Thai Pak Kung 水口大伯公 Vihara Cantik di Kulor, Singkawang

Singkawaaang!!! Untuk kesekian kalinya saya bahagia sekali liburan ke Singkawang, gimana nggak bahagia tiap kesana selalu mengunjungi tempat-tempat yang cantik misalnya seperti mengunjungi vihara megah Thai Pak Kung (walau pun vihara ini masih proses pembangunan dan belum difungsikan secara keseluruhan).

Lebih bahagia lagi jika ke suatu tempat ditemani seorang teman yang kebetulan tinggal di sana. Kali ini saya ditemani sama Multi Siahaan Blogger Singkawang, karena dia tau beberapa lokasi menarik di Kota Singkawang. Yah, itulah keuntungan punya banyak teman dimana-mana. Selain bisa nginap gratis di rumahnya, sekalian lah diajak jalan-jalan sejenak sore hari.

Salah satu bucket list saya kala mengunjungi Kota Singkawang adalah mampir di Thai Pak Kung atau biasa disebut Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Tidak hanya viharanya yang cantik dan megah, klenteng ini juga memiliki spot foto yang juga instagrammable khususnya di Kota Singkawang. Beberapa photographer juga memanfaatkan lokasi ini untuk melakukan photoshoot, yah karena memang cantik dan pencahayaannya pun pas. Tidak hanya masyarakat Singkawang saja yang mampir kesini, beberapa wisatawan dari luar pun juga tertarik untuk datang kesini.

Arsitektur yang unik dari klenteng inilah yang menjadi magnet para pengunjung untuk datang kemari. Pagar putih dengan ukiran naga, atap vihara yang berwarna kuning keemasan dan langit-langit tampak ornamen dengan perpaduan warna hijau, kuning, merah, dan biru. Hal tersebutlah menjadikan vihara ini tampak begitu kental dengan budaya Tionghoa. Warna-warna cerah yang menggambarkan kebahagiaan dan keceriaan.

Oh ia, di sekitar vihara Thai Pak Kung ini kamu juga dapat menemukan berbagai warung atau area food court untuk kulineran makanan khas dari Singkawang seperti Choi Pan, Bakmi, Bakso, Rujak Singkawang dan masih banyak lagi.

Tidak sampai disitu, kawasan ini dibagun di daerah yang cukup tinggi sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan beberapa pegunungan seperti Gunung Poteng, Gunung Kulor atau Bukit Roban dan Gunung Pasi. Pagi dan sore hari menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke Thai Pak Kung di Singkawang. Kalau siang panas euyy…

Nah, jika kamu ingin datang ke vihara ini dari Pontianak ke Singkawang membutuhkan waktu sekitar 3 jam kemudian kamu dapat memilih jalan menuju daerah Roban Singkawang Timur. Jika menggunakan Google Maps cukup tuliskan saja “Thai Pak Kung”. Google akan memberikan jalan terbaik untuk sampai di lokasi. Tidak membutuhkan tiket masuk dan uang parkir, hanya pastikan meletakkan kendaraan kamu dengan aman tetap tertib.

Alamat Lengkap Thai Pak Kung : Jalan Sanggau Kulor, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat 79251. Parkir & Tiket Masuk : Gratis dan Buka : 24 Jam.

Itulah sebagian kecil keindahan di Kota Singkawang, siapa saja boleh datang kesini tapi tetap menjaga kebersihan dan keteriban ya dimana pun kita berada. Yuk ke Singkawang!

Be social share!

17 thoughts on “Thai Pak Kung 水口大伯公 Vihara Cantik di Kulor, Singkawang

  1. Saya belum pernah ke Singkawang, Mbak Siti. Dan pengin sekali ke sana, dan maunya pas hari raya imlek, jadi banyak acara dan tempat yang bisa saya hadiri dan datangi. Termasuk masu mencoba kulinernya juga. Eh.. ada bakso juga di sana. Enak ga baksonya, Mbak? hehehe.

    1. betul, rasanya vihara lainnya punya bangunan dg konsep merah emas seperti ini. hanya saja di singkawang letaknya di dataran tinggi jd punya pemandangan yg apik

  2. Menarik banget kak kek di korea dan di china yaa vihara yg ada di kalimantan ini. Aku ngiler banget cobain masakan khas sekitr sana kayak Choi Pan, Bakmi, Bakso, Rujak Singkawang huhu penasaran kak ntr ajakin ke sana lagi yaahh

  3. Bersih dan indah sekali warnanya, selain itu bisa melihat alam juga ya ampuuun. Seru pasti ke sana bareng temen bloger juga ya kak, terus nyobain choi paan :3

  4. Keren banget iniiii. Pengen ke Singkawang, kota 1000 Klenteng. Dari vihara ke vihara lain berbeda-beda ya. Engga bakalan bosan kayaknya, semua menarik. Kulinernya juga enak-enak yah…

  5. Sudah bangunannya kece, terus lokasinya juga cakep banget. Dibangun di daerah yang lebih tinggi. Jadi hamparan kota yang ada di bawahnya terlihat sangat menawan. Kapan ya, aku bisa liburan ke Singkawang, untuk menikmati berbagai destinasinya dan makanan khasnya yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *