Festival Naga Cap Go Meh di Kota Pontianak

Meriah sekali perayaan Cap Go Meh di Pontianak ❤️

Akhirnya di tahun 2023, Tuhan mengabulkan doa saya untuk bisa menyaksikan Festival Cap Go Meh lagi setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya tidak pernah absen menghadiri festival ini baik itu di Kota Pontianak atau di Kota Singkawang.

Perayaan puncak Cap Go Meh tahun kelinci air ini diselenggarakan pada tanggal 5 Februari 2023 alias hari ini, tepat di hari ke-15 kalender lunar. Btwe, kalian tau gak kenapa Cap Go Meh di hari ke 15 imlek? Memang ada apa di hari ke 15 ya? Namanya juga “Cap Go” yg artinya 15, tapi bukan hanya itu saja alasannya 😁

Jadi, Cap Go Meh ini adalah tradisi masyarakat Tionghoa, bisa juga disebut Yuan Xiao Jie 元宵节 yang berarti Festival Lampion/Lentera. Dilaksanakan di hari ke-15 kalender lunar karena tanggal tersebut tepat terjadinya bulan purnama pertama di awal tahun.

Event ini dilaksanakan secara terbuka sekaligus sebagai acara penutup dari perayaan Tahun Baru Imlek.

Tribun HARRIS Hotel Pontianak

Perayaan Cap Go Meh saya di Kota Pontianak kali ini juga cukup spesial, karena saya menikmati acara langsung dari tribun yang ada di HARRIS Hotel Pontianak.

Pas sekali dengan perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak yang juga melakukan parade festival naga di Jalan Gajah Mada Kota Pontianak, jadi paradenya berada tepat di depan hotel, seruuuu ☺️

Tahu kaann, karena sudah dua tahun tidak dirayakan, membuat antusias masyarakat Kota Pontianak pun jadi petcaaahhh, ramee banget euuyyy! Untung saya di tribun hehe, jadii, bisa duduk manis tanpa kepanasan sekaligus menikmati hidangan makan siang dan makan malam yang sudah disediakan oleh pihak hotel.

Ekslusif kaan? Hehe 😘

Barongsai

Parade Naga dan Barongsai

Sebanyak 24 naga, beberapa barongsai dan lainnya melakukan atraksinya langsung tepat di depan tribun. Jadi kita bisa berswafoto sepuasnya. Selama di tribun kita juga bisa sambil menikmati aneka kue, dan minuman yang nyegerin. Maklum panas banget cuaca saat itu!

Bersama Ibu Ika Florentina General Manager HARRIS Hotel Pontianak
Ketemu Nex Carlos

Selain tamu hotel beberapa tamu undangan juga ada di tribun ini, bahkan saya bertemu dengan salah satu content creator asal Pontianak yang sudah cukup terkenal, yaitu Nex Carlos.

Tanpa basa-basi saya langsung ajakin foto bareng, tenyata beliau ini datang bersama istrinya ke Kota Pontianak, sekalian pulang kampung sih katanya 😊

Angpao dan Simbol Keberuntungan

Selama kegiatan parade naga dan barongsai tenyata ada banyak tamu undangan yang sudah menyiapkan angpao, mereka membagi-bagikannya kepada orang yang melakukan aktraksi naga dan barongsai di depan tribun (khusus mereka yang mampir aja sih, soalnya beberapa naga cuma lewat doang alias gak aktraksi, hehe).

Wah pasti pemain naga dan barongsainya lebih semangat yaa melakukan performance saat festival ini.

Barongsai
Naga

Setelah mereka dapat angpao ternyata mereka bolehin kita ambil jenggot dan sisik naga loh. Eh, emang buat apa? Nah, sebenarnya ini juga incaran para pengunjung/penonton sih.

Menurut masyarakat Tionghoa kalau kita dapat jenggot atau sisik naga itu artinya ada simbol keberuntungan. Jenggotnya ini seperti tali wol warnanya tergantung warna naganya ya.

Gelang Jenggot Naga

Jenggot naga bisa dijadiin gelang atau gantungan kunci, hehe. Meski tak semua orang percaya dengan hal itu tapi saya melihatnya cukup seru sih.

Oh iyaa selain menyimpan jenggot atau sisik naga ada hal lain yang dianggap menjadi sebuah keberuntungan, yaitu melewati/menyeberangi bagian bawah naga saat naganya lewat. Nah kalau ini pengunjung harus berada di jalan langsung sih.

Naga Bersinar 🌟

Festival naga gak sampai di situ saja, kegiatan akan berlanjut saat malam hari masih dengan naga yang sama tapi naganya bersinar, alias bercahaya dengan warna-warna tertentu.

Lebih unik sih menurut saya, karena lebih berwarna bak glow in the dark.

Naga Bersinar di tengah keramaian

Lampu/sinar yang ada di naga-naga ini berasal dari lampu-lampu neon kecil yang disusun sedemikian rupa, sumber listriknya biasa menggunakan genset di bagian ekor. Et dah? Emang bisa aktraksi ya? Bisa loh, seriusan! Kalau penasaran bisa cek video reels intagram di akhir artikel ini.

Masih di tribun
Naga Bersinar 🌟
Kembang Api

Bertepatan dengan malam puncak, acara festival naga Cap Go Meh juga diisi dengan pesta kembang api, sekaligus penutup acara Cap Go Meh.

Intip yuk video reels instagram tentang Festival Naga Cap Go Meh di Kota Pontianak berikut ini:

Bonus! Ada sebanyak 2023 lampion di Maha Vihara Maitreya sebagai penutup Perayaan Cap Go Meh saya tahun ini. Sampai jumpa Imlek dan Cap Go Meh tahun 2024 yaa!!

2023 Lampion 🏮🏮🏮
Share this post:

14 thoughts on “Festival Naga Cap Go Meh di Kota Pontianak

  1. Seru banget perayaan Cap Go Meh nya, kakak. Aku udah lama banget nggak nengok acara begini. Dulu pas di Semarang mah kayak nggak pernah absen. Meski aku paling ya cuma kulineran doang. Hehehe

  2. Wah, acaranya menarik dan seru banget kelihatannya mbak. Seumur2 blm pernah lihat festival naga cap go meh langsung. Btw, itu acaranya dari siang sampai malamkah mba? Lama banget ya berarti? Apa nggak capek itu merekanya?

  3. Meriah banget kak acaranya 🤩
    Banyak Ong dan kebahagiaan ya.
    Apalagi bagi-bagi angpao pula.
    Semoga tahun depan festivalnya terus berkelanjutan dan meriah juga

  4. Rame banget acara Cap Go Meh di Pontianak. Aku cuma lihat di TV saja. Kalau datang langsung ke acaranya seru banget ya, Mba. Semoga tahun depan bisa menyaksikan langsung acara Cap Go Meh.

  5. Acara kayak gini g setiap kota ngadain sih. Seruu aja kalo ada perayaan cap go meh gini. Kapan kapan pengen liat langsung acara kayak gini pasti seru heehe

  6. Dari dulu mau lihat event ini
    Sayangnya pas bisa ke Pontianak sedang tidak bisa menikmatinya
    Semoga next bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *