Tenun Corak Insang, Kain Cantik dari Suku Melayu Pontianak

Selamat datang kembali di Kota Pontianak, ah membahas kota kecil di tanah khatulistiwa ini memang ada saja ceritanya. Ada banyak informasi menarik yang layak untuk diceritakan, tidak hanya kuliner saja tapi kebudayaannya pun menarik untuk diekspos. Nah, kali ini saya ingin membahas karya seni kreatif yang sudah ada sejak lama. Bahkan sudah turun temurun, yaitu Kain Tenun Corak Insang kain tentun cantik khas Masyarakat Suku Melayu di Kota Pontianak.

Cantiknya Kain Tenun Corak Insang

Kain tenun Corak Insang merupakan satu diantara warisan budaya tradisional khas masyarakat suku Melayu di Kota Pontianak yang patut untuk dilestarikan. Kain tenun ini sudah dikenal sejak masa Kesultanan Kadriah di bawah kekuasaan Sultan Syarif Abdurrahman Al Qadrie tahun 1771 hingga saat ini.

Kalau kita lihat sejarahnya, dulu corak ini menjadi tolok ukur keterampilan anak gadis dalam menenun. Tenun Corak Insang memiliki banyak fungsi lain, selain sebagai barang hadiah ulang tahun bagi raja, juga sebagai barang pengantar iringan pengantin dan pengantar sirih pinang pada saat acara pernikahan dan upacara-upacara tradisional lainnya.

Warna Warni Tenun Corak Insang

Kain tenun corak insang ini dipakai sebagai pelengkap pada kain Telok Belangga yang dikenakan oleh kaum laki-laki pada upacara pernikahan, sedangkan bagi kaum perempuan digunakan sebagai baju kurung dengan sarung kain corak insang.

FYI: Kain Tenun Corak Insang menggambarkan peradaban masyarakat Pontianak yang saat itu bermukim di sepanjang pinggiran Sungai Kapuas. Kain Corak Insang mencerminkan kehidupan masyarakat Pontianak yang sangat bergantung dengan Sungai Kapuas. Tenun Corak Ingsang melambangkan nafas dan gerakan dalam kehidupan. Tenun Corak Insang adalah wujud ungkapan rasa cinta kepada alam dan lingkungan serta semangat keseharian yang bersifat berubah-ubah.

Dengan mengikuti perkembangan jaman, kain ini mulai hits kembali dengan diterapkan ke berbagai karya lainnya bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, tas, sepatu, dompet, masker dan masih banyak lagi. Semua itu dengan alasan bahwasannya Tenun Corak Insang ini merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan, memahami itu Deskranasda Kota Pontianak mengambil peran untuk memperkenalkan motif tersebut ke ranah yang lebih luas, sehingga diadakannya sebuah lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020.

Lomba Desain Motif Corak Insang 2020

Corak insangku, ini jati diriku. Itulah tema yang diambil dalam pagelaran lomba ini, bagi kamu puya skill desain yang jago dan ingin memperlihatkan karya terbaik kamu dalam merancang motif corak insang kamu harus ikut lomba ini.

Konferensi Pers Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020

Persyaratan dan Ketentuan Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020 :

  • Perserta merupakan warga Kota Pontianak
  • Katogori peserta umum, usia 14 s/d 45 tahun (bagi peserta yang belum memiliki KTP dapat melampirkan KK)
  • Peserta wajib mem-follow akun instagram Dekranasda Kota Pontianak @deskranasdapontianak
  • Pendaftaran gratis, alias tidak dipungut biaya
  • Karya orisinil, bukan tiruan dan belum pernah dipublikasikan atau diikuti dalam lomba serupa sebelumnya
  • Peserta wajib mengirimkan dua desain, kategori pertama Desain Motif Tenun Corak Insang Asli dan kategori kedua Desain Motif Tenun Corak Insang Kreasi
  • Sketsa dibuat dalam bentuk digital berwarna dengan ukuran minimal 1 meter x 1,05 meter dengan format file JPEG atau TIFF dengan resolusi minimal 150 DPI. Mengisi setiap peserta sketsa desain dengan: Profil peserta, judul rancangan, deskripsi detail rancangan, misalnya keterangan gambar atau objek dalam motif di form gambar ukuran A3 yang telah disediakan
  • Desain motif tenun tersebut harus memiliki border atau kaki kain
  • Format formulis desain motif ini dapat diunduh melalui link yang terdapat di bio instagramnya @deskranasdapontianak
  • Kegiatan ini juga dilakukan via daring oleh karena itu proses yang dilakukan baik pendaftaran, interview dan mentoring dilakukan via online. Proses technical meeting menggunakan aplikasi ZOOM
  • Hasil karya peserta lomba menjadi hak milik Deskranasda Kota Pontianak
  • Karya yang diterima harus lengkap mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan, apabila tidak memenuhi syarat, karya akan didiskualifikasi dan tidak diikut sertakan dalam penilaian.
  • Karya yang sudah boleh daftarkan & dikirim sejak tanggal 11 Agustus 2020 dan diterima oleh panitia selambat-lambatnya tanggal 13 September 2020 pukul 24.00 WIB

Hadiah Pemenang Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020

Kategori Desain Motif Corak Insang Asli

  • Pemenang I: Rp. 6.500.000,-
  • Pemenang II: Rp. 6.000.000.-
  • Pemenang III: Rp. 5.500.000,-

Kategori Desain Motif Corak Insang Kreasi

  • Pemenang I: Rp. 6.500.000,-
  • Pemenang II: Rp. 6.000.000.-
  • Pemenang III: Rp. 5.500.000,-

*Masing-masing pemenang juga mendapatkan plakat/piagam penghargaan dari Wali Kota Pontianak.

Link pendaftaran: http://bit.ly/LombaDesainMotifCorakInsang2020

Kegiatan ini tidak hanya mencetak perancang baru yang inovatif dan kreatif saja akan tetapi membuka wawasan bahwa motif tenun corak insang itu juga bisa dijadikan salah satu pilihan dalam berkreasi di bidang fashion hingga dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di era new normal. Semoga bermanfaat ^^

Info Pendaftaran dapat menghubungi:
Oktavia Nengsih: 089604144644
Margi Dwiayanto: 089523970711
Jln. Sultan Abdurrahman No. 140 ( pukul 9 pagi – 4 sore)

Referensi:

  • Tenun Corak Insang: https://id.wikipedia.org/wiki/Tenun_Corak_Insang
  • Press Release Deskranasda Kota Pontianak: Lomba Desain Lomba Desain Motif Tenun Corak Insang 2020
Be social share!

1 thought on “Tenun Corak Insang, Kain Cantik dari Suku Melayu Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *