Chinese New Year Set Menu di Golden Tulip Pontianak

Happy Chinese New Year! ๐Ÿงจ๐Ÿงง

Menyambut perayaan hari raya Imlek tahun ini saya juga ikutan Sa Cap Meh atau malam tanggal tiga puluh (malam menyambut sebelum hari raya tahun baru Tionghoa). Tapi yang saya ikuti bukan ritual sembayangnya yaa, hehe tapi makan bersamanya.

Makan besar (makan bersama) atau sering disebut Ciak Tua Kai biasanya dilakukan di rumah bersama keluarga inti dan keluarga besar. Dengan menyajikan berbagai macam menu-menu khas nya seperti yee sang, sop, olahan ikan, mie panjang umur, dan masih banyak lagi.

Chinese New Year Set Menu

Selain bisa dinikmati di rumah, sebenarnya makan bersama juga bisa dilakukan di restaurant atau hotel, atau lebih akrab disebut Ciak Tok (boleh juga disebut makan besar saat acara pernikahan).

Lebih praktis ya kan, tidak perlu repot untuk masak, tinggal datang duduk dan makan saja, hehe. Seperti yang saya lakukan di Cinmoi Restaurant, Hotel Golden Tulip Pontianak ini โœจ

Chef Petrus Daryanto

Hotel Golden Tulip Pontianak, spesial tahun baru Tionghoa 2023 kali ini, menyediakan Paket Chinese New Year Set Menu dengan menyajikan hidangan otentik khas Imlek. Menu-menu spesial ini dimasak langsung oleh Chef Executive Hotel Golden Tulip Pontianak yaitu Chef Petrus Daryanto.

Ada yang penasaran menu set apa saja yang disajikan spesial Chinese New Year di Cinmoi Restaurant ini? Baca artikel ini sampai habis yaa ๐Ÿ˜Š

Yee Sang

Pertama, sebagai menu pembuka yaitu Yee Sang, yaitu hidangan berupa salad ikan segar dengan berbagai macam sayuran yang dipotong halus, seperti wortel, kol, lobak, jeruk bali, dan lain sebagainya.

Yee Sang

Ikan yang digunakan adalah ikan salmon segar, lengkap dengan saus minyak wijen, serta merica dan bubuk cabai yang ada di dalam ang pao (saya kira isinya uang ๐Ÿ˜…).

Ikan Salmon

Cara makannya diaduk-aduk bersama pakai sumpit, sambil diaduk biasanya diangkat tinggi-tinggi di atas piring sambil mengatakan ‘selamat tahun baru‘. Seru sekali, tapi saat mengaduk jangan dihambur-hamburkan ya ๐Ÿ˜

Tradisi mengaduk yee sang dan mengangkatnya tinggi-tinggi disebut lo hei (ๆ’ˆ่ตท atau ๆž่ตท).

Soup

Selanjutnya adalah Soup, yaitu Braised Fish Soup with Mushroom. Sajian sup biasanya menjadi menu chinese food wajib setiap makan besar malam tahun baru imlek terutama sup ikan.

Braised Fish Soup with Mushroom

Main Course

Setelah soup selanjutnya adalah menu utama, Chef Petrus kali ini menyajikan kami beberapa menu recomended seperti Wasabi Mayonnaise Prawn, Sauteed Chicken with Cashew Nut in Yam Ring, Braised Black Mushroom with Japanese Tofu in Green Vegetable, Wok-fried E-Fu Noodle, dan Steamed Filled Sea Bass with Golden Garlic Sauce.

Wasabi Mayonnaise Prawn
Sauteed Chicken with Cashew Nut in Yam Ring
Braised Black Mushroom with Japanese Tofu in Green Vegetable
Wok-fried E-Fu Noodle
Steamed Filled Sea Bass with Golden Garlic Sauce

Semuanya favorit โค๏ธ

Dessert

Makan bersama ditutup dengan simanis dessert Sweetened Mango Sago with Pomelo ๐Ÿงก

Sweetened Mango Sago with Pomelo

Sebenarnya makanan penutup ini punya bentuk ice cream tapi karena keluarnya barengan sama dengan main course jadinya sudah cair duluan ๐Ÿ˜… Tapi rasanya masih tetap sama kok, segar manis dan ada isian sagu mutiara di dalamnya.

Gimana, dari semua menu yang disajikan komplit banget kan? Kalau kamu ingin mengadakan acara makan bersama keluarga seperti pesta atau dinner set menu di Cinmoi Restaurant Hotel Golden Tulip Pontianak sangat worth it.

Paket Chinese New Year Set Menu di Golden Tulip Pontianak
Paket Chinese New Year Set Menu di Golden Tulip Pontianak

Cinmoi Restaurant Hotel Golden Tulip Pontianak
Alamat: Lantai dasar, Golden Tulip Pontianak, Jln. Teuku Umar No.39 Kota Pontianak
Jam buka: Setiap hari (10:00 โ€“ 22:00)

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published.