Staycation di Mercure Pontianak City Center

Jujur sudah lama sekali saya ngidam staycation di hotel Mercure Pontianak City Center. Pertama, hotelnya strategis di tengah kota, kedua fasilitasnya lengkap, dan ketiga, hotelnya instagrammable!

Nah, berhubung malam sebelumnya saya stay di IBIS Pontianak City Center, dan ke hotel Mercure ini saya pakai pick up service jadi bisa check in lebih awal, dan lokasinya pun tidak begitu jauh (gak sampai 1 kilo meter).

Gedung Mercure Pontianak City Center

Saya sudah tahu kalau hotelnya cakep karena sering saya kepoin saat nyari-nyari hotel Pontianak di aplikasi-aplikasi pemesanan hotel. Propertinya Accor Hotels memang tidak pernah mengecewakan sih kalau soal tampilan.

Hari Minggu tanggal 6 Agustus 2023 lalu, akhirnya saya kesampaian juga staycation di Mercure Pontianak City Center. Walau cuma semalam, tapi staycation di hotel ini adalah salah satu pengalaman menginap terbaik selama ini! Baca terus ulasan ini supaya tau alasannya.

Lobi dan Lokasi Mercure Pontianak City Center

Lokasinya yang berada di tengah Kota Pontianak, tepatnya di Jalan Achmad Yani Nomor 91 Pontianak Kalimantan Barat, membuat Mercure Pontianak mudah dijangkau baik dari Bandara Internasional Supadio maupun Pelabuhan DWIKORA.

Fasilitas umum seperti Ayani Mega Mall, Museum Provinsi Kalimantan Barat, Kantor Gubernur, dan Universitas Tanjungpura bisa dicapai dengan 5 menit berkendara! Beberapa kawasan café atau coffee shop seperti Jalan Tanjung Sari, Jalan Reformasi, dan Jalan Perdana juga dekat.

Tersedia area parkir yang cukup luas dan gratis dengan petunjuk arah yang jelas di Mercure Pontianak ini. Oh iya, di sini juga ada fasilitas SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) dan ini satu-satunya SPKLU yang lokasinya di hotel.

SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di Hotel Mercure Pontianak

Begitu melangkahkan kaki masuk ke dalam bangunannya, saya disambut dengan sebuah area lobby yang luas dan elegan! Dengan lampu-lampu keemasan yang menjuntai ke bawah. Seating area yang lega di lobi Mercure pontianak diisi dengan sofa-sofa empuk berwarna hitam, meja receptionist yang tersedia tiga counter.

Lobby Area Mercure Pontianak City Center

Di sudut ruangan, ditempatkan gerai UMKM produk khas Kalimantan Barat yang cukup lengkap seperti kaos, tas, aksesoris, makanan kering, dan masih banyak lagi. Menarik! Bisa jadi rekomendasi untuk tamu yang sedang mencari oleh-oleh kalau waktunya mepet.

Gerai UMKM di Mercure Pontianak
Mampir ke Gerai UMKM dan Menikmati Welcome Drink, Prefillage sebagai Member All Accor

Kemudian ada meja tinggi dan kursi-kursi bar dengan layar proyektor yang dirancang menyerupai café. Nah, karena saya adalah Member All Accor, tentu saya dapat prefillage khusus sebagai member yaitu dapat Welcome Drink gratis yang saya nikmati di Lounge Area Bar sebelum check in.

Masih di area lobby juga ada beberapa fasilitas lainnya seperti: Internet corner dengan sebuah personal computer, media informasi digital, dan ebony restaurant yang satu akses dengan kolam renang.

Fasilitas Kamar Mercure Pontianak City Center

Segera setelah mendapat smart card untuk mengakses kamar, saya masuk ke dalam lift yang mengantarkan saya menuju lantai kamar. Lift-nya apik! Luas dan banyak kaca 😍

Semua area koridor dilapisi rug atau karpet bernuansa cerah, jadi tidak berisik saat melangkah. Saat masuk ke dalam kamar Mercure Pontianak City Center yang sudah dipersiapkan, dan saya dibuat takjub dengan desain interior kamarnya!

Deluxe

Sebuah personal greeting card dengan complimentary fruit dan handuk yang dibentuk menyerupai beruang(?) membuat saya semakin merasa disambut hangat.

Sepasang nakas ditempatkan di kedua sisi ranjang, masing-masing dilengkapi dengan colokan listrik dan lampu tidur. Sofa berwarna ungu itu tampil serasi dengan warna kain batik di atas tempat tidur dan karpet bulu di depannya. Kamari ini juga punya jendela full kaca serta tirai yang menampilkan panorama city view kota Pontianak dari lantai 5.

Coffee Tea Maker

Kamar Deluxe Room ini dilengkapi dengan fasilitas coffee & tea maker dan minibar. Baru kali ini saya menginap di kamar yang dilengkapi dengan seperangkat pembuat kopi dan teh seperti ini, berasa di coffee shop mewah hehe.

Terus yang saya suka banget nih adalah working space-nya yang legaaa. Mejanya dirancang memanjang, sangat cukup untuk meletakkan laptop dan printilan-printilan lainnya. 

Dari bedroom area, kita beralih ke bathroom yang di dalamnya sudah tersedia fasilitas berikut:

  • Toiletries lengkap
  • 2 pasang handuk
  • 1 pasang handuk muka
  • Hair dryer
  • 2 botol air mineral
  • Bathrobe
  • Slippers
  • Safety box
  • Hanging corner.
Toiletries, Hair dryer, Body Wash, dan Shampo

Toiletries-nya lengkap banget, Guys! Ada shower gel, soap bar, shampoo, body lotion, odol, sikat gigi, sisir, alat cukur, dan semuanya dikemas dengan kemasan eksklusif yang cantik. Beberapa di antaranya bahkan saya bawa pulang hehe, nggak biasanya loh saya ngambil toiletries hotel.

Kamar Mandi

Area kering dan area basah dipisahkan dengan dinding kaca. Dinding yang menghadap kamar didesain dengan material kaca yang dapat ditutup dengan tirai.

Makan Siang, Makan Malam, dan Sarapan di Ebony Restaurant

Menikmati food and beverage di Mercure Pontianak City Center ini saya mulai dari nyobain menu makan siang di Ebony Restaurant. Pas saat itu ada dua menu baru dan menu best seller dessert yang direkomendasikan langsung oleh chef executive, yaitu Chef Sule. Beberapa menunya adalah Udang Gulai Belacan, Mantau dengan tiga jenis saus (beef dan telur asin), dan Triple Ice Cream.

Udang Gulai Belacan, Mantu, dan Triple Ice Cream

Menjelang malam, saya juga nyobain menu dinner spesial juga di sini. Sengaja memilih lokasi tepi kolam biar romantis, lalu ditemani beberapa menu hangat seperti Tomyum, Sop Buntut, dan Zuppa Soup.

Tomyum, Sop Buntut, dan Zuppa

Keesokan paginya yang paling saya tunggu-tunggu, yaitu sarapan! Untuk tempatnya masih sama saat makan siang dan makan malam hari sebelumnya yakni Ebony Restaurant. Seperti yang diharapkan, sajian menu sarapannya lengkap dengan penyajian yang berkelas. Ada main course bertema nusantara dan western

Hal pertama yang menarik perhatian saya saat sarapan di sini adalah… kue-kuenyaaaaaa! Sebagai pecinta kue dan jajanan pasar, mata saya berbinar-binar melihat jejeran ratusan kue yang ditata dalam macam-macam rasa, rupa, dan warna. Saking antusiasnya, saya sudah duluan curi start buat foto-foto dulu, sebelum banyak yang comotin untuk sarapan.

Aneka Kue
Pastry

Menurut saya pribadi, hal yang patut diapresiasi lagi dari menu sarapan Mercure Pontianak ini adalah pilihan minumannya. Nggak cuma kopi dan teh yang sudah jadi menu standar, tapi ada jamu dan wedang jahe jugaaaaaa! ❤️

Jamu dan Wedang Jahe

Selain luas, hal yang saya suka dari restoran Mercure Pontianak ini adalah akses cahaya alami dari beberapa sisi. Jujur, saya pribadi memang lebih suka ruangan semi terbuka daripada yang tertutup sama sekali.

Suasananya lebih nyaman, adem, dan tidak suram, sirkulasi cahaya alami itu menciptakan kesan sehat dan bersemangat. Ada indoor dan outdoor seating area yang dibatasi oleh partisi dengan kolam renang di sampingnya. 

Fasilitas Lainnya di Mercure Pontianak City Center

Seperti yang sudah sedikit saya singgung di atas, Mercure Pontianak dilengkapi dengan fasilitas kolam renang yang lokasinya ada di samping restoran. Walaupun tidak terlalu besar, tapi cukup buat renang-renang cantik atau sekadar menenggelamkan diri dalam kesegaran. Tersedia juga kolam khusus anak-anak yang posisinya semi outdoor.

Kolam Rendang dan Fitnes Center

Fitness center atau gym room ada di lantai 2. Ada treadmill, sepeda statis, dan beberapa alat angkat beban. Dinding kacanya menghadap ke arah kolam renang.

Tak hanya gym dan kolam renang, hotel ini juga menyediakan 7 ruang meeting dan ballroom dengan kapasitas sekitar 1200 orang, penyewaan sepeda, spa, pick up service, dan masih banyak lagi.

Intip deh review singkat saya dalam bentuk video di TikTok berikut ini:

@sitimustiani

Review Hotel Mercure Pontianak City Center 💜

♬ original sound – Siti Mustiani

Mempertimbangkan harga mulai dari Rp600.000-an (untuk kamar Superior) dengan lokasi, desain bangunan, sarapan, dan fasilitas, Mercure Pontianak City Center pantas dijadikan rekomendasi jajaran atas untuk kategori hotel bintang 4 di pusat kota. Untuk kamar Deluxe, harganya di kisaran Rp800.000-an.

Ternyata semalem tuh kurang banget buat nginep di Mercure Pontianak City Center! Rasanya masih jauh dari puas buat menikmati semua fasilitasnya. Pengen banget nginep lagi di hotel Mercure Pontianak City Center ini, ambil waktu 2-3 hari biar waktu menginapnya bisa optimal. 

Thank you, Mercure Pontianak City Center. You are beyond my expectation! Mudah-mudahan bulan November atau Desember nanti bisa kembali bermalam di atas kenyamanan ranjangmu…

Share this post:

8 thoughts on “Staycation di Mercure Pontianak City Center

  1. Pantas saja jadi salah satu pengalaman menginap terbaik, fasilitasnya kece banget. Suka deh sama kamarnya, ada ungu-ungunya gitu, warna favorit soalnya. Makanannya juga terlihat enak, sangat menggoda.

  2. Wah hotelnya baguss dan nyaman banget ya. Ini cocok juga untuk liburan bareng keluarga. Apalagi fasilitas yang disediakan juga lumayan lengkap. Recommended banget nih

  3. Kukira yang hotelnya bagus dna hebat hanya ada di jakarta dan Bali ternyata diseluruh pulau yang berdestinasi wisata selalu ada hotel yang terfasilitasi lengkap dan menggiurkan untuk dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *