Cara Seru Mendengarkan Buku di Storytel

Saya ingat sekali dulu waktu SMP hal yang paling membuat saya senang adalah membaca lalu menceritakan ulang kembali buku yang saya baca. Bahkan, ceritanya bisa saya hafal sampai sekarang.

Pesaraan senang, ketika kita bercerita penuh nada, intonasi, bahkan ekspresi membuat orang yang mendengarkan terus memperhatikan sampai akhir. Pengalaman bercerita seperti itu sempat terulang kembali saat ujian praktik Bahasa Indonesia di SMK.

Riuh tepuk tangan para guru dan teman-teman sempat menghujani penampilan saya kala itu, bahagia bukan main. Ternyata semenyenangkan itu bercerita dan mendengarkan sebuah kisah apalagi dari buku, novel fiksi, dan lain-lain.

Mendengarkan Cerita
Yuk Mendengarkan Cerita

Namun sayangnya, hobi bercerita saya sempat menurun karena sudah lama sekali tidak dilatih dan malas membaca, hehe. Padahal, membaca bukan hanya untuk diceritakan ulang ya, tapi juga menambah wawasan, pengetahuan, apalagi punya pekerjaan dibidang literasi termasuk blogger.

Kesenangan saya yang juga suka jalan-jalan kadang mikir kalau membawa beberapa buku untuk dibaca sembari di dalam transportasi, menunggu di bandara, atau saat istirahat di hotel. Tapi, membawa barang pribadi saja kadang sudah berat apalagi harus tambah beberapa buku, terlebih saya kalau bepergian bisa sampai berbulan-bulan.

Membaca buku digital seperti baca buku online, bisa juga menjadi satu diantara solusi saya untuk membaca buku, tapi kelamaan di depan layar laptop/smartphone mata pun bisa lelah juga, lho ya.

Sudah ah, jangan terlalu banyak alasan, yang ada malah menambah jumlah persentase orang Indonesia yang malas membaca, huhu sedih kan đŸ˜„. 

Mending sekarang download Storytel deh, aplikasi buku bersuara yang saat ini cukup populer dan bisa kamu jadiin solusi masalah seperti yang saya sebutkan sebelumnya.

Aplikasi Audiobook Storytel

Logo Aplikasi Baca Buku Online Storytel

Apa itu Storytel? Nah, buat yang belum tau Storytel ini adalah aplikasi Audiobook Indonesia alias Buku Bersuara sehingga kamu dapat mendengarkan buku bahkan saat traveling, iya jadi kamu dibacakan cerita oleh storyteller-nya, tinggal pakai colokan headphone/headset di hp, buka aplikasinya lalu cukup mendengarkan saja. Seru kan?

Mendengarkan Audiobook Indonesia dari Aplikasi Storytel
Mendengarkan Audiobook Indonesia dari Aplikasi Storytel

Storytel memang menjadi warna baru di dunia literasi khususnya di Indonesia saat ini, terlebih sudah mengantongi berbagai fitur yang menarik dengan segala keunggulannya, tentu aplikasi ini dapat dinikmati siapapun, dimanapun, dan kapanpun, baik saat menunggu antrian, di transportasi umum, hingga saat bersantai sambil minum kopi.

Saat pertama kali saya download aplikasi ini saya langsung jatuh hati, bukan tanpa alasan aplikasi asal Swedia ini memiliki lebih dari 150.000 judul buku loh, mulai dari buku lokal hingga internasional. Tinggal pilih saja genre yang sesuai dengan buku kesukaan kamu atau daftar rekomendasi buku termasuk Buku Best Seller.

Bahkan ada komik, novel fiksi, fantasi, adventure, sampai buku personal development pun tersedia. Pokoknya anti bosan deh, biar gak itu-itu saja buku yang dibaca, yekan? PsssttttÂ đŸ€«, ini rahasia kita yaa, kalau Storytel ini bisa digunakan saat online maupun offline juga kok. Jadi, jangan worry kalau lagi ga ada sinyal saat traveling, hehe.

Gimana-gimana, sampai disini saja fitur-fiturnya sudah sangat membantu kan? Mau kenalan sama Storytel lebih jauh? Lanjut baca artikel ini sampai habis ya!

Fitur Aplikasi Audiobook Storytel

Secara interface aplikasi Storytel ini sangat mudah untuk digunakan, setelah download kita dapat masuk dengan mudah menggunakan akun google.

Aplikasi berwarna orange dengan bentuk bubble talk ini saat pertama dibuka selalu menyambut kita dengan sapaan sesuai waktu kita berada. Misalnya buka aplikasi saat sore hari, akan bertuliskan â€œGood afternoon!“

Aplikasi Storytel AudioBook Indonesia
Tampilan Buku yang Dipilih pada Aplikasi Storytel AudioBook Indonesia

Pada bagian Home alias beranda, akan muncul halaman highlight pada event-event tertentu, misalnya International Women’s Day. Lalu dilanjutkan beberapa list ter-update di halaman utama seperti Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, yang beberapa diantaranya masuk dalam kategori:

  • Top Titles in Indonesia.
  • Top Titles in English.
  • Editor’s Pick.
  • Familiar Voice.
  • Certified Best Sellers.
  • Fun For Children.
  • Children’s Books.
  • Celebrity Biographies.
  • Biographies.
  • Fantastical Adventures.
  • Upcoming Books in Indonesia.
  • Fantasi & Fiksi Ilmiah.
  • Short Stories Collection.
  • Buku Best Seller.
  • Dan, masih banyak lagi.

Pada setiap kategori cukup tekan see all untuk melihat semua lebih lengkap. Tapi kalau kamu sudah mempunyai rencana akan mendengarkan buku apa tinggal pilih menu Search pada bagian bawah aplikasi, lalu tulis judul buku atau nama pengarang buku yang diinginkan.

Bagian ini kamu akan diberi tampilan buku paling top (trending books) yaitu buku yang sering dicari pengguna aplikasi, atau pencarian sesuai judul buku, penulis, narator, series, atau tags rekomendasi buku dari aplikasi, seperti: Harry Potter Audiobook, bahkan versi Indonesia ada Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara. Wah kalau disebutkan semuanya gak muat satu artikel blog post saya ini.

Nah, kalau kamu ada banyak buku yang ingin atau akan didengarkan nanti kamu dapat menyimpannya di bagian Bookshelf. Fitur ini berfungsi untuk menyimpan beberapa buku berseri atau buku-buku menarik, jadi saat ingin mendengarkan cukup buka lemari koleksi buku favorit kamu disini.

Punya target mendengarkan beberapa buku dalam 30 hari, 90 hari, setahun? Kamu bisa atur di bagian Profile. Coba deh buka di bagian menu Profile selain berisikan data nama dan foto kamu, kamu juga bisa membuat Listening Goal, kamu dapat tagetkan beberapa buku yang ingin didengarkan dalam kurun waktu tertentu. Nah, nanti ada pengingatnya yang ngingetin kalau kamu lupa.

Pada menu profil juga terdapat fitur Statistic seberapa sering kamu mendengarkan, seperti jumlah buku, durasi, dan lain sebagainya. Yah, ini ibarat seperti laporan seberapa rutin kamu mendengarkan buku di Storytel.

Nah, saat memilih buku yang sedang didengarkan akan muncul cover buku plus nama penulisnya, lengkap dengan judul, durasi, bahasa, dan genre buku tersebut. Klik tombol earphone untuk mulai mendengar, dan tombol love untuk menyimpan.

Di bagian bawah juga terdapat sinopsis dari isi buku tersebut sebelum kamu mendengarkan sampai habis.

Semua fiturnya sungguh sangat membantu bukan? Selain itu aplikasi yang sudah banyak digunakan di berbagai belahan dunia seperti Singapura, Thailand, India, dan lain sebagainya. Bahkan saat ini sudah lebih dari 340 juta orang pengguna khusus di Asia Pasifik.

Tidak heran sih, tak hanya mudah digunakan suara para narator juga sangat jelas, dengan suara, intonasi, logat yang ciamik oleh narator yang berpengalaman dan juga public figure ternama.

Berlangganan Audiobook Storytel

Untuk kamu pengguna baru, kamu dapat download aplikasi ini secara gratis Aplikasi Storytel untuk Android di Google Play Store, atau Aplikasi Storytel untuk iOS. Nah, untuk berlangganan mendengarkan buku sepuasnya kamu dapat ikut berkontribusi dengan harga Rp 39.000,- /bulan. Tapi, kalau kamu ingin coba-coba dulu, ada gratis tujuh hari trial sebagai masa uji coba aplikasi Storytel kok.

Saya pribadi sudah menggunakan aplikasi Storytel sebagai teman saat melakukan perjalanan atau saat sedang santai di rumah sambil mengurus kebun kecil. Satu diantara buku yang saat ini saya dengarkan adalah buku berjudul â€œDari Toko Buku ke Toko Buku” dari Muthia Esfand dan Mahardiani Indah Kusuma, buku Nonfiksi berdurasi 14 jam 31 menit berbahasa Indonesia.

Tentu gak saya langsung mendengarkan sampai habis, dikit-dikit saja. Tipe buku yang saya pilih memang cukup ringan, hehe. Oh iya, saya juga rekomendasikan beberapa buku di Storytel ini Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara.

Setiap orang punya cara masing-masing untuk menyelami dunia literasi jadi bebas saja ya, baik itu baca buku fisik maupun baca buku online seperti AudioBook Indonesia. Apapun cara menikmati buku, yuk mulai rajin membaca, mendengarkan, dan menulis. Kita sama-sama membuat kebiasaan baik agar literasi di Indonesia terus maju.

TIPS:

  • Karena ini adalah aplikasi lewat gawai elektronik seperti smartphone/tablet, meskipun tidak terlalu memakan daya yang banyak tentu saat menggunakan aplikasi ini kamu sudah mengisi daya/baterai yang cukup ya agar tidak mengganggu keseruan kamu saat mendengarkan buku dari Storytel ini.
  • Gunakan headset/headphone saat mendengarkan agar suara lebih jelas dan tidak terganggu dengan suara di luar aplikasi ya.

Semoga bermanfaat, Happy Listening ❀

Share this post:

37 thoughts on “Cara Seru Mendengarkan Buku di Storytel

  1. sekarang gak bingung lagi untuk cari-cari buku cerita, cukup download aplikasi storytel dan nyalaka audionya, tinggal dengerin alur ceritanya, asek banget ya mb,

  2. Waduh judul buku yang disebut favoritku semua ituuu….Mupeng akutu. Solusi banget ini aplikasi Audiobook Indonesia alias Buku Bersuara. Jadi bisa mendengarkan buku bahkan saat traveling ya..Kubahagia!!

  3. Storytel ini beneran solusi buat yang ngga punya banyak waktu membaca karena mudah didengarkan kapan saja dan disemua sela sela waktu apalagi kalau penuturnya asik. Pasti kece betul

  4. Daftar bukunya keren keren ya mbak siti? Ak dari dulu pengen baca Game of Thrones pasti banyak cerita seru dibanding serial nya eh malah g perlu baca karena udah dibacain sama Storytel

  5. Praktis ya misal bepergian bisa tetap ‘membaca’ buku dengan cara yang menarik. Rekomen nih untuk para pekerja urban yang harus menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Bisa sembari mendengarkan Storytel kan di perjalanan. Tak perlu harus buka2 lembaran buku, cukup play aja dan bisa memperoleh manfaat membaca buku dari aplikasi ini.

  6. Memang seru banget ya mbak cara membaca buku ala storytel ini, berasa lagi didongengin ayang.. Suara Naratornya pada alus dan merdu.. Jadi betah..

  7. Wahh keren banget, perkembangan teknologi sekarang emang bermanfaat dan membantu banget, dari yang baca buku hanya membaca sekarang bisa mendengarkan dengan jelas dan nyaman. Top banget memang!

  8. Wah, setelah baca artikel ini aku jadi penasaran sama aplikasi Storytel. Belum lagi aplikasi ini menyediakan berbagai macam buku, termasuk buku favoritku GoT dan The Hungers Game.

  9. Audiobook ini adalah salah satu metode buat baca buku, ketika lagi ngerjain yang lain secara bebarengan. Hahaha, aku juga pengguna storytel nih, suka banget genrenya mayan lengkap juga

  10. Baru tau ada komik juga di storytel ini.. Jadi makin penasaran deh sama aplikasinya.. Untuk berlangganan pun cukupp murah juga ya mba dengan ribuan jenis buku yg bisa kita baca setiap saat..

  11. Sejak ada storytel, cerita perjalananku nggak pernah membosankan lagi. Berasa punya teman yang dongengin. Nggak puyeng gegara harus baca tulisan. Hehehe

  12. Genre bukunya sangat beragam sekali ya kak. Pokoknya ini jadi semacam perpustakaan digital yang bisa diakses kapan aja dan di mana aja secara gampang.

    Dgn harga segitu, harga paketannya sangat terjangkau tuh. Buat temen perjalanan jg sangat menyenangkan. Biar ga boring bs dengerin buku favorit.

  13. Aku juga udah download aplikasi ini kak, alhamdulillah banget ini membantu kalau punya anak dan anaknya lagi demen didongengin biar ibunya mulutnya ngga berbusa KWKWKWWKWKK

  14. Ide bagus, nih. Jadi kalau traveling bisa tetap “membaca” buku ya. Selama ini aku kalau sedang dalam perjalanan jarang membaca. Kalau sudah di tujuan ya pasti sibuk ini itu. Kalau masih dalam perjalanan, mataku nggak kuat membaca (buku cetak, ebook, web, dll).

  15. Memang ya, Mbak. Seru kalau bisa membaca buku disela-sela traveling. Tapi memang akan menambah berat bawaan kita. Nah, sejak ada Storytel Audiobook Indonesia, traveling semakin seru dan menyenangkan. Bisa mendengarkan Storytel kapan saja, dan di mana saja.

  16. Setuju daku kak,
    Intonasi para naratornya Storytel itu bagus-bagus. Jadinya kita yang mendengarkan ikut terbawa suasana seakan lagi berhadapan langsung dengan yang dikisahkan

  17. Sepertinya menarik nih aplikasi storytel saya jadi ingin mencobanya, biasanya kan hanya membaca buku. Kalau Storytel ini mendengarkan cerita seperti didongengin

  18. Wahiyaa…
    Harus banget instal aplikasi audiobook Storytel. Jadi inget, aku bulan ini belum ada setoran buku bacaan. hiiks~
    Mari kita mendengarkan Lupus, hehehe…kangen cerita jadul.

  19. Serunya membaca buku dengan Storytel ini, ya mbak. Jadi nggak ada alasan lagi untuk malas baca buku.
    Bukannya buku itu jendela dunia,yak.
    Cocokbanget buat anak-anak zaman now yang audio dan enggan menggunakan visualnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.