Rainforest World Music Festival 2022

Masih teringat saat penutupan acara RWMF (Rainforest World Music Festival) 2019 diakhiri sebuah kalimat yang tayang dengan ukuran cukup besar di atas panggung. “SEE YOU AGAIN NEXT YEAR 10-12 JULY 2020”, oh acara yang sudah saya ikuti selama tiga hari kala itu ternyata sudah berakhir, dan harus menunggu tahun depan untuk bisa datang lagi 🙈.

Rainforest World Music Festival 2020

Tapi, siapa sangka event yang sudah ditetapkan tanggalnya setahun sebelum acara ternyata harus POSTPONED alias ditunda 😭 akibat pandemi COVID-19, dan itu pun berlanjut ke tahun berikutnya juga hingga 2021. Sebagai penggantinya acara selama 2021 dilakukan dengan full virtual.

Event festival musik berkelas internasional ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1998, dengan mengundang berbagai musisi dan band dari berbagai belahan dunia untuk datang ke tanah Kalimantan (Borneo) yang memiliki kawasan alam rainforest atau hutan hujan tropis.

Pusat pelaksanaan acara RWMF dilakukan di lokasi ruang terbuka hijau Sarawak Culture Village atau Kampung Budaya Sarawak tepatnya di bawah kaki Gunung Santubong, Sarawak, Malaysia.

Home of The Rainforest World Music Festival
Sarawak Culture Village atau Kampung Budaya Sarawak
Panggung Acara

Acara utama RWMF memang pertunjukan musik, tapi kegiatannya gak hanya soal musik loh. Ada aktivitas lain seperti bazaar kuliner, pameran crafting (kerajinan), sesi belajar bersama musisi, kampanye peduli lingkungan, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu penasaran intip tulisan saya tentang RWMF di tahun 2019 di link ini ya 😊

Awal tahun 2022, bersyukurnya pandemi mulai longgar, harapannya sih semoga bisa berakhir agar kita dapat melaksanakan berbagai macam event menarik seperti Rainforest Word Music Festival atau Borneo Jazz Festival, ya kan?

And, finallly! RWMF is coming back!

Iya, Rainforest World Music Festival 2022 akan diadakan kembali secara langsung tahun ini 🤩🤩🤩. Kembali hadir dengan tema “25TH LEGENDARY RAINFOREST CELEBRATION” pada tanggal 17-19 JUNI 2022.

Kabarnya event RWMF 2022 ini akan berbeda dengan event-event sebelumnya, karena tahun ini akan dilakukan secara HYBRID EVENT: VIRTUAL & PHYSICAL. Jadi, selain dilaksanakan secara langsung di SCV (Sarawak Culture Village) juga akan dilakukan live streaming yang bisa disaksikan dari rumah secara online.

Penasaran gak sih acaranya seperti apa? Nah, sebelum acaranya dimulai kita intip yuk website dan sosial medianya RWMF. Siapa dan dari mana saja nih artis yang bakalan perform di RWMF 2022, agendanya apa saja, informasi harga tiket masuknya, sampai promo-promo lainnya selama acara berlangsung.

Lewat instagram resminya RWMF, STB (Sarawak Tourism Board) akan mendatangkan lebih dari 60 artis lokal dan juga internasional. Diantaranya adalah berikut ini, beserta jadwal perform selama tiga hari.

Pembelian tiket Rainforest World Music Festival sudah dapat kamu lakukan di rwmf.net mulai tanggal 18 April 2022 hingga saat acara berlangsung, harganya sesuai kategori (dewasa/anak-anak), dan promo yang tersedia seperti early bird, pre-sale, atau door sale (langsung di lokasi acara).

Rainforest World Music Festival 2022

Perlu kamu ketahui di RWMF 2022 ini jumlah pengunjung juga akan dibatasi yaitu hanya 4.000 pengunjung per hari. So, jangan sampai kehabisan ya.

Informasi terbaru seperti promo hotel/akomodasi, paket tur, dan shuttle bus selama acara berlangung bisa kamu intip di halaman promosi pada website rwmf atau instagram rwmf.official 💚

Untuk kamu yang baru pertama kali datang datang ke acara RWMF, ada tips nih:

  • Pastikan kamu sudah vaksin booster dan telah memiliki sertifikat vaksin.
  • Bawa/gunakan pakaian yang nyaman seperti baju kaos, sandal gunung, sepatu, dan topi.
  • Bawa botol air minum atau tumblr, karena selama acara kamu dapat refill gratis yang tersedia di beberapa titik lokasi event.
  • Bawa jas hujan atau gunakan tas anti air untuk berjaga-jaga jika terjadi hujan.

Referensi:

  • Official Website Rainforest World Music Festival: https://rwmf.net
  • 25th Anniversary of RWMF 2022: https://david.my/25th-anniversary-of-rwmf-2022/
Share this post:

10 thoughts on “Rainforest World Music Festival 2022

  1. Wah seru. Pasti meriah banget karena sempat tertunda saat pandemi. Semoga bisa terus diadakan tiap tahun ya mbak acara keren seperti ini

  2. Ini asyik banget sih nikmati festival musik di tengah hutan , sensasinya beda pastinya…Setelah sebelumnya sempat full virtual, meski kini hybrid, Rainforest World Music Festival 2022 akan diadakan kembali secara langsung tahun ini. Semoga sukses!

  3. Karena sesama ada di wilayah yang juga punya rain forest alias hutan hujan tropis, kira-kira ada peluang acara seru ini diadakan di Indonesia enggak ya? Di Kalimantan gitu misalnya.

  4. Wah pasti seru banget ya kak acaranya. Apalagi sekarang sudah tidak ada pembatasan lagi, jadi datangnya bisa ramai-ramai.

  5. Kebayang suasana yang berbeda ya festival musik di gelar di area hutan gini. Bakalan syahduuu gitu kan rasanya ya. Keren nih, berbagai pemusik dari beberapa negara bakalan hadir.

  6. Wih keren banget nih acaranya, harus dateng pokoknya.. Walaupun eventnya masih berlangsung seminggu kedepan dan masih ada wktu lah hhi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *