutuhkan blogger untuk memperkenalkan diri, jangan ragu untuk branding, tetep eksplore sosial media lainnya di luar blog.

GO AHEAD, DO IT!

Lalu ada juga yang mengatakan apakah Blogger Profesional itu memiliki DA/PA/Viewers yang tinggi?

Perlu dicatat, DA/PA ternyata punya standar masing-masing loh, tidak bisa disamakan jika niece nya berbeda. Meskipun kadang beberapa agen kerja sama menjadikan DA/PA sebagai patokan harga yang cocok untuk blog, lupakan sejenak itu tetap lakukan branding yang kuat dan terus jalin relasi di sosial media, lingkungan, komunitas, dll. Kamu juga bisa bikin kartu nama.

Belajar terus, berusaha agar tetap dinamis, berpikirlah usaha tidak akan menghianati hasil dan selalu percaya rezeki tidak mungkin tertukar. Tidak masalah jika menolak job jika tidak sesuai, ingat menulis juga bukan sekedar angka. Oh iya ada banyak kok cara-cara organik, dan kamu bisa menemukan tips-tips di sosial media atau website niagahoster.

FYI, Niagahoster merupakan perusahaan penyedia layanan web hosting yang berdiri sejak 2013. Mempunyai misi membantu jutaan orang memanfaatkan potensi yang ada di internet untuk membangun kesuksesan online. 

Sambung Kak Dea, kita bisa terlihat semakin profesional jika memilih platform blog yang tepat misalnya blogger atau wordpress, jenis website, sesuaikan layout, CMS custemable, dan lainnya. Nah, di Niagahoster, yang menyediakan berbagai fasilitas dunia digital seperti blog agar tampak profesional dengan cara yang lebih mudah bernama Managed WordPress.

Managed WordPress merupakan produk dari Niagahoster salah satu solusi cerdas untuk kamu agar mudah memanajemen website tanpa perlu perlu pusing mikirin hosting bahkan tanpa perlu ngerti coding. Pokoknya untuk kamu blogger pengguna platform wordpress akan dibantu dengan banyak kemudahan.

Managed WordPress

WordPress memang menjadi salah satu platform popular seperti yang saya gunakan di blog sitimustiani.com ini. Beruntung jika kamu berlangganan di Niagahoster sekaligus pengguna wordpress, karena ada banyak keuntungannya. Apakah itu? Penasaran? Berikut beberapa keuntungan berlangganan Managed WordPress di Niagahoster:

  • Free domain atau custom domain.
  • Free WordPress Management Tools: Single-Click Admin Login, Clone & Staging WordPress, Free SSL, and Auto Update WordPress.
  • Analytics Tools to Monitoring Site Performance, disini kamu dapat mengetahui statistik seberapa banyak pengunjung blog kamu dengan Visitor Tracker.
  • Page Speed Meter, untuk memastikan kecepatan website yang optimal dengan PageSpeed Insights.
  • Website lebih cepat dan Terjamin Keamanannya, tentu saja dengan dukungan terbaik seperti: Proteksi BruteForce & DDoS, Proteksi Malware, Full Enterprise SSD, WordPress Accelerator, Backup Harian, Litespeed Enterprise, dan Hack Recovery. 
  • Tidak ketinggalan, didukung plug in terbaik untuk meningkatkan performa website, seperti: Yoast SEO, Google Sitekit, Google Web Story, dan masih banyak lagi.

Nah, kalau blog kamu belum wordpress tenang saja migrasi bisa dibantu kok sama Customer Success Agen Niagahoster yang siap membantu kapan saja, termasuk jika ada permasalahan akan diselesaikan secara cepat dan real-time lewat live chat intercom. Info selengkapnya mengenai Managed bisa klik link Managed WordPress ya!

Gimana siap mempunya blog profesional? Terlebih ada banyak keuntungan menjadi blogger profesional yang paling dirasakan, seperti: finansial membuka jalan usaha lini per-canan lain, lebih kenal banyak orang, menambah portofolio, beruntung kalau dapat jodoh juga. Nah, kalau sudah mulai merasa profesional pastinya blogger tidaklah serakah, jangan lebih dari 10 niece dalam satu blog, buat kategori tulisan yang rapi.

Menjadi blogger profesional itu ada kepuasan tersendiri, apalagi bisa mengubah hidup orang lain, punya soul yang mampu memberikan pengaruh yang baik untuk orang lain. Jadi, menurut kamu saya/kita sudahkah menjadi blogger profesional? 

Mau belajar bareng secara virtual melalui group diskusi, kamu bisa banget dengan bergabung di forum diskusi  Group Telegram BlogVerse dengan cara klik link https://bit.ly/BlogVerseSitiMustiani di sana ada banyak informasi menarik, ilmu bermanfaat, serta diskusi interaktif yang akan kamu dapatkan.

Yuk, tingkatkan diri menjadi blogger profesional, jangan pernah menganggap diri sendiri rendah dari orang lain ya, jangan pernah merasa kecil untuk terus improve, and NEVER STOP LEARNING!

Semoga bermanfaat ^^

Share this post:

1 thought on “Blogger Profesional Niagahoster BlogVerse 2.0

  1. yess aku kemarin join webinarnya
    dann baru inget kalau aku belum klik link yang waktu itu ditulis di kolom chat.
    wahhh tengkiu udah diinget mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *