Choi Pan Ace Akie Sakkok Singkawang

Sudah makan banyak dan hapir habis, baru ingat mau foto 🙈”

Ini dia, satu kudapan kuliner Choi Pan atau Chai Kue yang saya icip selagi hangat menjelang siang di Choi Pan Ace Akie alias Choi Pan Sakkok Singkawang. Kuliner yang sempat bikin lupa alasan kalau niat ke sini pengennya sekalian ngonten, hehe maafkan saya.

Ada alasan kecil kenapa saya sampai di tempat ini, terlebih tulisan saya tentang kuliner jenis ini sudah ada di blog ini. Karena memang belum puas sih #ExploreSingkawang meski sudah sering datang sejak beberapa tahun lalu.

Banyak kuliner yang direkomendasikan, salah satunya Choi Pan. Sampai saat ini yang cukup terkenal adalah Choi Pan Tho Ce di Kawasan Tradisional Marga Thjia. Tapi, memang kuliner Choi Pan Singkawang hanya dijual disitu? Oh, tentu saja tidak.

Satu diantara tempat makan Choi Pan legendaris di Kota Singkawang adalah Choi Pan Ace Akie alias Choi Pan Sakkok Singkawang. Rekomendasi tempat makan Choi Pan ini saya dapat dari teman blogger saya dari Singkawang, yaitu Multi 💚.

Choi Pan Ace Akie alias Choi Pan Sakkok Singkawang

Buat yang belum tahu, Choi Pan (bahasa Hakka) atau Chai Kue (bahasa Tiochiu) adalah kue mirip pastel yang dikukus, kulit Choi Pan terbuat dari tepung beras dengan ukuran sangat tipis, yang diisi berbagai macam sayuran seperti bengkuang, kucai, talas, rebung, dll. Lalu ditaburi minyak bawang putih goreng diatasnya sebagai pelengkap.

Melalui artikel ini akan saya ulas dengan singkat, tentang kuliner Khas Singkawang yaitu Choi Pan khususnya di Choi Pan Sakkok. Siapa tahu artikel ini menjadi rekomendasi tempat makan Choi Pan alternatif kalau di tempat lainnya sedang rame, dan soal rasa saya yakin ini tidak mengecewakan.

Penamaan tempatnya sendiri masyarakat lebih mengenal dengan nama Choi Pan Sakkok ketimbang Choi Pan Ace Akie, karena letaknya di Kampung Sakkok, Dusun Sedau, Singkawang Selatan. Nah Ace (Cece=Kakak) Akie ini adalah pemilik sekaligus pembuat Choi Pan-nya loh yang dibantu oleh anak-anaknya sendiri.

Tempatnya juga tidak terlihat mewah bahkan sederhana sekali, kursi dan meja kayu berlantaikan tanah padat kering sedikit berpasir, beratap daun bak sebuah pondok. Ukuran satu mejanya juga cukup besar, seperti dapat dimuati sekitar 15-10 orang.

Suasana Lokasi Choi Pan Sakkok Singkawang

Suasananya, menurut saya cukup sejuk, tenang, karena ruangan terbuka dan tidak berada di tepi jalan raya. Dari sini kita pun dapat melihat proses pembuatannya juga jika jalan sedikit ke dalam rumah di bagian belakang.

Semua proses pembuatannya masih tradisional alias tanpa mesin sama sekali, bahkan beberapa tahun sebelum saya kesini mereka masih menggunakan tungku api (kayu bakar) untuk mengukus Choi Pan di dalam dandang besar, tapi sekarang mereka sudah beralih ke gas LPG, lebih praktis 😊.

Seperti apa Choi Pan Sakkok?

Karena saya penggemar Choi Pan isian bengkuang, jadi saya pesan dengan jumlah yang lebih banyak.

Dari segi ukuran, Choi Pan ini cukup kecil dibanding dengan Choi Pan yang biasa saya makan. Tapi menurut saya sebanding sih, karena harganya Rp.2.000,-/buah (harga terbaru Mei 2022 ya) sebelumnya Rp.1.500,-.

Choi Pan isi Bengkuang

Ukurannya kecil jadi bisa langsung hap sekali makan, hehe. Choi Pan hangat beralaskan daun pisang yang dikukus beserta loyang-loyangnya bearoma sangat nikmat. Oh ia, sebelum dimakan tambahkan sambal dan kecap asin yang sudah tersedia di meja, pasti lebih enak!

Kasi Sambal dan Kecap Asin
Lebih dekat 😋

Gimana gimana, apakah cukup menggambarkan sebuah kenikmatan sajian Choi Pan khas Kota Singkawang disini? Kalau kamu penasaran langsung saja datang ke Kota Singkawang ya, semoga bermanfaat ❤️

Choi Pan/Chai Kue Ace Akie Sakkok Singkawang
Alamat: Jln. Tanjung Batu No. 39, Sakkok (belakang Toko Ket Loi), Dusun Sedau, Singkawang Selatan.
Buka setiap hari, pukul 09.00 – 19.00
Harga: Rp.2.000,-/buah

Share this post:

8 thoughts on “Choi Pan Ace Akie Sakkok Singkawang

  1. Aku punya tetangga asli Pontianak dan pernah dikasih ini, choi pan bikinan dia sendiri. Isinya bengkuang enak sekali. Sayangnya dia enggak open PO padahal aku sukaaa nih. Kan bisa pesan kalau pengin.
    Oia, ini tempatnya sederhana, harganya pun terjangkau ya..bayangin makan choi pan langsung di tempat begini bikin ngiler nih

  2. Beneran humble ya tempatnya, aku belom pernah kesini tapi sepertinya menyenangkan untuk dikunjungi apalagi kalau melihat bentuknya yang choipan banget khas khek.
    Pasti rasanya lenih strong dan kenceng. Jadi pengen kesaaaanaaa dan hunting euy!

  3. Kalau dilihat sekilas ini kayak dimsum hihihi 🙂 Lagi ngebayangin rasa dan teksturnya yang lembut dan lezat. Lucu juga dan unik ya mbak namanya Choi Pan Ace hehehe…. Ada isi bangkoang juga hhhmm seru! Tempatnya bikin betah ya walaupun bukan modern, kelihatan nyaman buat nongky bareng keluarga. Satunya 2.000 hmm… sesuai lah dengan rasanya 🙂 Jadi kepengen coba sekarang wkwkwkwkw.

  4. Choi Pan Ace Akie ini masih asing banget di telingaku Kak. Tapi lihat penampilannya di atas daun pisang, rasanya harum dan nendang ya. Singkawang memang surga Chinese food yang endeus ya, kudu catat kalau suatu hari ke sana.

  5. Belum pernah coba sendiri dan belum pernah tau rasanya seperti apa, tapi boleh nih jadi salah satu list wisata kuliner yang perlu dicoba kalau datang ke singkawang. Mumpung punya kenalan juga didaerah situ buat bisa nyobain bareng, thanks rekomendasi lokasi-lokasinya kak 😀

  6. Jadi lapaaaaar… Mana makanan-makanan kayak dimsum gitu adalah salah satu makanan favorit saya. Semoga ada waktu dan rejeki bisa berkunjung ke Singkawang dan nyobain choi pan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *