Merayakan Kemerdekaan di Pulau Temajo Mempawah

Welcome August! Wah 2024 sisa empat bulan, kok rasanya cepat banget ya? Sudah ngapain aja nih selama 2024. Jujur kalau boleh cerita sedikit (boleh lah ini kan blog pribadi ku 😌), tahun ini tuh beneran kayak roller coaster naik-turun wara-wiri jatuh-bangun, tapi yah tetap dinikmati tetap dijalani.

Dan, bulan Agustus ini aku berusaha memerdekakan diri-merdekakan hati, eaakkk… Semakin merdeka untuk berkarya tentunya, kebetulan banget kan di bulan kemerdekaan juga.

Jadi, ini adalah tulisan ketiga aku melakukan perjalanan bersama tim SCK (Summer Camp Khatulistiwa). Entah angin apa group ini tuh kayak gak ada capeknya bikin jadwal perjalanan yang hampir ada setiap dua minggu sekali, nih kalau diikutin semua isi dompet kira-kira aman gak ya? Haha.

Dan kayaknya pun, setiap kali ikut trip mereka aku berasa naik level, misalnya saja saat pertama ke Riam Mabeh pesertanya 30, terus Pulau Setinjan pesertanya 60, dan sekarang di Pulau Temajo pesertanya 100 lebih! Mau heran tapi ini SCK, gak bisa diem emang.

Oke oke, kali ini perjalananku tidak jauh dari rumah. Cuma dua jam perjalanan lalu nyebrang 40 menit. Yess seperti yang tertulis di judul Pulau Temajo Mempawah. Seingatku ini ketiga kalinya aku ke pulau yang ada di Kabupaten Mempawah ini, yang pertama di bagian Pantai Teluk Paku, kedua di bagian Villa Permata, nah yang ketiga ini di Temajo Bay Resort (Pantai Pasir Panjang).

Berhubung perjalanan ini di bulan kemerdekaan, jadinya sekalian memanfaatkan moment juga yakni semua peserta melakukan pengibaran 100 bendera di Pantai Pasir Panjang dengan baju merah putih, upacara bendera, dan ikut beberapa lomba a la 17an.

Berhubung juga nih ya, beberapa peserta ini adalah content creator ya kaliiikk gak adu konten di sosial media wkwk, ngeri banget! Oh aku juga tidak mau kalah, intip saja video 20 detik kolaborasiku dengan Achmad Gunawan, Tegar, Adetya, dan Mirno berikut ini. Padahal di konten ini akunya hanya pemanis siiihh, tapi aku bangga! 😭

Mana 100 orangnya?? Sabar ini cuma konten teaser ecekecek gitu mana tahu rame hehe. Soalnya aku cuma mau nunjukin kalau perjalanan ini ada plus-plus-nya juga, yaitu selain pantainya bagus tapi juga ada kolaborasi dengan Enggang Drone Community.

Oke, untuk cerita perjalanan dari awal sampai akhir aku mulai sekarang ya, soalnya tulisan di atas hanya kalimat pembuka hehe. Perjalanan aku mulai dari rumah dijemput sama Trisna, oh iya ngomong-ngomong soal Trisna anak ini juga mendadak ikut gara-garanya ngejawab storyku yang katanya pengen ngetrip ramean, yaudah lah ya kan ku ajak ke sini, eh dianya gas.

Nah, perjalanan yang isinya 100 orang, kuotanya emang udah tutup sebenarnya, tapi aku yakin kalau pasti bakalan ada nambah, alhasil yang awalnya 6 kapal, total-total ada 7 kapal. Beruntung sekali kamu Tris! Haha 😂

Selama perjalanan, Alhamdulillah lancar cuaca cerah pokoknya gak ada kendala deh. Bahkan, target untuk sampai ke dermaga kami lebih cepat dari perkiraan. Jadi sempat tuh buat santai-santai foto-foto di dermaga sama beberapa teman lain yang sudah datang juga walaupun belum semua.

Selfie Sebelum Naik Kapal

Pembagian kapal sudah diatur sebelumnya, tapi sayangnya aku dan Trisna dapatnya kapal bebeda, ku pikir sih gak masalah ya, toh di kapal cuma 40 menit, iyaa 40 menit kali 3 😌

Yak, ternyata oh ternyataaa tiba-tiba perairan dekat dermaga ini surut lebih cepat, beberapa kapal kesulitan untuk keluar dari muara. Sampai akhirnya beberapa awak kapal turun memasang tali dan menarik kapal satu dengan lainnya, agar kapal secepatnya berlabuh ke Pulau Temajo.

Pukul 10.00 kami tiba di Pulau Temajo bagian Pantai Pasir Panjang ini, pantai ini dangkal dan tidak ada dermaganya. Jadi dari kapal kita harus turun ke air, lalu jalan kaki menuju bibir pantai. So far, ini cukup aman soalnya pantai di sini sebagian besar memang pasir bukan karang.

Oh iya, satu lagi nih takut kelupaan, kalau perjalanan ini juga disponsori oleh Wisata Pulau Temajo sebagai menyedia jasa perjalanan, dan Temajo Bay Resort yang merupakan destinasi menginap dan makan selama kegiatan di sini. Tapi karena jumlah kami cukup ramai, semua pesertanya tendaan.

Blogger! Akhirnya bisa Trip Bertiga

Setelah sampai beberapa tenda mulai didirikan lalu disusun biar rapi, lanjut makan siang, dan persiapan upacara, pengibaran 100 bendera di pantai, dan main di kegiatan outbound. Karena posisinya saat itu aku adalah peserta, jadi gak banyak foto-video (sudah banyak tim dokumentasi lain soalnya).

Pokoknya suasana kemerdekaan dapat banget deh, gak cuma dress code masing-masing kita pegang bendera satu satu, lalu divideoin pakai drone dan fpv (alias drone balap).

Drone dan FPV dari Enggang Drone Community

Setelah semua pesiapan selesai termasuk istirahat, makan, dan alat-alat. Semua beserta berkumpul di lapangan, berbaris bak upacara bendaera, lalu membuat jalur di pantai sambil membawa bendera sekitar satu kilo meter. Panas terik memang, tapi seru 🙌

Siap Mengibarkan Bendera Bersama 100 lebih peserta lainnya
Merdeka ❤️🤍

Selama di sini kegiatanku cukup padat, tapi bersyukur setelah makan siang aku sempat tidur siang di villa haha. Maklum punya privillage orangdalam. Tanpa disadari hari sudah sore, lekas mandi siap-siap menikmati sunset dari depan pantai. Yah, meskipun ini liburan diisi dengan beberapa aktivitas dan ngonten, tapi aku cukup enjoy the moment loh.

Sunset di Pulau Temajo

Malam hari kami dinner dan BBQ, setelahnya beberapa peserta membuat kelompok sesuai dengan circlenya masing-masing. Aku memilih mengisi daya sebentar karena listrik memang cuma ada di malam hari, lalu istirahat malam.

Suasana Buper di Malam Hari
Suasana Buper di Pagi Hari

Bangun pagi langit cerah sekaliii!!! Ayo foto dulu kita Tris, di depan tenda warna-warni ini sebelum dibongkar semua hehe. Btwe, menyenangkan sekali kali ini aku jalan sama Trisna, katanya dia baru pertama kali traveling yang alam gini, padahalkan ini belum alam banget sihh, soalnya masih ada sinyal dan listrik, tapi ga apa-apa pantai kan alam juga ya kan 😅

Trip kali ini, seperti biasa teman/kenalanku jadi bertambah banyak. Tak perduli umur dan jabatan, kalau sudah bersama seperti ini itu artinya kita teman yang setara. Sebelum semuanya kembali dengan rutinitas di daerahnya masing-masing, mari abadikan moment dulu, biar pembaca artikelku ini percaya kalau di sini ada lebih dari 100 orang, hehe.

Foto Bersama ❤️

Semoga kita semakin merdeka berkarya! Selamat Hari Ulang Tahun Ke-79 RI. 𝒩𝓊𝓈𝒶𝓃𝓉𝒶𝓇𝒶 𝐵𝒶𝓇𝓊, 𝐼𝓃𝒹𝑜𝓃𝑒𝓈𝒾𝒶 𝑀𝒶𝒿𝓊 🇮🇩